Thursday, April 7, 2011

Apa yang Salah dengan Briptu Norman?

Semakin marak orang nyanyi-nyanyi lip sync di depan kamera dan hasilnya dioper ke YouTube. Setelah Sinta Jojo, sekarang ngetrend Briptu Norman, polisi Gorontalo (tidak, Udin dari Lombok! Kamu tidak termasuk lipsync!). Saya nonton videonya di Facebook seorang kolega tiga hari lalu. Video berdurasi nggak sampek 10 menit itu sukses bikin saya ketawa terbahak-bahak di tengahnya siang bolong.

Kemaren, saya dapet berita bahwa Briptu Norman Kamaru dihukum gara-gara ulahnya itu. Dos-q dihukum disuruh nyanyi sembari joget di hadapan satuannya. Alhasil polisi-polisi sepasukan itu ngakak berat dan applaus meriah.

Sementara itu, di Facebook beredar gerakan Satu Juta Mendukung Briptu Norman Kamaru agar Norman bebas dari hukuman. Pasalnya, ada gejala-gejala Norman dihukum karena dinilai nggak etis sebagai polisi mletot-mletot bibir di depan kamera niruin lagu India dan nguploadnya ke YouTube. Gerakan Satu Juta ini mengklaim bahwa ini adalah gerakan solidaritas terhadap anak bangsa yang punya kreativitas macam Briptu Norman asal Gorontalo.

Gimana yah? Menurut saya, tindakan menghukum Briptu Norman yang lipsync di You Tube itu cukup lebay. Memangnya apa salahnya sih dia joget-joget India sambil lipsync? Kesiyan bener para polisi ini, nggak boleh joget-joget di YouTube. Bahkan presiden aja boleh main gitar sembari nyanyiin lagu ciptaannya sendiri, kenapa polisi yang pangkatnya baru Briptu nggak boleh cuman sekedar joget-joget? Mudah-mudahan bukan karena lagu yang di-lipsync-nya lagu India. Saya punya ide, gimana kalau Pak Polisi ini lipsync pakai lagu campursari, apakah bakalan dihukum juga?

Saya berharap polisi Indonesia memprioritaskan waktunya lebih banyak untuk ngurusin penegakan hukum di Indonesia ketimbang mikirin caranya menghukum polisi yang senang joget-joget. Itu coba geng motor yang suka kebut-kebutan tengah malam di jalan sekitar rumah sakit Dr Soetomo tolong ditangkepi satu-satu, mereka tuh bikin anak-anak kost kayak saya ini nggak bisa tidur. Kolega saya yang cumak naik motor nyaris jadi korban perampokan di parkiran Delta Plaza dua minggu lalu, ke mana aja polisinya kok bisa nggak tahu kalau parkiran di sana rawan rampok? Coba sistem Teknologi Informasinya dipakai buat nangkepin orang-orang yang suka ngirimin spam iklan dalam bentuk SMS, bukan cuman dipakai buat mantengin YouTube ngeliatin berapa juta orang yang udah mengunduh videonya Norman. Dan demi Tuhan, itu orang yang suka ngebom-ngebom gereja dan kedutaan asing, sudah ditangkep apa belum?