Thursday, February 5, 2009

Perhatikan, Bu Guru!


Ada yang bilang para blogger ini pasti waktu sekolah dulu selalu dapet nilai tinggi untuk pelajaran bahasa. Soalnya mereka selalu jago bikin karangan yang panjang-panjang. Saking panjangnya, yang bacanya aja sampai kecapean.

Gw dapet komentar dari seorang kolega di blog gw di Friendster minggu lalu. Sebenarnya tulisan gw cuman sepanjang satu halaman A4, tapi kolega gw itu nulis komentar sampai 1,5 halaman. Gw ngga tau apakah harus berterima kasih atau harus keberatan. Bukannya protes sama kolega gw itu, tapi gw malah nyalahin guru-guru bahasa yang ngajarin kita mengarang.

Inget jaman sekolah dulu, dalam setiap ujian bahasa, pasti ada soal mengarang. Waktu gw SD, soal ujian gw adalah bikin karangan dalam minimal 50 baris. Gw melakukannya, dan karangan itu kembali ke tangan gw dengan angka 9 yang ditulis gede-gede (teman-teman sekelas gw paling-paling cuman dapet 7 atau 8). Hore? Gw ngga gembira, soalnya gw tau guru gw ngga sempat baca tulisan gw yang telah gw bikin dalam 100 baris, dan tulisan gw kecil-kecil seperti pasukan semut menari balet (kayak apa semut menari balet? Bayangin aja sendiri..)

Waktu SMP, guru yang bikin soal ujian, nulis perintah kayak gini, buatlah karangan yang panjangnya kurang lebih 200 kata. Gw paling nggak suka perintah kayak gini, coz ngga spesifik. Maksudnya apa sih? Kurang atau lebih dari 200 kata? Gimana kalo gw bikinnya sampai 500 kata, kan 500 itu lebih dari 200 kata; itu sesuai perintah, nggak? Gw bisa bikin sepanjang itu kalo gw mau, dan itu akan bikin gurunya stres coz nggak akan sempat meriksa seluruhnya. Gw pikir, pantesan nih guru jadi guru bahasa, coz dia memang nggak cocok buat ngajar matematika.

Pelajaran mengarang jaman dulu hanya mendorong kita buat nulis panjang-panjang, tapi kita nggak pernah tau caranya nulis ide dalam karangan pendek yang ringkas. Guru-guru kita yang mengadopsi sistem menulis rapi asal Belanda itu nggak akan pernah sempat baca karangan kita; pokoknya asalkan kita nulisnya panjang sampai 2-3 halaman folio, tulisannya nggak ada tip-ex-nya, dan digaris pinggir di sebelah kiri, nilai tinggi pasti di tangan. Perkara isi dalam karangannya bullsh*t semua, gurunya nggak pernah periksa. Tapi karangan pendek dengan isi singkat dan padat belum tentu dapet nilai A, makanya murid suka takut kalo merasa nulis esainya terlalu pendek.

Akibatnya kebawa sampai gede, bahkan nulis di blog pun kita merasa terpaksa harus nulis panjang-panjang. Di ranah ilmiah, doktor dikagumi kalo dia bisa nulis disertasi yang cukup tebal buat dijadiin bantal. Tapi saat hasil penelitiannya disodorin kepada Pemerintah, pejabatnya nggak ACC proposalnya, coz nggak paham sama draft yang disodorin, lantaran kecapekan baca makalahnya yang ketebelan. Di koran-koran, banyak banget kolom yang panjang-panjang, dan ujung-ujungnya di bawahnya ada tulisan "Bersambung". Layar tivi itu paling sering obral tulisan "Bersambung". Sebut aja, Dynasty, Oshin, Maria Mercedes, Tersanjung, Intan.. Seolah-olah masalah itu nggak bisa gamblang diungkapin dan ringkas diberesin kalo nggak dibeberin panjang-panjang.

Mestinya kurikulum pelajaran bahasa juga ngajarin cara nulis SMS, buat ngajarin cara ngungkapin seluruh inti pesan dalam 160 karakter tanpa bikin penerimanya bingung dengan kata-kata yang kebanyakan disingkat-singkat. Dan murid-murid juga mesti diajarin bikin blog, supaya murid belajar bikin esai yang bagus, tapi nggak terlalu panjang sampai bikin pembacanya kecapekan.

Kamu mau komentar di blog ini? Boleh, tapi jangan melebihi 4000 karakter ya. Udah bikin capek mata, boros bandwidth pula. Hahaha..