Sunday, May 20, 2012

Tetangga Ikut-Ikutan

Kadang-kadang saya bertanya-tanya, apakah kesulitan macam gini juga akan terjadi kalau saya sudah punya rumah sendiri nanti. Saya bahkan nggak tahu apakah ini layak disebut kesulitan.

Kemaren kan sempat libur, jadi saya bikin pesta piyama di rumah kakak saya di Malang. Sebenarnya ini bukan pesta piyama, tapi lebih layak disebut pesta daster, hahaha.. Maka my hunk pun pergi bermobil dari Surabaya sore-sore buat nganterin saya ke rumah kakak.
Salah satu bagian paling menyenangkan dari pulang ke rumah kakak adalah saya bisa main piano di rumahnya sampek puas. Maklum semenjak saya pindah ke Surabaya, saya kan nggak pernah main piano lagi lantaran sampek hari ini saya belum diijinkan ngegotong piano ke dalam apartemen saya (dasar nggak tahu diri, sudah tahu tangga buat naik ke apartemen saya itu sempit banget..)

Memang tuh piano sebetulnya lebih layak disebut keyboard, karena kan dia dibikin dari entah mika atau entah plastik, beda sama piano dari bilah kayu yang biasa saya mainkan, jadi suaranya pun nggak seindah piano sungguhan. Tapi lumayan kan buat melepas stres. Lagian saya nggak peduli, pokoknya jari-jari saya bisa main dengan lincah.

Kakak saya agaknya lupa memperingatkan saya, tapi saya sudah kadung buka tuh piano dan main tingtang-tingtung. Baru main dua lagu, saya berhenti sebentar lantaran saya mau pipis. Keluar dari kamar mandi, saya dengar ada suara piano lain. Nampaknya dari rumah tetangga kakak saya.

Lalu kakak saya bilang, "Dia selalu begitu."
Siapa? Maksudnya, tetangganya.
Katanya, dulu ceritanya, kakak saya baru pindah ke rumah itu. Yang namanya rumah baru mau diisi, pasti kosong blong, termasuk halaman depannya. Tuh halaman nggak ada rumputnya sama sekali. Lalu suatu pagi kakak saya lihat tetangga sebelah rumahnya punya tukang kebun panggilan, lagi berkebun di sana. Kakak saya panggil tuh tukang kebun, minta dipasangin rumput buat rumahnya sendiri, nanti kakak saya mau bayar.
Maka besoknya datanglah tuh tukang kebun bawa rumput bergepok-gepok, lalu dipasang di halaman depan rumah kakak saya. Entah gimana, besoknya lagi, si tetangga ribut kepingin pasang rumput juga buat halamannya. Padahal sebelum kakak saya pindah, tuh rumah si tetangga nggak ada rumputnya sama sekali..

Tadinya kakak saya nggak perhatiin. Maklum deh, kan masih banyak hal lain buat jadi prioritas pikiran. Lalu kakak saya kepikiran kepingin punya piano, karena keluarga kami kan memang musisi dan seneng main piano. Mau beli piano kok kayaknya malah bikin rumah kesempitan, jadilah kakak saya beli keyboard dulu. Singkat kata tuh keyboard masuk rumah dan kakak saya suka main seenak udelnya sendiri. Suaranya si keyboard disetel jadi mirip suara piano, beres deh.
Eh eh, besoknya, dari rumah tetangga terdengar suara piano, nggak tahu itu suara keyboard atau suara piano sungguhan. Di sinilah si tetangga mulai terasa ganjil. Kok tetangga ikut-ikutan beli juga sih?

Lalu tetangga-tetangga lainnya mulai towel-towel kakak saya. "Iya lho, Jeng, dulu sebelum sampeyan pindah ke sini, tuh orang ndak pernah punya piano. Saking aja liat sampeyan punya piano, dia jadi ikut-ikutan kepingin.." :p
Kakak saya bengong. Nggak kepikiran juga bakalan bikin tetangga jadi ngirian kayak gitu. Sebetulnya kakak saya nggak kebingungan. Tapi kakak saya kasihan sama tetangga-tetangga yang lain. Soalnya kalau pas kakak saya lagi main keyboard dan si tetangga jadi ikutan main piano juga, pasti lagunya beda dan nggak nyambung. Mana si tetangga selalu membuka pintu rumahnya lebar-lebar kalau dia lagi main piano, seolah "maksa" sekompleks pada dengerin dia. Kasihan tetangga-tetangga yang lain, jadi bingung mau ngedengerin yang mana..

Kalo katanya ibu-ibu yang lain sih, nggak cuman dalam aspek rumput dan piano keyboard aja si tetangga bersikap kayak gitu. Inget ibu-ibu suka pamer punya panci berharga jutaan? Nah, si tetangga juga keblinger beli panci cuman gara-gara orang sebelah punya panci!

"Idih! Apa-apaan tuh si tetangga baru kedatengan adeknya yang centil nggak ketulungan?
Besok-besok aku juga mau panggil dulurku si Sri ah ke rumahku,
 ta' suruh dia dandan a la Marilyn Monroe pula kayak cewek itu.."
Balik lagi ke cerita saya yang main keyboard bersuara piano di rumah kakak. Saya denger aja suara si tetangga main piano dentang-denting gara-gara denger saya main. Lalu saya bilang, "Jangan kuatir, Mbak! Lihat saja, aku akan provokasi dia!"
Saya narik kursi, lalu duduk di depan keyboard dan terbang ke genre asli saya: jingkrak-jingkrak! Saya main lagu-lagu susah bertempo ngebut, mulai dari Wonderland-nya Maksim sampek Pelangi Cita-nya Gita Gutawa. Setelah setengah jam saya main, saya diam sebentar. Haa..si tetangga nggak ikut-ikutan main lagi. Hah! Saya menang!

"Aku bahkan heran kenapa dia harus merasa tersaingi," kata kakak saya.

Lalu saya bilang ke dos-q, untung semalam saya bawa my hunk ke rumah kakak itu malem-malem, jadi nggak keliatan tetangga. Coba kalo my hunk datengnya pagi-pagi dan keliatan tetangga, bisa-bisa besok-besoknya tetangga ngeyel juga kepingin ikut-ikutan mendatangkan my hunk ke rumahnya.. Ih! Mosok saya mau pinjemin pacar saya buat dipamer-pamer punya oleh si tetangga, males banget deh!