Friday, June 11, 2010

Fufufu..Dia Kan Masih Muda..?

Saya orangnya awetan. Gaun yang saya pakai tiga tahun yang lalu, masih muat di pinggul saya. Daster yang saya pakai 13 tahun lalu, masih cukup di bodi saya, tanpa harus bikin ventilasi alias sobek-sobek. Radio yang ada di ruang tivi saya juga masih nyala. Saya lupa umurnya berapa, tapi yang jelas saya inget bahwa dengan radio itu dulu saya ikutan nyanyi waktu On Bended Knee-nya Boyz II Men jadi jawara di Rick Dees Weekly Top 40. Anak a-be-geh sekarang kalau ditanyain Boyz II Men, mereka malah bengong. Bleh.

Oleh sebab itu, saya sama sekali nggak ngerti kenapa laptop saya harus meninggal.

Oke, saya lebay. Orang-orang tukang servis itu memang tidak menyebutnya meninggal. Tapi buat saya ya sama aja.

Jadi, seperti yang saya ceritakan di sini empat hari lalu, laptop saya rusak dan saya bawa ke tukang servis yang cukup profesional di kota. Tadi pagi, saya telfon tuh perusahaan servis. Seseorang di sana memberitahu saya, menurut mereka main board (atau mother-board?) dari laptop saya mesti diganti. Mereka sedang berupaya mencari harga main board yang sesuai untuk laptop saya, tapi mereka belum berhasil. Perkiraan biaya sekitar Rp 4 juta.

Mendengarnya saya serasa disamber geledek. What?! Kalau sampek segitu berarti laptop saya rusak berat dong? Orang servisnya menjelaskan saya kurang lebih begitu, tapi saya begitu terguncang. Saya sama sekali nggak ngerti kenapa laptop saya bisa sampek serusak itu. Perasaan saya makainya juga baik-baik aja kok. Lalu orang servisnya bilang sama saya, tuh laptop udah dicolokin pakai adaptor paling canggih pun tetap nggak mau nyala. Soal penyebab kerusakan itu macem-macem. Bisa karena umur laptop saya yang sudah lama, bisa juga karena tegangan listrik yang turun-naik..

Rasanya saya mau nangis darah. Umur laptop saya udah lama apaan? Saya kan dibeliin laptop itu juga baru lima tahun lalu, kok sudah rusak lagi sih..?

Akhirnya saya lapor ke my hunk. Bilang bahwa orang servis telah memvonis laptop saya mengalami kerusakan di main board. Saya bukan orang yang mahir dalam urusan perkomputeran, tapi saya nggak bego-bego amat buat mengetahui bahwa jika main board dari suatu kompie itu rusak, itu sama aja dengan orang mengalami kerusakan otak sehingga seluruh badannya kena stroke. Lumpuh!

My hunk menghibur saya. Katanya, saya bisa aja turutin solusinya orang servis dengan pasang main board anyar dengan harga Rp 4 juta, tapi itu tidak akan menjamin bahwa suatu saat nanti laptop saya bisa bebas dari masalah lagi. Mendingan saya minta orang tukang servisnya buat nyopot hard disk saya, supaya data-data di dalamnya bisa dipindahin ke laptop yang baru.

Laptop yang baru? Saya mengerutkan kening. Memangnya laptop yang lama nggak bisa dipakai?

Kata my hunk, memang sudah waktunya laptop saya itu diganti. Huwaa..saya mau nangis! Dia kan masih muda.. Umurnya baru lima tahun! Kalau manusia tuh, umur lima tahun dia baru bisa lari-lari, ngumpetin remote control, morotin kamu buat minta dibeliin permen, balon, play-station.. My hunk ketawa terbahak-bahak. Kata dia, laptop umur lima tahun itu sudah seperti kakek-kakek mesti pakai kacamata, jalannya mesti pakai tongkat..pokoknya sudah lanjut usia banget deh.

Malah dia bilang, orang-orang IT kayak my hunk itu, setelah tiga tahun mereka selalu ganti laptop, atau kalau enggak ya laptopnya di-upgrade.

Saya langsung nyap-nyap. Saya bilang, kaum dia itu sungguh boros, mosok barang baru umur tiga tahun aja harus diganti. Mbok kayak saya gitu lho, saya dokter dan nggak pernah ganti-ganti stetoskop. Saya dapet stetoskop sebagai hadiah saya masuk sekolah kedokteran waktu umur saya 18 tahun. Sekarang umur saya 28 tahun, dan tuh stetoskop masih saya pakai dan nggak pernah saya ganti!

Baru beberapa saat kemudian pacar saya itu mbales, dokter tuh kalau pakai jarum suntik, sekali pakai langsung buang. Tapi stylus buat computer tablet bisa dipakai berkali-kali.. :-p

Dooh..kenapa sih laptop tuh nggak tahan lama? Apa nggak bisa ya saya pakai laptop ini sampek 15-25 tahun gitu? Saya udah cinta banget sama laptop ini. Nih laptop bersejarah banget, jadi sahabat saya buat ngerjain tugas kuliah, bikin surat lamaran kerja, sampek ngeblog dan ngetik surat cinta. Saya kepingin tetep pakai laptop ini sampek saya ubanan, meskipun kacamata saya sudah nambah jadi plus, dan saya harus duduk di kursi yang empuk lantaran saya kena osteoporosis..

Jadi, Sodara-sodara, berapa lama Anda tahan pakai kompie Anda? Kapan Anda merasa mesti beli compie baru, apakah harus nunggu rusak atau kalau Anda merasa kompie Anda sudah ketinggalan jaman? Dan berapa lama waktu yang Anda sebut ketinggalan jaman itu?

Ini saya ngeblog pakai laptop adek saya. Saya kangen laptop saya yang nampaknya sudah rest in peace itu. Saya harus menyiapkan upacara penguburan yang sesuai. Pesan makam yang rindang, membeli peti mati dari kayu mahogany. Dan saya perlu waktu untuk berkabung sejenak, untuk menangisi laptop saya yang sudah tiada. Ya Tuhan, dia baru berumur lima tahun, kenapa sudah harus wafat? Dia kan masih muda..? *sesunggukan*