Thursday, August 20, 2009

USG buat Entertainment

Sebagai dokter, gw cukup sering ngedapetin juga pasien berobat tuh bukan karena butuh sesuai sakitnya, tapi karena cuma pengen gaya-gayaan. Mulai dari yang skala kecil-kecilan seperti ke dokter cuma pengen disuntiklah, ampe yang skala gede seperti ke dokter cuma buat periksa darah. Kalo orang umur 25 ngedatengin gw buat periksa trombosit masih okelah, lha ini dateng ke gw minta diperiksa asam urat padahal nggak pernah sakit encok. Alasannya, bos-bosnya yang direktur itu pada diopname dan semuanya pada kelebihan asam urat, jadi dia panik sendiri dengan asam uratnya. Mungkin dipikirnya penyakit asam urat itu penyakit orang tajir, dan pangkatnya sendiri yang baru jadi eksekutif muda bikin dia merasa jadi orang kaya baru, jadi dia merasa wajib periksa asam urat..

Polah tingkah orang bikin mereka kadang-kadang kepingin punya dokter di rumah mereka sendiri. Jadi kasarnya sih, kalo mereka keseleo dikit aja, tinggal teriak doang, langsung dokternya datang gitu lho. *Emangnya presiden?* Ini sebenarnya wajar. Ada juga yang ampe sedia alat-alat kedokteran sendiri di rumahnya, misalnya alat tensi atau alat pengetes gula darah. Nggak salah sih. Asal yang penting bisa makenya aja. Cuma kalo punya tapi nggak bisa makenya, itu yang repot.

Versi ekstrim dari fenomena ini terjadi di Amrik di tahun '06, dan tidak tanggung-tanggung pelakunya adalah Tom Cruise. Ini yang gw maksud di blog gw kemaren, dan sempat jadi bahan workshop dokter yang gw ikutin dua minggu lalu.

Cerita singkatnya gini. Waktu itu pacarnya Tom, si Katie Holmes itu, kan hamil. Nah, saking hepinya, Tom ini ampe nyiapin kelahiran janin perempuan mereka yang kelak mau dinamain Suri itu, di rumah mereka. Jadi, Suri disiapin buat lahir di rumah aja, nggak usah lahir di rumah sakit mahal (dengerin tuh, ibu-ibu Indonesia yang tajir-tajir!). Untuk itu, Tom udah beli alat infus, alat USG, bahkan sampai alat inkubator bayinya segala! Sebenarnya nggak pa-pa sih, soalnya Tom juga udah nyewa dokter kandungan pribadi, lengkap sama bidan-bidannya. Pokoke, ada uang, rumah sakit pun dibeli!

Nah, si bayi kan belum lahir waktu itu. Tapi di rumah Tom udah main-main sendiri alat USG itu sama perutnya Katie tanpa pengawasan dokter kandungan. Dengan alat itu dia bikin foto-foto muka janinnya. Jadi keliatan, oh minggu ini muka anak gw tidurnya kayak gini, minggu berikutnya mukanya kayak gini..

Kelakuannya itu bikin dokter-dokter kandungan se-Amrik marah. USG tuh alat periksa badan manusia, bukan buat alat foto-foto! Lu kira studio foto, apa?

Ternyata setelah ditelusuri, praktek USG di Amrik udah kebablasan. USG atau ultrasonografi, sebagai metode penunjang diagnosa penyakit, telah bergeser menjadi alat fotografi "sebelum dan sesudah". Di Amrik dijumpai sebuah studio foto khusus USG, yang menjual jasa motret wajah janin dalam kandungan. Para calon ibu yang lagi seneng-senengnya hamil, berbondong-bondong ke studio itu buat minta difoto muka janinnya pake alat USG, dan mereka bayar untuk itu.

Para dokter menilai, jenis usaha "USG entertainment" itu bikin USG jadi tidak profesional. Soalnya yang dipotret cuman muka janinnya doang. Tapi yang lain-lainnya enggak. Akibatnya, kalo ada kelainan pada kehamilan yang bisa berbuntut celaka bagi ibu dan janin, nggak akan ketauan coz tukang USG-nya kan bukan dokter.

Di Indonesia, kalo ibu-ibu pergi ke dokter kandungan buat di-USG, rata-rata yang ditanya cuma satu, anaknya cowok apa cewek? Itu dari sudut pandang pasien.
Kalo dari sudut pandang Pemerintah lain kali. Gw punya kolega yang ditugasin ngelola Puskesmas di Bintuni, Papua Barat. Pemerintah masang USG di Puskesmas itu, padahal kolega-kolega gw yang dokter nggak bisa ngoperasiin USG-nya (karena belum pernah dapet pelatihan USG). Alhasil tuh USG nggak dipake buat alat penunjang diagnosa penyakit, tapi cuman dipake buat denger detak jantung bayi doang. Sayang kan?

Padahal, buat meriksa kehamilan, gunanya USG itu banyak banget. Antara lain buat ngecek:
1. janinnya stres apa enggak.
2. Janinnya punya kepala apa enggak.
3. Ususnya janin tertutup kulit perutnya sendiri atau malah terburai di luar.
4. Ari-arinya normal apa enggak.
5. Si ibunya ngandung bayi doang atau dia juga punya tumor di rahimnya.
6. Janinnya bisa napas dengan enak apa enggak di dalam rahim, atau malah megap-megap.
7. Janinnya ada kembar apa enggak.
8. Janinnya tidurnya lurus atau nyengsol.
9. Janinnya bisa keluar sendiri lewat selangkangan ibunya atau kudu keluar paksa via operasi?
10. Dll..(dan lupa lagi)

Kalo ada satu aja yang nggak normal di mata dokter yang melakukan USG, dokter bisa segera menolong. Mulai dari betulin letak janin pake tangan, ngasih obat ke ibu hamilnya, atau bahkan mewanti-wanti ibunya buat siap-siap operasi darurat.

Jadi USG tuh bukan cuman buat liat jenis kelamin. Apalagi buat foto-foto muka bayi doang kayak Tom Cruise.

Selayaknya alat kedokteran dipake buat tujuannya mendukung kesehatan manusia, bukan sekedar buat alat gaya-gayaan semata.