Wednesday, February 1, 2012

Kontes Balapan Jempol

Hari gini makin bejibun aja kontes upload foto di Facebook. Modusnya standar: Bikin lomba, pesertanya disuruh upload fotonya di Facebook, lantas foto yang paling banyak dikasih "like", maka pemilik foto itu yang menang. Mengingatkan saya pada kontes nyanyi AFI, di mana pemenangnya ditentukan dari banyaknya SMS.

Ada temen saya yang seneng banget ikutan kontes foto anak. Jadi dia upload foto anaknya itu, terus berharap foto anaknya itu banyak yang nge-"like". Nah, buat promosiin foto anaknya yang dilombakan itu, dia minta temen-temennya buat ngasih jempol ke fotonya. Salah satu yang dimintain jempol itu saya.

Sebenarnya saya mau-mau aja dimintain jempol, bukankah sesama banci narsis harus saling membantu? Lagian toh caranya gampang, tinggal pencet icon "like". Nggak kayak pembela partai moncong putih yang buat tanda solidaritas aja pakai acara jempol darah segala, serem amat. Cuman caranya minta jempol gitu yang kadang-kadang saya nggak seneng. Temen saya yang banci kontes foto itu promosiin fotonya dengan menge-tag fotonya di profil semua temennya. Bayangin kalau dia punya friend 100 orang aja, foto itu di-tag ke 100 orang itu sehingga foto anaknya itu nongol di 100 profil orang yang beda-beda.

Balapan jempol.
Foto dari sini
Kalau cuman satu-dua kali sih nggak problem buat saya, tapi kalau udah keseringan lama-lama saya empet. Saya nggak seneng ngeliat di profil Facebook saya ada foto seorang anak yang sama sekali nggak saya kenal. Well, lepas dari anaknya lucu atau enggak (semua anak kecil pasti lucu, kecuali anak yang muntah di sepatu Christian Louboutin-mu), adalah ganjil kalau saya di-tag-in foto yang sama sekali nggak ada saya di situ. Apalagi kalau saya di-tag foto itu cuman demi mensukseskan pemilik foto yang lagi ikut kontes balapan jempol!

Bagian yang lebih menjengkelkan adalah komentarnya. Pernah seharian saya nggak buka Facebook sama sekali. Pas saya buka malemnya, ternyata ada 10 notifikasi dari Facebook yang belum saya baca. Saya kirain tadinya itu notifikasi seperti friend request atau undangan nonton pameran lukisan, tapi ternyata notifikasi itu adalah berita bahwa saya di-tag-in foto anaknya temen saya dan ke-9 notifikasi lainnya adalah komentar-komentar yang berderet di bawah foto tersebut. Saya dipaksa baca komentar foto itu satu-satu! *tepok jidat*

Teruus..sekarang ada lagi modus berbalas jempol. Temen saya tuh upload foto anaknya, lalu minta temennya buat kasih jempol. Si temen lain yang dimintain jempol itu ternyata juga ikutan upload foto anaknya sendiri, lalu bales minta dikasih jempol juga. Lalu ada temen-temen lainnya, yang rupa-rupanya juga ikutan lomba dan pada nawarin buat tukeran jempol juga. Dan saya nggak kenal siapapun yang arisan komentar di bawah foto itu. Saya cuman orang malang yang ketiban siyal dipaksa membaca percakapan orang lain gegara saya di-tag-in foto oleh orang yang tergila-gila balapan jempol!

Saya nggak tahan. Mau negor si teman kok takut temannya tersinggung. Kalau dipikir-pikir, si teman sama saya juga nggak deket-deket amat, dia lho selama 10 tahun nggak pernah ngirimin saya selamat Lebaran, selamat hari Kartini, selamat naik kelas, atau minimal ucapan selamat ulang tahun. Susah payah saya mengakui, si teman nggak pernah nyapa saya di ranah media sosial kecuali kalau dia lagi minta jempol. Itu pun mintanya bukan ngomong, "Vicky yang Manis Kayak Permen Stroberi, Minta jempolnya dong.."
Tapi malah ngomong gini, "Hai prenz, bantuin like fotoku dong.." Kesannya kayak pesen broadcast massal gitu..

Akhirnya setelah saya bertapa tujuh hari tujuh malam di lantai paling atas kantor demi memohon petunjuk untuk menghentikan bencana tag-tag-an foto ini (kenapa harus di kantor? Yaa soalnya kalau mau cari wangsit di gunung Bromo kayaknya nggak bisa, lha saya susah dapet cuti..), saya mengambil langkah yang paling saya sebelin: tekan "unfriend".

Teman yang baik, bukanlah teman yang datang cuman kalau ada perlunya.

Tolong ya, Sodara-sodara Jemaah, makasih udah mau jadi temen saya, tapi pleeaase..saya mohon, jangan pernah nge-tag saya foto di Facebook kalau nggak ada saya di dalem fotonya. Lagian apa asiknya sih koleksi banyak-banyak jempol gitu? Daripada banyak-banyakan jempol kan mending kontes banyak-banyakan komentar. Lebih berkualitas, daripada cuman mentingin kuantitas..