Monday, August 2, 2010

Dunia Gembrot di "Warung Pojok"

Pas saya dugem di restoran ini, mendadak kepala saya jadi kepingin bernyanyi, “Akeh wong padha kedanan masakan.. akeh wong padha kelingan pelayan.. ora klalen kesopanan ning sekabeh lelangganan..

Kalau Anda lihat foto –foto ini, barangkali Anda pikir saya lagi berada di sebuah warung makan ndeso. Lha gimana nggak ndeso kalau masuk-masuk lantai warungnya ternyata masih dari keramik super jadul yang mangkak, dan kita disambut deretan meja-meja makan dari kayu yang dicat pakai warna-warna pupus? Nyokap saya sampek protes ke saya, “Dooh, Ky, kok kita ma’em di tempat kayak ginian seh? Mbok cari tempat makan tuh yang agak kerenan dikit kenapa sih..?”

Sayanya ngeyel kepingin ke situ, soalnya saya udah baca di banyak blog-blog bahwa nih tempat unik banget. Selain makanannya juga enak, suasana tempatnya yang jadul juga jadi daya tarik sendiri. Berhubung letaknya masih terjangkau dari rumah, okelah saya kepingin nyambangin. Ternyata memang tempatnya jadul ruar binasa, masuk-masuk saya lihat banyak sangkar burung digantung di langit-langit. Di kiri-kanan temboknya digantung alat-alat masak yang ketinggalan jaman banget, mulai dari mangkok nasi yang ada cap kembangnya, sutil-sutil khusus kuah dari stainless steel, dan kaleng-kaleng minyak samin.

Saya dan bonyok duduk di situ, bangku makan yang keras dan sama sekali nggak empuk, lalu kita pesen empal gentong plus kwe tiaw siam. (Sebenarnya saya dikasih tahu katanya ifumie-nya enak, tapi pelayannya bilang ifumie-nya lagi abis.) Servisnya nggak lama, paling cuman 5-10 menitan, dan pelayannya dateng nganterin piring-piring makan kita berupa piring keramik Cina yang ngingetin saya akan piring makan kuno punya Grandma saya di Kreyongan. Saya nggak ngincipin empal gentongnya sih, tapi katanya bokap saya, empal gentongnya enak. Saya sendiri lebih panic ngabisin kwe tiaw-nya, yang satu porsi bisa dimakan buat dua orang. Kwe tiawnya berupa kwe tiaw disiram cap cay, dan bagian paling menarik adalah bihunnya yang dimakan krius-krius. Nyokap saya nyeruput kwe tiaw-nya lalu bilang, “Oke, kali ini Mom minta maaf ya, Ky. Ternyata makanannya enak.” Hwahahahaha!

Makan di situ semalam malah jadi ajang mainan buat bonyok saya, soalnya bonyok saya keasyikan megang-megang semua barang-barang yang dipajang di restoran. (Untung deh kita dateng pas lagi nggak banyak yang makan di situ.) Ada kaleng biscuit Khong Guan sampek termos air panas yang suka dibawa eyang-eyang. Kata bokap saya, dulu kalau Lebaran mesti suguhan buat tamunya berupa biskuit Khong Guan. Nyokap saya ketawa lihat di rak dipajangin susu Klim, soalnya waktu kecil nyokap saya minum susunya susu Klim, dan sekarang kayaknya susa nemu merk gituan di hypermarket. Pada pintu jendela kacanya ditempel-tempelin kertas koran. Heran saya, kenapa sih orang jaman dulu seneng banget nempelin kaca jendelanya pakai kertas-kertas koran? Kan nggak ada bagus-bagusnya sama sekali?

Sambil ngomongin pernik-pernik interior jadul di situ, bonyok saya cerita soal kisah-kisah mereka pas masih kecil dulu, gimana Grandma-grandma saya suka naruh nasi plus lauk-pauk dalam rantang dari seng plus serbetnya yang kotak-kotak. Kok ya lucu amat rantang seng yang mirip punya Grandma saya ya dipajang di restoran itu, hahaha.. Setelah berlama-lama duduk di situ, lama-lama nyokap saya ngajak pulang aja. Bukan karena nggak betah, tapi karena semua pernak-pernik di situ ngingetin bonyok saya akan jaman Orde Lama dulu yang susah, ketika mereka dan sodara-sodara mereka semua dipaksa hidup prihatin..

Oh ya, restoran yang saya datengin di Jalan Riau, Bandung, ini, udah ada jaringannya juga di kawasan Sukajadi. Selain itu buka juga di Jakarta, Depok, dan Bogor. Selain jualan masakan Cina jadul, mereka juga ngejagoin martabak telor, asem-asem manis plus bistik Jawa. Tips pribadi dari saya, jangan bawa mbah-mbahmu makan ke sini, bisa-bisa nanti mereka ngomel kenapa pas jaman sudah maju begini, kita malah ngajak makan ke tempat yang cat bangkunya sudah bulak.. :-p