Sunday, September 27, 2009

Minggu Waspada


Kalo tahun-tahun dulu, biasanya minggu ini gw sebut periode kritis. Dulu tuh, saban kali seminggu pasca Lebaran pasti ada aja tamu tau-tau ngegedor rumah dengan alasan mau silaturahmi. (Apakah bertamu itu harus pake alasan? Hahaha..)
Sebenarnya bagus sih, tapi yang mengusik gw adalah, nih tamu kok datang mendadak yak? Gimana kalo orang udah dateng jauh-jauh ke rumah gw dan ternyata seisi rumah gw lagi nggak ada di rumah? Yang lebih repot lagi, gimana kalo tamu tiba-tiba dateng pas seisi rumah lagi sibuk dengan proyek masing-masing: Bokap lagi ngutak-atik mobil, nyokap lagi motongin baju, adek lagi bikin kliping sinetron Korea, gw lagi ngeblog, dan rumah lagi berantakan kayak kapal pecah?

Makanya gw sebut minggu ini sebagai periode kritis coz tamu bisa aja datang sewaktu-waktu dan rumah nggak boleh berantakan oleh proyek-proyek keluarga gw. Gw sendiri melihat kecenderungan orang buat main tamu-tamuan udah makin menurun dari tahun ke tahun. Untuk mengetahui kabar seseorang, orang nggak perlu nyatron langsung ke rumahnya, tapi cukup nelfon atau SMS doang. Lebih parah lagi, kalo mau tau, intip aja profil Facebook-nya atau kalo mau ndetil ya ke blognya.

Gw sendiri udah lupa kapan nerima tamu di rumah, coz orang kalo mau ketemu gw cukup nelfon gw buat janjian ketemu di tempat dugem mana gitu, bukan di rumah. Terakhir kali gw ketamuan mungkin pas gw masih jadi mahasiswa magang tiga tahun lalu, dan menurut gw orang-orang itu bukan bertamu, tapi ngerjain proyek kasus pasien bareng.

Kakak gw yang umurnya 29 tahun malah nggak pernah nerima tamu semenjak dia punya rumah sendiri di Bogor. Yang dia sebut ruang tamu adalah foyer kecil dengan dua kursi yang sama sekali nggak empuk. "Sengaja," katanya. "Biar tamunya cepet pulang. Hahaha!"

Apa dia pernah terima tamu selama tinggal di situ?
"Tentu saja, satu kali," katanya. "Waktu aku baru pindah ke sini, aku didatengin Pak RT. Dan dia minta sumbangan. Untung aku nggak pasang sofa. Bisa-bisa nanti dia betah dan minta sumbangannya makin gede.."

***

Jadi karena minggu ini masih bau-bau Lebaran, biasanya bonyok gw pergi ke rumah tetangga buat tamu-tamuan. Gw pikir mungkin dalam konteks ini yang lebih urgen buat bertamu adalah bokap gw kali yah, soalnya bokap gw kan kerja siang-malam dan jarang di rumah. Lha nyokap gw kan nggak ngantor, jadi ya ketemu tetangga tiap hari. Tapi kali ini, gw dan adek gw harus ikut.

Gw sebenarnya ogah-ogahan bertamu ke rumah tetangga, soalnya:
1. Kan udah papasan tiap hari, ngapain tamu-tamuan lagi sih?
2. Gw masih muda, dan tetangga-tetangga itu udah pada pensiun semua, jadi ngobrolnya nggak nyambung.
3. Gw orangnya nggak suka basa-basi. Anda kalo perlu pertolongan gw ya ngomonglah, tapi kalo nggak ya gw tinggal tidur.
4. Tetangga gw nggak punya anak laki-laki eksekutif muda yang masih bujangan. :-P

Tapi nyokap gw maksa gw ikut. Alasannya, kalo suatu hari nanti tiba-tiba bokap atau nyokap gw meninggal, gw tuh ada yang merangkul. Hebat, bahkan nyokap gw bertamu ke rumah tetangga hanya untuk memastikan suatu hari nanti ada yang akan memeluk gw (?!)

Oke, kami baru tiba di rumah sepulang liburan kan hari Rabu siang lalu, jadi bonyok gw baru fit buat tamu-tamuan hari Kamis. Masalahnya, mau ke rumah tetangganya jam berapa? Pagi nggak mungkin, coz bokap kerja. Kalo jam 12 atau jam 1 kan jadwalnya orang makan siang. Mosok mau dateng jam segitu, ntie dikiranya kita mau nodong minta makan pula, hehehe.. Jam 2 atau jam 3 kan jamnya tidur siang. Kalo jam 4 atau 5 kan waktunya orang nyiram kembang, walah.. (lagian bokap gw juga kerja sampai malem) Jadi mau bertamunya kapan dong?

Terus gw usulin ke nyokap, bertamunya hari Minggu besok aja, biar bukan waktunya orang kerja. Tapi kata nyokap gw, hari Minggu kan masih tiga hari lagi, nanti oleh-oleh bandeng dari Semarangnya keburu basi..? Ya ampun, jadi semua tetek-bengek ini cuman buat mbelain bandeng?

Gw nggak tau apakah perkara tamu-tamuan ini masih efektif atau tidak. Culture gap yang beda jauh antara gw dan bonyok makin lama makin lebar aja dan gw kudu susah-payah menjembataninya. Barangkali kita perlu semacam tips manual gitu tentang bertamu yang kira-kira sesuai dengan jaman sekarang. Bertamu enaknya jam berapa? Perlu bawa oleh-oleh, nggak? Kapan mulai makan suguhan dari tuan rumah? Dan, kalo mau tamu enaknya nelfon dulukah atau dikasih tau via Facebook-kah? Atau langsung muncul di pintunya sembari teriak, "Surpriiise..!" supaya tuan rumahnya nggak sempat ngibrit dan pura-pura nggak ada di rumah?

Sebenarnya gw nulis ini kemaren dan udah siap rilis, tapi Anda tau sendiri kemaren gw jatuh dari tangga sehingga terpaksa ada tulisan dadakan tentang kecelakaan gw. Malam ini gw mikir, andai aja nyokap nurutin gw buat tamu-tamuan ke tetangga hari Minggu aja bukan hari Kamis, pasti Minggu ini batal ke tetangga coz gw nggak ikut. Untung bandeng memaksa nyokap tamu-tamuan hari Kamis, mana tau Sabtu gw bakal kecelakaan? Sekali lagi, bandeng telah ngatur ritme hidup keluarga gw.