Saturday, March 8, 2014

Tivi Kabel


Gegara nonton tivi di rumah bokap, my hunk sekarang jadi keblinger kepingin pasang tivi kabel di kamar kami. Saya ngeliat dos-q sembari mengerutkan kening, lha lu-nggak-suka-nonton-tivi-kok-sekarang-jadi-kepingin-pasang-tivi-kabel? Kilahnya dos-q, soalnya dos-q seneng banget nonton BBC di tivi kabel rumah bokap saya, sedangkan selama ini kan dos-q kalo kepingin nonton Top Gear kudu download dari YouTube. Batinnya, kalo download kan kudu korban pulsa, ngabis-ngabisin space byte pula. Kalo nonton di tivi enak tinggal pencet remote doang.

Persoalannya kan tarif pasang tivi kabel buat saya masih kelewatan, apalagi kalo cuman dipake buat nonton Top Gear doang. Emang sih, saya seneng nonton Star World juga, tapi ya kayaknya harga segitu belom worth deh. Mending tuh duit dipake buat sewa kapal buat nyelam, hahahah.. Kalo abis nyelam kan bisa cerita-cerita ke orang, eh ini lho gw abis motret ikan ini, motret ikan itu. Lha nonton tivi kabel? Mau cerita apa ke orang lain? Mosok mau cerita eh-tadi-malem-gw-abis-nonton-mobil-mahal-ditabrak-tabrakin?

My hunk nggak keabisan akal. Minggu lalu dos-q kasih saya brosur sebuah provider tivi kabel. Katanya, dengan pasang tivi kabel itu, harga Rp 185k/bulan, bisa dapet siaran tivi bonus wifi di rumah. Kepala saya langsung beritung bak kalkulator, harga minum kopi di kafe donat dikaliin frekuensi pergi keluar rumah cuman demi cari koneksi gratis. Hasilnya nggak sampek Rp 185k. Tetot. Promosi my hunk gagal.

Dua hari lalu, setan tivi kabel itu datang menggoda lagi. Pas lagi pameran di sebuah mal di Gubeng, seorang sales ngerayu saya buat langganan provider tivi kabel dengan harga dibanderol Rp 89k/bulan, bisa dapet semua channel yang dia tunjuk.

“Channelnya apa aja, Mas?” tanya sang emak-emak matre.
Sang sales dengan bersemangat langsung nunjukin sebuah daftar. Sang emak-emak matre langsung ngabsen, “BBC ada nggak?”
“Oh, ada, Bu!” jawab sang sales antusias. “Ini kalo channel Bloomberg juga ada, Bu!”
Sang emak-emak pun ke-ge-er-an lantaran disangka emak-emak penggemar berita saham.

Tapi satu detik kemudian sang emak langsung menjatuhkan pamornya sendiri. “Ngg..kalo HBO?”
“Wah, itu harus nambah lagi, Bu..”
Sang emak mengerutkan kening. “Nambah? Berapa?”
“Ini,” sang sales nunjukin kolom di pojok brosur. “Kalo nambah Rp 99k, bisa dapet HBO, Fox Premium.. Soalnya kan stasiun-stasiun ini filmnya baru-baru, Bu..”

Maka sang emak matre pun ngacir dengan penuh kekecewaan.
Film baru-baru, katamu? Sepanjang tahun lalu aja gw cuman nonton Now You See Me..

Mengapa? Mengapa siaran tivi lokal di rumah begitu jelek-jelek?  Kita kan kepingin nonton siaran yang normal. Nonton Brad Pitt kejar-kejaran sama Catherine Zeta Jones, nonton mobil mahal ditabrak-tabrakin, nonton wartawan NatGeo ngincipin moussaka di jalanan Syria, nonton kompetisi model sembari dielem-elem sama Tyra Banks. Bukan cuman nonton siaran joget-joget nggak jelas..