Friday, June 6, 2014

Suamiku Nggak Sexist

Dicatet sebagai memoar.. Siapa tahu 5-10 tahun lagi keadaan berubah.

Ada kebiasaan my hunk yang sebenernya saya anggep aneh. Kebiasaan dos-q adalah..cuci piring sesudah makan.
My hunk, Fahmi

Memang sih, itu kebiasaan wajar. Kan kalau habis makan di rumah ya dicuci piringnya toh? My hunk udah biasa cuci piring pasca makan, semenjak belom nikah sama saya. Tapi dos-q masih melakukannya, bahkan sesudah dos-q nikah sama saya.

Saya bingung. Soalnya di keluarga saya, bokap nggak nyuci piring. Yang nyuci piring selalu anak perempuan atau nyokap. Dan itu turun-temurun dari jaman kakek. Pokoknya kalau ada cewek, pria nggak nyuci piring deh.



Semula saya sih nggak biarkan my hunk nyuci piring saban kami habis makan. Tapi dos-q selalu melakukannya duluan. Lama-lama ya saya biarin. Sebagai gantinya, saya ngerapiin meja bekas makan, balikin alas piring, balikin kecap/saos botol, gitu deh.

Kebiasaan lainnya adalah merapikan tempat tidur. Kan habis bangun tidur pasti ranjang acak-acakan tuh. Biasanya saya bersihin sprei pake sapu lidi, terus bantal guling saya tata kembali. Nah, kalau saya lagi nata tempat tidur itu, my hunk selalu ikutan. Entah bantuin ngerapiin ujung sprei, ngelipet selimut, atau sekedar betulin posisi bantal. Dan itu bukan saya yang ngajakin.

Kalau saya habis nyuci baju di mesin cuci dan mau ngejemur, dos-q selalu ikutan ngejemurin. Kalau saya mau nyapu lantai, dos-q ikutan mungut barang-barang di lantai supaya gampang dipel.

Pendek kata, dos-q nggak pernah biarkan saya ngerjain kerjaan housekeeping sendirian.

Saya, yang besar di keluarga yang terbiasa menyerahkan semua urusan rumah tangga ke cewek, kadang-kadang merasa terharu. Bokap saya nggak pernah ngerjain pekerjaan itu. (Pernah suatu hari bokap saya nyapu teras. Itu sekali seumur hidup saya ngeliat bokap begitu. Dan itu sebetulnya sindiran, karena hari itu saya bolak-balik disuruh nyapu tapi saya nunda-nunda terus.)

Saya bukannya mau banding-bandingin my hunk dengan pria-pria di keluarga saya. Tapi saya cuman mau bilang, my hunk is not sexist. Dia percaya bahwa urusan rumah tangga bukan cuma beban istri, tapi juga beban suami. Jadi dia ikut membereskannya.

Cowok kayak gini, nggak menganggap suami lebih superior daripada istri, nggak menganggap pria lebih superior daripada wanita. Saya merasa dianggap setara.

(Meskipun tidak bisa disimpulkan juga bahwa suami yang tidak mencuci piring pasti adalah suami yang merendahkan wanita.)

Hal kecil gini, yang saya syukurin. Saya tahu ada banyak contoh di luar sana di mana suami masih sexist alias sok superior. Dengan berbagai alasan suami menghambat istri untuk berkembang luas, mulai dari alasan istrinya harus ngurus rumah lah, harus ngurus anak lah, sampai bilang istrinya underqualified lah.
Saya kenal seorang istri yang dilarang ngantor oleh suaminya, tapi suaminya selalu ngeluh ketika pulang kantor, karena daster yang dipake istrinya masih bau dapur bekas masak. Saya kenal istri yang nggak diajakin suaminya kalau kantor suaminya bikin acara outing, dengan alasan istrinya kurang qualified kalau mau gaul sama teman-teman kantornya. Itu baru yang level akar rumput. Di level yang lebih tinggi ternyata sama aja. Saya kenal istri yang nggak diijinin suaminya buat ngambil kedokteran spesialis penyakit dalam, dengan alasan suaminya udah sekolah spesialis kandungan, dan suaminya cuman ngijinin istrinya ambil sekolah spesialis mata.

Saya nggak tahu apakah 5-10 tahun lagi my hunk akan tetap begini atau suatu hari nanti berubah jadi sexist. Tapi sikapnya yang egaliter ini, adalah salah satu alasan kenapa saya mencintainya.

Blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog CIMONERS.




http://laurentina.wordpress.com
http://georgetterox.blogspot.com