Thursday, December 11, 2008

Carut-marut Masalah Hati


Warga kampung di Cali berang. Di saat orang sekampung sedang mengantre panas-panas di depan langgar buat pembagian daging kurban Idul Adha, tau-tau datanglah segerombolan orang berbaju rapi dan berbadan tegap ngedeketin para tukang jagal yang lagi nyembelih sapi. Kepada para tukang jagal itu, mereka bisik-bisik. Entah apa yang dibisikin itu, pokoknya beberapa saat kemudian beredar kabar burung ngga sedap, orang-orang berbaju rapi itu minta warga kampung jangan dikasih hati sapi yang disembelih itu, tapi kasihin aja hatinya ke
orang-orang berbaju rapi itu.

Ya tentu aja warga jadi cemburu berat. Masa' semua orang mesti ngantre dan ngga boleh milih-milih daging, tapi orang-orang sok ini malah minta hatinya disisihin buat mereka? Ngga tau ya harga ati tuh mahal di pasar?

Baru sorenya, pas mereka lagi enak-enak makan sate sambil nonton tivi, ada berita bahwa di Jawa Tengah, sejumlah hati sapi yang disembelih buat kurban ternyata kedapetan oleh Dinas Peternakan lokal mengandung cacing hati. Kontan aja para warga baru ngeh. Ternyata, orang-orang berbaju rapi yang tadi siang nyatronin langgar dan minta disisihin hati sapi itu, sebenarnya utusan Dinas Peternakan yang mau meriksa sampel hati sapi yang jadi kurban. Siapa tau di dalam hati sapi sini ternyata juga ada cacing hatinya, gitu lho..!

Owwh, emang repot kalo sekampung gampang banget dibakar gosip..