Saturday, January 9, 2010

Laki-laki Tak Diundang

Coba perhatikan gambar ini baik-baik. Ada yang aneh? Ah, coba perhatikan lagi. Dapet yang anehnya?

Gw ngambil gambar ini di tempat wudhu sebuah mesjid di Alun-alun Kota Bandung minggu lalu. Yang namanya tempat wudhu, pasti dipisah antara cowok dan cewek. Gw masuk ke tempat wudhu cewek dong, soalnya gw nggak punya kapasitas buat masuk ke tempat wudhu cowok, hehehe.. Gw lihat dua orang cewek lagi pasang jilbab di situ. Tidak aneh itu. Yang bikin gw bengong, ada bapak-bapak lagi wudhu di sebelahnya.

Lalu pas gw lagi ambil foto ini, gw denger ada suara orang batuk. Gw terhenyak. Batuk kok bukan suara sopran atau suara alto, tapi kok yang gw denger malah batuk suara bariton? Semula gw sangka gw berhalusinasi, tapi waktu dari toilet itu keluar laki-laki berumur sekitar 35-an, mata gw nyaris keluar saking melototnya.

INI KAN TEMPAT CEWEK?!

Ada yang jaga di situ, dua orang cewek pakai jilbab lagi ngobrol-ngobrol. Si laki-laki yang baru kencing nyelipin duit ke boks penjaga toilet, lalu dia keluar dari tempat itu. Gw bengong. Neng-neng berjilbab yang njagain tempat duit, terus aja ngerumpi seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Empat hari lalu, gw ke mesjid itu lagi, barengan sama partner gw. Gw turun ke tempat wudhu cewek, sementara partner gw turun ke tempat wudhu cowok. Dan, lagi dan lagi, gw lihat ada cowok-cowok lagi wudhu di tempat wudhu cewek.

Pas ketemu lagi di teras mesjid, gw nanya sama partner gw, “Kamar mandinya laki-laki ada airnya, nggak?”

Kata partner gw, “Ada. Tapi satu baris (krannya) mati.”

Gw mengernyit. Ha? Apa itu sebabnya pria-pria itu pada milih wudhu di tempatnya cewek?

Gimana yah? Toilet cewek itu mestinya kan disucihamakan dari pria-pria apapun. (Memangnya pria itu hama ya?) Nggak boleh nyampur lah. Kan di toilet itu cewek bebas ngapa-ngapain, mulai dari copot jilbab sampai sisiran. Gw sih nggak pakai kerudung, tapi kaum gw yang pakai kerudung kan berhak nyopot jilbabnya di toilet cewek yang bebas dari laki-laki? Dan, mestinya kan cowok manapun yang berani masuk ke toilet cewek harus diusir seperti orang-orangan ngusir burung-burung sawah? Apalagi kalau yang ngejaga toiletnya juga sama-sama pakai jilbab?

Dan yang bikin gw sewot, kalau laki-laki boleh bebas keluar-masuk toilet cewek, kenapa gw nggak boleh bebas keluar-masuk toilet cowok?