Sunday, January 15, 2012

Dugem, Meler, dan Kecanduan

Buat saya, tidak ada yang lebih menyenangkan selain diajak dugem sembari kumpul sama temen-temen. Tapi yang ini spesial, soalnya kali ini my hunk ngajak saya dugem sampek idung saya meler-meler. Dan bukannya minta berhenti, saya masih melambaikan tangan, minta lagi, lagi, lagi..


Jadi ceritanya, malem Jumat lalu Astri Pramarini ngajakin my hunk dan para plurker lainnya buat mengganyang nasi goreng jancuk yang terkenal sekota itu di Surabaya Plaza Hotel. Saya sendiri ikut, mumpung saya nggak lagi ketiban proyek (hah, alasan! Ada nggak ada proyek pun kalau urusan makan-makan saya selalu nongol!). Maka sepulang my hunk ngantor, kami berdua nyambangin hotel itu buat makan nasi goreng jancuk.


Tiba di sana, ternyata selain Astri, juga sudah ada Mas Andi Dewanto dan Mbak Fifa Kusuma, Mbak Ratna Setiawan, Mas Zaenani Trianto, Pinkan "Poy" Victorien (dan suaminya yang saya lupa namanya, duh maafkan..), dan ternyata mereka sudah menghabiskan nasi gorengnya sampek 75 persen bowl. It's allrite, toh temen-temen lain belum dateng dan nanti kami akan pesen bowl kedua.


Saya pun ngambil sesendok saja lantaran nggak mau nampak rakus bareng my hunk, lalu kami pun ngincipin seuprit. Begitu satu sendok nasi masuk ke tenggorokan, saya dan my hunk saling memandang dengan ekspresi muka "Holy God, pedess.." Tapi kemudian saya ngambil seuprit kedua, lalu setelah seuprit ketiga, saya nggak tahan lagi dan langsung menenggak es teh. Demi Tuhan, pedes banget, gilaa!


Apa sih nasi goreng jancuk itu? Pada dasarnya nasi ini sama aja dengan nasi-nasi goreng yang biasa kita makan, dengan dicekokin ayam iris plus udang potong, tetapi kokinya sengaja kasih lombok yang banyak banget. Nah, karena menu ini dijual di Surabaya dan Surabaya terkenal dengan umpatan "jancuk" (yang sampek hari ini saya juga nggak tahu artinya apa), maka nasi goreng ini dijual dengan nama nasi goreng jancuk. Karena, setiap orang yang makan pasti kepedesan, saking pedesnya sampek mereka mengumpat "Jancuk..!"


Nasi Goreng Jancuk. Surabaya Plaza Hotel, Indonesia. Foto oleh Eddy Fahmi.

Nasi goreng ini disediakan dalam dua tipe, yaitu tipe Pedas dan tipe Moderate. My hunk nampak susah-payah menghabiskan nasi di piringnya, sementara idung saya mulai sentrup-sentrup nggak karuan karena meler. Lalu Dina Edriani pun datang bareng Little Ixia-nya, disusul Anisa "Sabo" Ayu yang masih pakai seragam kantor. Saat itulah kita mutuskan pesan bowl kedua, kali ini pesan yang tipe moderate aja. Lalu datanglah bowl-nya, dan begitu Dina incip satu sendok, dos-q langsung merintih-rintih cari minum.. :))



Ini sih bukan nasi goreng, tapi nasi dipakein lombok goreng..


Dan saya pun ambil sesendok lagi. Lalu nambah lagi, nambah lagi. Astri menatap saya dengan kuatir, lantaran saya sudah meler-meler kepedesan tapi masih minta nambah nasi lagi bak kecanduan. Pakai mintanya nggak sopan pula, saya cuman nowel-nowel tangan my hunk, lalu nunjuk-nunjuk bowl nasi dan piring saya.


My hunk (setengah geli): "Apa? Kamu mau nambah?"
Saya: (napas terengah-engah) (lidah setengah menjulur) (ngangguk-ngangguk)
My hunk: "Punyaku nggak habis nih. Ambil punyaku aja.."
Saya: (menggeleng keras) (nunjuk piring dia dan mulut dia) (Piringmu adalah tanggungjawabmu!) (nunjuk bowl nasi dan piring saya dengan agresif) (Aku mau nasinya lagi, berikan padaku bowl itu, cepat!)


Lalu saya mengganyang seperempat bowl itu sendirian, sembari minum es teh bergantian. (Terima kasih kepada Mas Zaen yang telah berinisiatif pesan satu pitcher es teh lagi saat kita semua sudah kepedesan dan stok teh di pitcher telah menipis..) Kenapa saya cuman ganyang seperempat? Soalnya sisanya sudah digasak Dina dan Sabo..


Dan akhirnya, Erditya Wirasta pun datang setelah mobile gila-gilaan menantang hujan dari Waru ke hotel situ. Kami pun pesan bowl ketiga, dan Dity pun kepedesan pula. Astri nyerah, Mbak Fifa dan Mas Andi angkat tangan, Mbak Ratna cabut duluan, sementara Mas Zaen seksi cekakak-cekikik ngeliat saya, Dina, dan Sabo berjibaku gotong-royong bantuin ngabisin nasi goreng pedes itu lantaran Dity dan my hunk nggak sanggup ngabisin nasinya sendirian (siapa juga yang sanggup, gila!).


Dina ngoceh simpang-siur tentang banyak hal, sementara nggak sadar kalau anaknya diam-diam ngambil sebutir nasi pakai tangan. Saya dan Poy mengawasi Little Ixia yang baru umur dua tahun itu, dan terbahak lihat bocah itu tahu-tahu menyendok nasi di piring Dina ke mulutnya sendiri. Owalah..Cia pinter, udah bisa makan pakai sendok sendiri.. Mendadak pesona itu buyar karena tau-tau..Cia nangis! Huwaa..Cia kepedesan! Wkwkwkwkwk..

Korban-korban keganasan nasi goreng jancuk. Foto dijepret oleh Erditya Wirasta.

Kesimpulannya, saya pulang dari acara dugem gila itu dengan perut limbung dan tenggorokan kepedesan. Besoknya, masing-masing peserta dugem melaporkan bokongnya panas semua gara-gara pup nggak karuan dengan konsistensi pup yang kental encer (maksudnya mencret gitu..), termasuk saya yang akhirnya dipelototin kolega-kolega sekantor lantaran telat ngantor gegara bolak-balik masuk toilet..


Tips makan nasi goreng jancuk:
1. Jangan pernah melakukan kesalahan seperti teman saya dulu, yang pesan satu bowl nasi goreng jancuk seharga Rp 75k nett itu untuk makan hanya berdua saja. Satu bowl itu untuk banyak orang, tauu..
2. Jangan pernah makan nasi goreng jancuk jika besoknya Anda mau menolong persalinan, atau mau presentasi untuk promosi di kantor, atau mau melamar pacar Anda di depan mertua. Kecuali jika Anda mau melakukan itu semua dengan cara web conference dari toilet.
3. Nggak usah sok-sok pesen minuman lain kalau Anda sudah pesen nasi goreng jancuk. Sepaketnya yang Rp 110k-an itu sudah termasuk satu pitcher es teh, cukup untuk meredakan tenggorokan yang panas gara-gara mengganyang nasi goreng jancuk.
4. Jangan pernah pesan nasi goreng jancuk jika Anda sedang berduka cita. Nasi ini hanya akan memprovokasi Anda untuk terus makan dalam kesedihan!