Sunday, July 19, 2009

Musim Kawin

Gw curiga sekarang musim kawin. Soalnya mendadak burung-burung di halaman apartemen gw jadi lebih ceria. Mereka bersuwit-suwit sepanjang hari dan nebar kotoran di mana-mana. Tanda khas di mana cinta bisa bikin makhluk mana pun jadi bego. Berterima kasihlah kepada endorfin.

Tapi bukan cuma burung, kayaknya manusia sekarang juga lagi musim kawin. Soalnya banyak banget undangan nikah dari temen-temen gw yang dateng ke gw weekend ini. Aneh, batin gw. Kenapa nikah aja ngundang-ngundang, tapi kalo kawin nggak pernah ngundang-ngundang?

Yang bikin gw pusing, kenapa yang kawin weekend ini sampai tiga, gitu lho. Dan semua resepsinya barengan. Kok mereka ini nggak empati sama gw sih? Lambung gw cuman satu, mana muat buat makan-makan mereka bertiga?

(Bikin gw kadang-kadang pengen jadi orang Itali aja. Orang Itali tuh, kalo bikin pesta pernikahan bisa sehari semalam. Jadi gw bisa nyicipin kambing guling selama dua jam di pesta pertama, lalu pergi ke pernikahan yang lain buat melahap ayam taliwang selama dua jam. Perut kenyang, dan gw bisa doain berkah buat semua pasangan yang menikah. Kan gitu seharusnya, Jemaah?)
*Vic, Vic, nggak ada orang Itali kawin sambil menjamu pake kambing guling atau ayam taliwang..*

Gw jadi inget, kira-kira beberapa hari lalu gw ngobrol sama seorang teman. Kayaknya sih, dia nggak seneng kalo orang tuh kirim undangan cuman via SMS atau via internet. Kesannya nggak ada tatakramanya gitu. Dia emang agak mirip bonyok gw, yang percaya bahwa yang namanya undangan tuh sebaiknya dikasih setangan, minimal ya dikirim via pos. Pokoknya undangannya dicetak. Ada nama pengantennya, ada nama bonyoknya, ada peta venue-nya. Jadi orang tuh nggak kesasar nyari lokasi.

Nggak efisien, pikir gw. Tau nggak, hari gini tuh susah banget mau kirim undangan ke temen-temen kita. Dikiranya nyetak undangan itu murah, ya? Satu eksemplar undangan yang bagus aja dibanderol goceng. Gimana kalo yang diundang ada 500 orang? Temen kita aja banyak, belum lagi temen bonyok dan mertua. Bisa-bisa anggaran cekak cuman buat urusan undangan.

Itulah gunanya diciptakan SMS dan e-mail. Mengirit waktu, duit, dan jumlah pohon yang kudu ditebang buat bikin undangan.

Lalu jawaban atas debat gw dan teman itu dateng weekend ini. Tiga orang teman sekaligus ngundang gw ke kondangan mereka. Yang satu di Jakarta, dua lagi di Bandung. Mana bisa gw mondar-mandir ke tiga tempat itu cuma dalam durasi antara tiga jam?

Nah, solusinya gampang. Gw kan lagi di Cali, jadi nggak bisa dateng ke tiga-tiganya. Maaf..

Ternyata soal belum beres. Bisa aja gw nggak dateng, tapi kan bonyok gw di Bandung kudu dateng. Soalnya dua dari ketiga temen yang menikah itu, bonyoknya kenal sama bonyok gw.

Lebih tepatnya gini. Temen gw yang di Bandung, nyokapnya pernah duduk sama nyokap gw di rapat sekolah kami. Itu mungkin satu-dua kali aja mereka pernah ketemu, selebihnya nggak pernah lagi.
Lalu temen gw yang di Jakarta, itu lebih parah. Bonyoknya tuh sohiban sama bonyok gw. Lalu sesodaranya temen tuh, temenan sama gw dan adek gw. Jadi ini judulnya sobat keluarga.
Jemaah, menurut Anda, bonyok gw dateng ke kondangan temen gw yang mana? Ke kondangan yang di Jakarta, dong?

Salah.

"Keluarganya nggak kirim undangan kok ke rumah kita. Vicky tau dari mana dia menikah?" tanya nyokap gw kaget waktu gw ng-SMS nyokap gw dua hari lalu. Gw tadinya mau bilang, ati-ati kalo mau dateng ke kondangan temen gw di Jakarta itu, soalnya Kuningan baru dibom.

Gw bilang, gw tau si temen itu menikah di Jakarta coz dia woro-woro di Facebook. Tau kan, pake application Event yang buat ngirim undangan massal itu. Gw bengong, mungkin keluarganya nih lupa nyelipin nama bonyok gw di daftar undangannya.

Nyokap gw milih dateng ke undangan temen gw di Bandung. Soalnya, temen gw yang itu nganterin sendiri undangannya ke rumah bonyok gw.

Lalu gw teringat pembicaraan gw tentang undangan cetak vs undangan elektronik tempo hari. Mendadak gw memahami esensialnya.

Sebutlah ini kuno, tapi dalam setiap undangan cetak ada pengorbanan dari pengirimnya. Ada duit buat cetak undangan, ada bensin buat ngirim undangan. Undangan itu mahal, jadi kalo si pengundang ngirim 500 undangan, berarti memang dia kepingin 500 penerima undangan itu dateng semua. Itu bikin penerima undangannya setidaknya merasa DIHARAPKAN kehadirannya.
Adapun undangan elektronik yang dikirim massal, itu copy-paste. Si pengundang bisa aja ingin ngundang 2000 orang temennya di Facebook, tapi kalo dari 2000 orang yang diundang itu nggak bisa dateng, ya nggak pa-pa. Malah, kadang-kadang si pengundang tidaklah terlalu mengharapkan kehadiran yang dikirimin undangannya. Nulis undangan itu sebenarnya cuma bentuk lain dari woro-woro, buat bilang, "Eeh..gw kawin lhoo..!"

Amanda, blog hari ini buat kamu. Terima kasih udah minta gw ng-SMS-in nama bokap gw lengkap dengan gelarnya buat ditulis di undangannya ya, Jeng. Mudah-mudahan kamu bahagia dengan suamimu yang baru.