Wednesday, July 9, 2014

Perantau Juga Bisa Nyoblos

Sebetulnya saya nggak peduli-peduli amat dengan urusan pemilu presiden ini. Penyebab utamanya adalah karena untuk nyoblos saya terdaftar sesuai KTP saya di Bandung, sedangkan saat ini saya tinggal nemenin suami di Surabaya. Kalau saya pulang ke Bandung bela-belain cuman buat nyoblos, kok rasanya kemahalan. Soalnya kalau pun #1 atau #2 yang kepilih pun, nggak ada bedanya buat saya, karena menurut saya, program-program yang mereka tawarkan itu nggak ada yang bisa meningkatkan kualitas dokter. Di Twitter saya sengaja pakai avatar nomer 2 karena memang saya berharap #2 yang menang. Soalnya saya baca di sini bahwa kalau #1 yang menang, investor asing bakalan jual sahamnya di Indonesia. Padahal bisnis saya sangat bergantung kepada keberadaan investor asing. Alhasil saya pasang avanya #2 supaya alam bawah sadar follower Twitter saya pada tergerak buat pilih #2 semua, supaya #1-nya batal jadi RI-1 -> investor asing tetap tinggal -> bisnis saya lancar, hihihihi..

Sampek kemaren saya baca ini, dan tercengang lihat 200-an buruh migran di Victoria Park pada gondok gegara nggak bisa nyoblos lantaran dateng kesorean. Yah, tanpa menyingkirkan kemungkinan bahwa sodara-sodara kita di Hongkong sana mungkin kesulitan dateng tepat waktu karena terhalang pekerjaan, saya bisa merasakan gondoknya. Rasanya seperti dateng ke hipermarket lantaran denger minyak goreng premium didiskon 50%, tapi begitu dateng ke sana, ternyata..minyaknya udah abis. Gondok itu, sakitnya di sini.. *sambil nunjuk dada sebelah atas*


Saya mikir, yang di luar negeri, segitu gondoknya nggak bisa nyoblos. Kok saya yang masih berada di Indonesia, males nyoblos cuman gegara pelit beli tiket Surabaya-Bandung. Maka saya tergerak pergi ke KPUD di kawasan deket Joyoboyo di Surabaya, nodong minta formulir A5.

Di sana, saya disambut mbak-mbak ini. Mereka malah suruh saya baca surat yang sudah mereka tempel pake lem di atas meja. Surat itu bilang, yang kepingin formulir A5, disuruh dateng ke KPUD, paling lambat H-10.
Please dong ah..ini sudah H-2.

Saya yang gondok, manyun berat. Sambil melototin KTP elektronik saya. Yang katanya berlaku di seluruh Indonesia itu. Huh, saya mbatin. KTP ini tidak mempermudah hidup saya. Di dunia ini yang mempermudah hidup saya hanya kartu anggota The Body Shop, bisa dipake belanja di gerai mereka di mana aja..

Di KPUD itu, nggak cuman saya yang gondok. Ada perantau-perantau lain yang dateng ke sana, sama tujuannya, mau minta formulir A5 itu. Ada yang udah dua tahun tinggal di Surabaya. Ada yang udah tiga tahun. Semua punya masalah yang sama, nggak punya KTP Surabaya, tapi kepingin nyoblos di sini.

Pagi ini, suami saya berangkat ke TPS, sementara saya ditinggal di rumah coz saya nggak bisa nyoblos kan. Saya lagi scroll Facebook, tahu-tahu temen saya nge-posting. Dia bagi-bagiin formulir A5 di Google Drive. Bisa dipake buat nyoblos, asalkan saya bawa KTP. Whoaa! Ini lebih baik daripada pengumuman Body Shop discount 30%!

Buru-buru saya download tuh formulir A5, terus saya isi. Suami saya pulang dari TPS, lalu jemput saya dan anterin saya ke TPS. Dan saya nyoblos!

Dipersulit? Enggak tuh. Panitianya baek-baek, begitu saya ngelambaiin formulir A5, mereka langsung suruh saya masuk ke bangku antrian. Dan saya pun nyoblos capres favorit rakyat dong.. :)

Eh iya, cawapres #1 juga nyoblos pake formulir A5 lhoo..

Terima kasih, Pak Beye. Ternyata di bawah pemerintahan Anda, semua orang sekarang bisa milih presiden, di manapun dia berada. Semoga Anda sehat wal afiat dan menikmati enaknya menimang Almira.

Dan kepada sesama perantau yang masih males nyoblos juga, saya cuman mau bilang,

"Ah, Anda memang nggak doyan kopi gratisannya Starbucks."

Oh ya, buat teman-teman yang lagi berburu tempat-tempat diskon Pemilu, lihat di sini ya... Sudah dulu ah. Saya mau cari kontes foto jari ungu berhadiah dulu.. :))