Tuesday, July 6, 2010

Gagap Persalonan

Berurusan sama salon jelas nggak jauh-jauh dari perkara fanatisme. Soalnya urusannya sudah sama kepercayaan dibumbuin mitos. Dan saya harus ngaku bahwa perkara salon kadang-kadang bikin saya puyeng sendiri.

Kemaren saya potong rambut. Saya punya jadwal yang saya patuhin, bahwa beberapa bulan sekali saya mesti merapikan ujung-ujung rambut saya yang kering-kering.

Nah, salah satu langganan saya adalah salonnya Pak Joni di sebuah mal di pusat kota. Saya suka tempat itu coz pergi ke sana seperti one-stop-shopping; sehabis potong rambut saya bisa jajan di kedai roti punyanya Pak Joni juga (Pak Joni ini usahanya banyak lho, selain punya salon, dia juga punya toko roti dan toko donat). Kadang-kadang saya suka bingung, sebenarnya saya ini mau potong rambut atau beli roti. Tapi kapan-kapan aja kita ngomongin ini, saya mau ngomongin salon dulu.

Saya punya kepercayaan aneh bahwa cewek lebih pinter motong rambut ketimbang cowok. Soalnya, motong rambut butuh ketelitian, dan dalam perkara ketelitian itu sel-sel otak cewek bekerja lebih keras ketimbang sel-sel otak cowok. Maaf ya, saya bukan seksis, teori ini toh saya baca dari buku-buku kuliah saya. Maka implementasinya, saya lebih percaya kalau cewek yang motong rambut saya ketimbang cowok. Bahkan saya nggak percaya kalau kapsternya banci. Coz menurut buku kuliah saya, banci itu cuman jiwanya doang yang kecewek-cewekan, tapi tetep aja otaknya adalah sel otak cowok.

Nah, maka saya biasa potong rambut di salonnya Pak Joni ini coz mereka punya kapster cewek buat motong rambut. Siyalnya pas saya dateng ke situ kemaren, ternyata kapster yang cewek lagi nggak masuk.

Jadi terpaksa deh saya mau rambut saya dipotong kapster yang cowok. Pas dia nyampirin kain di badan saya, feeling saya nggak enak. Nih orang bau asbak! Haiyaa..saya benci banget sama bau rokok.

Ya udah, mungkin saya perlu rada toleran dikit. Mosok saya batal potong rambut cuman gara-gara saya nggak mufakat sama bau badan kapsternya? Itu nggak adil. Kan ada pepatah, "Don't judge a book by its smell."

Asaall.. Yang ada juga, don't judge a person by its odor.

Nah, belum apa-apa, si kapster udah kasih informed consent, "Rambutnya dibiarkan panjang ya. Belakangnya saya bentuk, jadi nanti ada bentuknya bla-bla-bla.." Dia mulai ngoceh tentang gimana dia mau bikin rambut saya kayak apa.
Saya mengerutkan kening. Batin saya, "Kok lu nggak tanya sih gw mau rambut gw dibikin model apa, tapi lu malah nyodorin ide lu sendiri?"

Saya sih nggak keberatan sama idenya si kapster, coz saya cocok-cocok aja sama ide dia (saya nggak sebut itu saran lho), tapi saya nggak suka kalau nggak ditanyai apa yang saya inginkan atas rambut saya sendiri. Jadi saya catet dalam hati:
1. Kapster yang ini bukan cewek.
2. Kapster yang ini bau asbak.
3. Kapster yang ini nggak nanyain pendapat klien.

Oh ya, satu lagi yang nggak saya suka dari seorang kapster salon adalah kalau dia sok tahu alias sotoy.
"Sering rebonding ya?" tanyanya.
"Nggak pernah," jawab saya. Serius, rambut saya masih perawan. Nggak pernah dikeriting, dilurusin, apalagi dicat.
"Rambutnya kering nih."
Yak, kalo di sepakbola ini namanya kartu merah. Jangan pakai kapster ini lagi deh.

Orang tuh dateng ke salon buat dimanja, bukan buat dikritik. Jadi saya males banget denger kapster ngoceh, "Rambut Anda kering/gampang rontok/mencuat/membulat/bla-bla-bla.." betapapun itu benar. Kecuali kalau ditanya lho, baru kapster boleh kasih pendapat. Saya bahkan jadi dokter nggak pernah mengkritik pasien itu panuan, biarpun pas saya periksa parunya ternyata di punggungnya banyak bruntus-bruntus. Lha dia dateng kan buat ngeluh sesak napas, bukan ngeluh gatel-gatel. Sama kayak klien dateng ke salon buat potong rambut, bukan buat nanya kenapa rambutnya kering.

Saya tahu maksudnya kapster itu baek sih. Tapi saya nggak seneng orang cerewet-yang-nggak-dibutuhin.. (belagak lupa saya habis mbawelin pacar saya gara-gara dia telat makan siang)

Oh iya, saya juga sebel. Jadi di pintu depan tuh tulisnya gunting Rp 21.000, blow Rp 21.000. Pas saya terima bonnya, ternyata saya di-charge gunting Rp 21.000, blow panjang Rp 27.000. Rambut saya panjang, jadi mereka nge-charge saya lebih. Padahal di iklan depannya nggak ada tuh tulisan blow rambut panjang Rp 27.000, yang ada ya blow Rp 21.000. Haiyaa..Pak Joni nggak jujur!

Memang praktek akal-akalan gini udah biasa. Bulan lalu saya creambath di Setiabudi dan di depan tuh ditulisnya creambath-nya Rp X, udah termasuk cuci dan blow. Tapi pas saya bayar di kasir, ternyata mereka nge-charge saya ekstra Rp 5.000. Soalnya di bonnya ditulis bahwa kapsternya nge-blow saya pakai "blow variasi". Padahal saya udah bilang sama si neng itu blow biasa aja asal kering. Lagian rambut saya pasca di-blow juga sama-sama aja tuh, nggak jadi ekstra lurus atau ekstra mbulet. Apanya yang variasi?

Eh, ada yang bisa kasih tahu saya bedanya blow standar dan blow variasi? *maap, gagap persalonan*

Gambarnya ngambil dari sini