Thursday, July 8, 2010

Saya Menantang Anda!

Tantangan hari ini: Tutuplah mata Anda, sebutkan 10 lagu anak-anak berbahasa Indonesia, dan jangan ambil nafas. Bisa?

Saya iseng nyobain ini, lalu mulai nyebut setiap lagu anak-anak yang pernah saya nyanyiin. Satu-satu Aku Sayang Ibu. Pelangi Pelangi. Balonku Ada Lima. Ajaib, saya berhenti setelah nyebut tiga biji, lalu saya terdiam. Mengingat-ingat. Ternyata saya mulai ngaco. Garuda Pancasila? Berkibarlah Benderaku? Itu bukan lagu anak-anak, itu lagu wajib.

Pasti gara-gara waktu sekolah dulu, saya terlalu sering disuruh nyanyi buat upacara bendera.

Apa sih yang salah? Padahal saya ini sekolah TK-nya lama lho, coz saya udah masuk TK waktu umur 3,5 tahun dan baru keluar setelah 6 tahun. 2,5 tahun di TK ternyata nggak bikin saya fasih nyanyi lagu anak-anak.

Kata kakak saya, waktu balita saya suka nyanyi "I Just Called to Say I Love You"-nya Stevie Wonder. Tapi kata bokap, saya senengnya nyanyi theme song-nya "The Sound of Music". Nyokap sayalah yang ngajarin saya "Cicak-cicak di Dinding", dan berusaha ngajarin saya tetap jadi anak-anak, jangan dewasa sebelum waktunya cuman gara-gara saya seneng lagu buat "orang besar".

Jadi waktu saya denger kemaren bahwa Abdullah Totong Mahmud a.k AT Mahmud meninggal, saya agak terhenyak. Apakah saya mesti berduka? Saya nggak hafal lagu anak-anak 10 biji aja, apalagi saya nggak tahu mana lagu anak ciptaan AT Mahmud, mana ciptaan Ibu Soed, mana ciptaan entah siapa. Kalau ada tantangan sebutkan 10 lagu ciptaan seseorang dalam satu tarikan nafas, saya lebih hafal lagu-lagu ciptaan Yovie Widianto, Ahmad Dhani, bahkan lebih hafal lagi ciptaan David Foster atau Babyface.

Cuman satu lagu anak-anak yang paling sering saya nyanyiin. Biasanya saya nyanyiin kalau saya terperangkap di jalan raya, nggak bisa gerak, tapi jalur sebelah kanan saya lengang dan sayup-sayup terdengar suara sirene khas pengawal pejabat kampungan. "Macet lagi, macet lagi.. Gara-gara si Komo lewaat.."

Eh, itu lagu anak-anak juga kan? Tapi bukan ciptaan AT Mahmud, itu ciptaan Kak Seto.

Apakah Anda lebih baik dari saya? Saya menantang Anda. Kalau Anda disuruh nyebut 10 lagu anak-anak dalam satu tarikan nafas, lagu apa aja yang bisa Anda sebutin?

Tolong, tolong jangan jawab, "Mau dibawa ke manaa.. hubungan kitaa..?"

Gambarnya ngambil dari sini