Tuesday, August 18, 2009

Pusingnya Perempuan Pipis

Diskriminasi gender dimulai di toilet perempuan dan perempuan itu sendirilah yang memulai gara-gara buat mempersulit dirinya sendiri.

Gw pernah nulis bahwa cowok lebih gampang dalam urusan pipis. Nggak butuh toilet, tinggal cari semak-semak, buka zippernya, truz kencing deh. Cewek jelas butuh kamar tertutup. Tapi ketika udah dikasih kamar yang terkunci rapat pun, tetap aja ada cewek yang nggak mau pipis.

Pas konferensi dua minggu lalu, gw kenalan sama seorang dokter asal Samarinda. Karena sama-sama lajang, dan sama-sama dinas di Cali, maka kita berdua cepat akrab. Atau mungkin lantaran gw sok akrab, maka kita berdua jadi akrab. Butuh minimal satu orang sok akrab buat bikin dua orang asing yang baru kenal menjadi seolah-olah udah kenal lama sekali. Ah, sudahlah.

Setelah makan buffet, gw ngajakin teman baru gw itu ke toilet. Anda tau sendiri kan, perempuan senang berlama-lama di toilet. Pipis, retouch bedak, atau sekedar ngegosip.

Lalu kolega gw itu terheran-heran, "Eh, Vic, toilet yang itu kan nggak ada airnya?"

Gw terhenyak. Tadinya gw pikir dia diam-diam temenan sama pengurus air hotel tempat konferensi itu, tapi baru kemudian gw ngeh. Maksud dia tuh, toiletnya tuh nggak ada air buat ngebasuh selangkangan kalo abis pipis.

Lah! batin gw. Ini kan hotel bintang lima, pasti toiletnya tipe toilet kering lah, jadi nggak mungkin ada air buat ngebasuhnya. Apa yang kauharapkan, di toilet ada ember plus gayung gitu? Please dong ah!

Tapi gw jawab ke kolega gw itu, "Aku tau kok (kalo di situ nggak ada airnya). Aku cuma kepingin ke toilet aja."

Akhirnya si kolega nemenin gw ke toilet. Dan emang di toilet itu gw nggak pipis. Gw cuman mau periksa apakah maskara di bulu mata gw masih utuh, hihihi..
*alasannya cewek banget sih?*

Sembunyi-sembunyi gw melirik ke kolega gw itu. Mudah-mudahan dia nggak salah tingkah ke toilet cuman buat nemenin gw doang. Lha dia kenapa nggak pipis aja sih, mumpung toiletnya lagi nggak ngantre? Ntie di ruang konferensi kan dingin, jadi kebelet pipis deh.

Lalu gw nyadar sesuatu. Beberapa cewek masih ogah pipis di toilet kering.

Kesiyan, batin gw. Jadi selama di hotel, nggak pipis dong?

Kadang-kadang perempuan sudah mengantisipasi ini. Lagi jalan-jalan ke mana gitu, tau-tau kebelet pipis. Pas udah dapet toilet, malah gondok lantaran di toiletnya ternyata nggak ada bak airnya alias cuma kloset doang. Mau ngebasuh selangkangan gimana, mereka nggak terbiasa pake semprotan kecil bertekanan tinggi itu. Mau pake tisu toilet juga kayaknya jorok banget. Mosok abis pipis cuman dilap pake tisu itu doang? Akibatnya, banyak cewek yang ogah pipis di toilet kering, dan lebih hepi pipis di toilet basah.

Sebenarnya pikir gw, penggunaan toilet basah tanpa tisu toilet pada toilet umum sedikit banyak telah menyumbang angka insiden infeksi saluran kencing pada perempuan. Coba pikir, kita semua udah tau daerah selangkangan tuh nggak boleh lembab supaya nggak jadi kebun binatang. Jadi kalo abis pipis, selangkangan tuh kudu kering dulu sebelum dipakein celana dalem.

Lha caranya supaya cepet kering gimana? Itu sih terserah kita, mau dikipas-kipasin dulu kek, mau ditiup pake hair-dryer kek, tergantung kreativitas masing-masinglah, hahaha..

Wah, kalo nunggu selangkangan kering dulu, bisa-bisa digedor orang kita lantaran make toilet kelamaan. Emangnya nih WC punya mbah lu?

Itulah sebabnya toilet nyediain tisu toilet. Gunanya ya buat ngelap selangkangan supaya cepet kering setelah pipis. Cara makenya gampang. Balut telapak tangan dengan tisu, truz gosokin dari depan selangkangan ke belakang satu kali. Buang tisunya ke dalam toilet. Belum puas? Ambil tisu lagi, balut tangan lagi, gosokin di selangkangan satu lagi. Gitu terus ampe selangkangan betul-betul kering.

Lama-lama timbul pertanyaan, sebenernya masih perlu nggak sih ngebasuh selangkangan pake air pasca pipis tuh? Ya sebenernya enggak. Itu cuman kebiasaan perempuan Indonesia aja yang diwarisin turun-temurun. Yang terpenting setelah pipis adalah mastiin air kencing bekas pipis nggak ada di selangkangan, coz itu namanya najis. Makanya dilap pake tisu biar ilang.

Paling sebel nih, kalo nemu toilet kering tapi nggak ada tisu toiletnya. Cewek suka ngantisipasi ini dengan bawa tisu sendiri (tau kan, yang di sachet kecil-kecil itu). Sialnya cewek suka nggak tau, bahwa tisu sachet beda bahannya sama tisu toilet. Tisu sachet bahannya terlalu tipis, jadi kalo digosokin ke selangkangan, malah ninggalin serpihan-serpihan kecil di selangkangan. Serpihan-serpihan tisu inilah yang justru jadi arena berkembangbiaknya kuman infeksi saluran kencing. Hii..!

Perempuan kudu fleksibel. Nggak boleh cuman mau ngebasuh pipis pake air dan nggak mau pake tisu toilet. Apa kita mau selama-lamanya cuman sudi pipis di toilet basah? Waduh..kalo kayak gini caranya, nanti bisa-bisa kita jadi susah pipis di mana-mana..