Wednesday, August 11, 2010

Kerajinan Kamu, Jeng..


Terlambat itu nggak baek, tapi terlalu rajin juga nggak baek. Saya inget waktu saya kerja di sebuah rumah sakit beberapa tahun lalu. Ceritanya saya dititah buat jagain unit gawat darurat, dan jam kerja saya dari jam dua siang sampek jam tujuh pagi besoknya. Semua orang yang nggak sekolah juga pasti tahu kalau pada jam kerja itu pasti semua pasien pasti dalam tanggung jawab saya. Artinya kalau mereka sampek kolaps, sayalah yang pertama kali mesti turun tangan. Makanya saya sebisa mungkin selalu dateng pas jam dua siang dan minggat pas jam tujuh pagi.

Kenapa saya bilang PAS? Soalnya kalau saya telat, UGD-nya kosong nggak ada dokternya, lalu tahu-tahu ada pasien dateng, maka nanti nggak ada yang nolongin dia. Anggap aja saya dateng jam 2.10 siang, ternyata ada pasien dateng jam 2.03 lantaran serangan jantung, lalu tahu-tahu jam 2.06 dia meninggal, berarti saya yang dosa, kan? Hah..males ah jadi kerak neraka..

Yang nyebelin adalah fakta bahwa nggak semua dokter itu rajin. Saya punya kolega yang jam dinasnya mulai jam tujuh pagi, tapi dia sendiri baru lenggang kangkung masuk dinas jam delapan kurang. Siyal banget saya kalau dapet giliran jaga sebelum dia. Suatu ketika giliran saya beres jam tujuh pas, dan kolega saya itu belum dateng. Saya udah kebelet kepingin pulang, coz saya capek dan tanggung jawab saya udah selesai. Pas saya udah mau angkat tas keluar gedung, tahu-tahu ada angkot nungging di depan unit gawat darurat bawa pasien baru ketabrak mobil. Batin saya ngamuk, "Edaan..gw mau pulang dan si Lelet belum dateng, di UGD nggak ada dokternya!"

Akibatnya saya nggak jadi pulang. Lha gimana pasiennya berdarah-darah gitu, mosok mau saya pura-pura nggak ngeliat dan ngacir via pintu belakang? Ntie kalau pas saya perjalanan pulang, tahu-tahu gempa dan saya meninggal, gimana? Pas ke akhirat ntie saya ditilang malaikat di jalan dan dia nanya, "He, kamu liat orang baru tabrakan tapi kok malah ngabur pura-pura nggak liat?"
Mosok saya mau jawab, "Ngg..kan jam dinas saya udah selesey.." *dipentung*

Atas dasar itulah saya bertekad nggak mau nyusahin kolega-kolega yang giliran jaga sebelum saya. Kalau disuruh jam dinasnya jam tujuh ya saya dateng jam tujuh. Norak memang saya, nggak mau ikut-ikutan ngaret. Padahal jam segitu tuh, satpamnya juga masih apel, kantornya belum dibuka, hehehe..

Saya agak sibuk akhir-akhir ini, coz saya mulai ditugasin di rumah sakit yang lain lagi. Kemaren hari pertama kerja saya di situ, saya jaga dan dianter keliling-keliling buat orientasi. Saya nanya segala macem: prosedur kerja, penyimpanan obat, hubungan antar dokter dan perawat, dan lain-lain. Tapi saya lupa nanya sesuatu yang fatal, saya mesti masuk jam berapa??

Hari ini hari kedua saya kerja di sini. Jam dinasnya jam tujuh pagi. Maka dateng dong saya jam tujuh teng, hehehe.. Pas saya masuk ruang kamar dokter, lho..kok pintunya nggak bisa dibuka? Ternyata eh ternyata, dokter yang jaga dari semalem masih ada di situ.. :p

Kayaknya dia merasa diusir deh, jadi dia check out buru-buru. Keliatan dari kamar yang masih agak nggak karuan, mungkin belum sempat dia rapiin. Saya cuman senyum-senyum ke dia, lalu saya masuk kamar sedangkan dia pergi. Yes, I'm on duty now.

Eeh..jam 7.30, tahu-tahu ada yang ngetok. Ternyata cleaning service-nya rumah sakit, mau bersihin kamarnya dokter! Mereka ngeliatin saya dengan bingung, kayaknya selama ini nggak ada deh dokter yang jaga pagi udah dateng jam segitu. Nih dokter anyar kok rajin bener yak??

Jadi yah, kalau di rumah sakit tuh, jam tujuh-delapan adalah jam yang rawan coz pergantian shift kerja.
Dokternya suka nggak ada, coz mereka juga bingung kalau mereka dateng jam segitu ruangannya belum dipel. Tapi kalau mereka sudah ada, nanti mereka sungkan sama cleaning service coz ruangannya masih basah baru dipel kok udah diinjek-injek..:-P