Sunday, March 22, 2009

Menerawang Blog Socialite


Biarpun bonyok gw udah setengah mati ngegedein gw supaya jadi orang intelek lengkap dengan doktrin-doktrin inteleknya, waktu kecil gw tetap punya hobi yang nggak bisa dibilang bonafid apalagi intelek: koleksi gambar seleb.

Gambarnya biasa gw jarah dari majalah. Semua seleb gw punya gambarnya, baik itu seleb beken maupun yang masih skuter (alias Seleb KUrang TERkenal). Biasanya gw nggak ambil gambar yang bagus; gw sengaja cari gambar seleb pas lagi nggak jaim, misalnya pas orangnya difoto paparazzi lagi gendong bayi, atau orangnya lagi melet, atau pas lagi mabok sambil megang kopi. Pokoknya pose-pose yang nggak banget deh. Tujuan gw satu, ngebuktiin bahwa seleb juga manusia, yang kadang-kadang bisa nampak nggak ada apa-apanya.

Kayak contohnya gambar seleb yang gw comot dari Cosmo di atas. Gw seneng gambar ini coz gambarnya alamiah, catchy, tapi nggak pantes masuk portofolio manapun. Kalo Anda mau di-casting, apa Anda mau mamerin foto di mana Anda habis dicium perempuan di mana-mana?

Sekarang gw ngga koleksi gambar seleb lagi. Hobi gw pun berkembang: koleksi link blog seleb.

Biarpun blog pribadi milik seleb terbilang banyak, tapi jumlahnya masih dikit. (Lho, gimana sih Vic, kok paradoks?) Ya coba dipikir, dengan jadwal seharian yang penuh pemotretan, interview, show sampai syuting kejar tayang, berapa sih yang sanggup nulis blognya? Malah gw kadang-kadang curiga seleb-seleb ini bloon, nggak tau caranya nge-blog. Lha logika gw, kalo orang punya mental lebih baik nulis di internet ketimbang curhat sama reporter infotainment, dia bakalan cari sekolah buat ngembangin otaknya daripada kerja jadi artis yang cuman jual tampang doang. Gw ngga bilang artis-artis itu bego ya, tapi gw harus bilang artis yang pinter di negeri kita cuman dikit. Makanya susah nemuin blognya seleb. Akhirnya demi kelangsungan hobi gw, gw terpaksa melebarkan lingkup definisi seleb gw. Nggak cuma artis yang gw buru blognya, tapi juga pengusaha, novelis, dan bahkan politikus. Pendek kata, socialite deh. Ah, istilah gw ketinggian. Apa ya bahasa awamnya? Oh ya: tokoh masyarakat.

Jadi gw mulai nemu beberapa blognya seleb, dan gw buntutin feed-nya di daftar following gw. Dasar namanya juga seleb, postingannya males-males. Blog jarang di-update, kayaknya masih lebih sering gw ng-update blog gw deh. Tapi baca blognya seleb kayak liat sisi lain yang nggak pernah kita tau dari mereka. Mereka nggak selalu glamour. Ada yang ndhesit coz nggak tau caranya make Blackberry. Ada yang norak coz baru nemuin temen SD-nya di Facebook. Ada yang risau lantaran mau disidang. Gw kalo baca tulisan mereka, suka lupa kalo mereka itu seleb. Abis baca tulisannya, kok kayak baca tulisan orang biasa ya?

Yang menarik, kemaren gw nemu blog milik seorang model. Namanya..sebut aja Lestar. Terus terang aja, gw pernah nyepelein seleb yang satu ini, coz dia pernah pose bugil buat Playboy keluaran Eropa. Waktu itu gw mikir, cuman perek nggak punya otak yang sudi mamerin toketnya untuk konsumsi publik. Tapi baca tulisan blognya tentang pengalamannya di-Cesar, gw seolah nemu image-nya sebagai ibu yang cerdas. Tulisannya terlalu jujur dan nggak dibikin-bikin. Kita para blogger kan udah fasih bedain mana tulisan yang nampak apa adanya dan mana yang cuman jaim palsu doang. Perek bloon nggak mungkin bisa bikin tulisan kayak gitu! Tapi blognya Lestar terpaksa gw acungin jempol. Sayang nih blog si Lestar udah 1,5 tahun nggak update lagi. Mungkin dia kewalahan ngurusin bayinya.

Anyway, gw yakin masih banyak seleb yang punya blog dan belum terjaring di daftar koleksi gw. Gw masih berburu lagi. Gw nulis ini bukan mau bilang bahwa seleb yang nge-blog itu otomatis pinter. Tapi gw mau berbagi perasaan gw, betapa senangnya gw bisa tau sisi lain dari orang lain yang cuman kita pahamin sekilas aja. Karena itu menolong kita mengenal orang itu lebih baik. Dan pada akhirnya, mengilhami diri kita sendiri untuk jadi orang yang lebih baik lagi. Melalui blog, seleb yang selalu nampak keren, bisa juga keliatan dungunya. Tapi itu bukan masalah, coz manusia memang gitu, nggak ada yang jelek melulu, tapi nggak ada juga yang ciamik terus-menerus. Kitalah yang mestinya belajar membedakan seseorang, baik itu saat dia jadi selebriti (baca: pekerja profesional) maupun saat dia jadi dirinya sendiri. Seperti minjam istilahnya Candil.. seleb juga manusia.