Thursday, July 15, 2010

Milih Hotel via Internet

Lagi, lagi, penyakit bokap saya akan kegemarannya getaway secara impulsive kumat lagi. Orang lain boleh bilang ini namanya holiday, tapi buat saya ini namanya getaway. Holiday itu liburan, artinya kau rehat sejenak dari aktivitas rutin. Saya lebih senang nyebut perjalanan saya ini getaway, coz setiap kali saya mau nanya bokap saya, “Kita mau ke mana?” bokap saya selalu njawab, “Ke mana ajalah, asal bukan di Bandung atau Jakarta.”

Dan kebiasaan ini yang bikin saya selalu senewen setengah mati, coz kekuatiran saya jelas: Kalau kita mau jalan-jalan, malamnya kita mau tidur di mana? Bokap saya menganggap bahwa tidur di pom bensin adalah ide yang seksi, tapi saya dan nyokap nggak suka. Buat saya tempat yang seksi untuk tidur adalah tempat yang ada kamar mandinya dan kamar mandinya mengandung air yang bersih buat dipakai kumur-kumur untuk wudhu dan sikat gigi, plus satu ruangan buat selonjoran kaki tanpa kuatir punggung bonyok lantaran tidur sambil duduk. Oh ya, juga ruangannya cukup lebar buat sujud. Saya benci banget sembahyang di trotoar. Malu ah, lagi ngomong sama Tuhan mosok kelihatan orang lain di jalan?

Bokap saya sudah bilang kita nggak akan ke Semarang atau Jogja, coz nggak kuat nyetir ke sana dengan long weekend sesempit ini. Dengan tujuan utama kami adalah ke Brebes, maka saya perkirakan paling banter kami cuman bakalan tidur di Cirebon, Tegal, atau Kuningan. Persoalannya, hotel manakah yang enak di sana? Karena kami nggak punya teman yang tinggal di sana yang bisa kasih informasi tentang hotel yang cukup sesuai selera.

Kali ini saya akan bagi-bagi step-by-step milih hotel yang berlokasi di kota yang nggak kita kenal dengan baik, dan kita cuman bisa mengandalkan telepon.

1. Gunakan Foursquare
Buka Foursquare.com, lalu ketik lokasi kota yang kita tuju, kemudian ketik “hotel” di search engine. Misalnya saya rencana mau nginep di Cirebon, maka saya ganti lokasi Foursquare saya di Cirebon, terus saya ketik “hotel” di search engine. Nanti keluar daftar nama-nama hotel yang ada di kota itu. Klik satu per satu, catet hotel yang paling banyak pengunjung Foursquare-nya.

2. Gunakan Google
Ambil nama hotel yang nampaknya paling laris, lalu ketik namanya di search engine Google. Nanti keluar hasil pencarian, pilih link-link yang sekiranya mengandung review tentang hotel itu biasanya dari http://tripadvisor.com atau http://travelpod.com). Dengan begini kita akan ngerti pendapat orang-orang yang sudah pernah mengunjungi hotel itu, dan kita bisa menentukan apakah hotel ini sesuai dengan selera kita atau enggak.

3. Telepon ke hotel yang bersangkutan
Dari cara resepsionisnya menjawab telepon, sebenarnya kita sudah bisa memperkirakan ini hotel yang profesional atau cuman hotel ecek-ecek. Yang mesti kita tanyain ya standar aja: Apakah kamarnya ada buat hari nginep yang kita mau? Fasilitasnya apa aja, apa kelebihan fasilitas kamar suite ketimbang kamar superior? Tarifnya berapa?

Lebih bagus lagi kalau ternyata dari hasil googling itu kita nemu bahwa hotel itu terdaftar di situs-situs pemesanan hotel, misalnya Booking.com, Otel.com, atau Agoda.com, coz berarti kita bisa pesan kamar via internet dengan harga yang biasanya lebih murah. Hotel yang banyak diiklanin pakai bahasa linggis, biasanya servisnya lebih mantep. Intinya, makin banyak hasil pencarian tentang hotel itu di search engine, biasanya makin representatif kemungkinan hotel itu buat diinepin. Dan pencarian nama hotel di internet, jelas bikin perjalanan jauh lebih efektif ketimbang datang langsung ke kota dan ngabisin waktu muter-muter kota cuman buat milih hotel yang enak.

Gambar-gambarnya ngambil dari sini dan sini