Sunday, February 12, 2012

Whitney dan Saya, In Memoriam

Jauh sebelum Whitney Houston stress karena gagal mengelola perkawinannya dengan Bobby Brown dan kecanduan nenggak narkoba, saya kenal Whitney sebagai salah satu penyanyi terbaik pada jaman saya masih ABG dulu. Saya ingat bagaimana saya sampek empet karena denger soundtrack Bodyguard berjudul I Will Always Love You berulang kali setiap hari di radio, tapi saya juga tidak menyangkal bagaimana Bodyguard itu salah satu film paling romantis yang saya tonton pada masa itu. Lima lagu soundtrack-nya jadi booming di Billboard Top 100 (selain I Will Always Love You, ada I Have Nothing, Run to You, Queen of the Night, dan I'm Every Woman), dan semuanya dinyanyikan oleh Whitney. Luar biasa.

Kalau nggak salah, ini Whitney Houston
dalam film Preacher's Wife.
Masih cakep dan belum kesambet narkoba.
Lagu favorit saya lainnya yang dinyanyikan Whitney adalah Same Script Different Cast, yang diduetkan bareng Faith Evans, mudah-mudahan saya nggak salah ingat. Mungkin karena lagu ini adalah pengalaman pribadi saya, hahaha. Dan satu lagi adalah I Learned from the Best, ya itu juga karena pengalaman pribadi, wkwkwk..

I Have Nothing adalah salah satu lagu yang jadi kenangan antara saya dan my hunk. Ceritanya, suatu malam, sewaktu kami dulu masih cuman jadi teman biasa, ceritanya kami lagi chatting, kami berada di rumah kami masing-masing, dan kami sama-sama lagi nontonin videonya I Have Nothing di Metro TV. Seharusnya saya nyadar waktu itu, kenapa saya bertahan nonton video itu sampek selesai, bukanlah karena lagunya menarik, tapi mungkin karena saya tahu bahwa di tempat nun jauh di sana, dia juga menonton video yang sama dengan yang saya lihat.. :D

Tapi bagaimanapun, kalau saya ditanya lagunya Whitney yang paling saya sukai, maka spontan saya akan menjawab soundtrack-nya Bodyguard yang berjudul Bapakmu! Karena, lagu itulah yang biasa saya mainkan di piano saya sambil merem, mengubah muka saya yang ganas menjadi melankolis.. 

Waktu hujan sore-sore, kilat sambar pohon kenari,
lembe lembe to ya, to ya o maule,
tanpa sadar aku, uhuu..ketemu bapakmu
pusing..
kasih, bapakmu.. ternyata bapakku..

(Eh, ini lagunya Whitney atau lagunya Padhyangan Project?!)

Inna lillahi wa inna ilaihi roji'uun. Semoga amal perbuatan Whitney diterima di sisi-Nya. Mudah-mudahan, tahlilannya Whitney seramai konsernya..