Monday, October 19, 2009

Etno Kontemporer Keren!

Setelah sekian lama nggak pernah liat festival seni kontemporer semenjak Pekan Raya Seni ITB yang rasanya terakhir kali diadakan udah berabad-abad lalu, akhirnya gw nonton festival lagi! Kemaren seharian gw kelayapan di Mal Paris van Java, Bandung, coz di sana lagi digelar Festival Bambu Nusantara. Merasa mencium bau-bau keramaian artistik yang jadi favorit gw, akhirnya gw cabut ke sana dan nyaris nggak mau pulang.

Festival dibuka dengan show angklung selama sekitar setengah jam di lapangan tengah mal yang dimainin oleh anak-anak SMP 2 Bandung. Atau mungkin ini bukan show angklung kali ya, lebih tepat disebutnya show orang nyanyi diiringin angklung. Soalnya angklungnya nggak mainin melodi utama, coz melodi udah diambil alih oleh vokalis yang nyanyi lagu daerah. Alhasil, angklungnya cuman jadi latar doang deh.

Sekitar 80-an mahasiswa UPI menguasai lapangan di depan show angklung itu sambil nari-nari nggak jelas. Liat nih kostumnya, nggak ada yang bener ya, hahaha.. Mereka kayaknya dari semacam klub performance art gitu yang kegiatannya adalah menarik perhatian orang dengan dandanan aneh dan kelakuan nyeleneh. Cuman sayang nggak tersirat pesan yang disampaikan, maksudnya apa ya, mau nyindir atau cuman sekedar jadi karnaval doang. Menurut leaflet yang mereka bagi-bagiin (ya, remaja-remaja gila ini punya leaflet), mereka nyebut klub mereka Garniati, singkatan dari GARing MaNIA sampai MaTI..

Selesai show mereka, gw pun pindah ke sebuah show grup musik karawitan asal Bogor yang namanya Ronteng, singkatannya dari SaRON ditenTENG, hahaha.. (Saron adalah sebuah alat musik yang kalo dipukul bisa nimbulin bunyi-bunyi melodi gitu. Kalo di marching band mungkin namanya marching bell kali ya.) Mereka mainin lagu-lagu Sunda dengan kostum dan alat musik khas Sunda. Tapi yang menarik di sini, mereka nggak mainin musik Sunda yang murni cuman pake set gamelan doang, tapi juga seger coz dilatarin pake instrumen canggih macam drum, bass, keyboard, dan gitar. Jadinya nggak monoton kayak Sunda klasik umumnya gitu.

Selesai dari ngeliatin show musik Sunda, gw turun ke plaza di halaman depan mal. Kali ini yang main adalah band Seratus Persen asal Bali (ini Bali bukan ya? Lha soalnya kostumnya Bali sih) yang mainin musik irama Bali gitu. Sama nih, instrumennya gaya Bali lengkap dengan instrument mereka yang diukir-ukir emas gitu, tapi juga ada hiasan drum dan trompetnya segala. Hiyaa..ini musik gamelan campur ska! Dan seolah-olah kurang lengkap campursarinya, pake dihiasin DJ segala lengkap dengan turntable-nya. Mau nangis darah..I love it! Dan drummernya ganteng.. *slurrpp..*

Nah, show Seratus Persen ini dimasukin juga dua rapper yang konon namanya Ebith Beat A (bener nggak sih nih ngejanya?) yang langsung disorakin penonton. Gw langsung menyadari betapa noraknya gw, coz gw jujur aja, berkat selera gw yang jadul, gw nggak tau Ebith Beat A itu band apaan, hahaha.. Rapper yang satu ini (eh, dua ya? Kan yang nyanyi ada dua) ternyata keren banget dan sukses bikin gw ikutan gedeg-gedeg di tempat gw duduk, biarpun cuman nyanyi dua lagu.

Malamnya, anak-anak angklung SMP 2 manggung lagi di plaza. Kali ini mereka main kolosal bareng-bareng angklung dari sekolah-sekolah lain, antara lain SMA Taruna Bakti dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Penampil berikutnya band gamelan lagi yang dicampur pake biola, dengan penari-penarinya anak-anak Garniati tadi yang kostumnya kayak karnaval itu. Truz, di tengah-tengahnya main, tau-tau ada sinden Sunda gitu sambil nyanyi-nyanyi sembari jaipongan dengan gaya hot gitu. (Lah, jaipongan mana sih yang nggak hot?) Keren sekali. Tarik, Maaang!

Lalu, panggung istirahat, dan keramaian pindah ke lapangan tengah mal. Kali ini yang tampil adalah grup angklung dari UPI. Sebenarnya mereka mainnya lima lagu, dan gw hampir nggak kenal lagunya satu pun coz itu lagu Sunda, kecuali pas mereka mainin lagu pop yang suka ada di tivi. Tapi ya shownya tetep hidup tuh, mungkin coz yang dimaininnya lagu-lagu Sunda yang nge-beat, jadinya suasana makin angot.

Sebenarnya malam ini ditutup band Balawan asal Bali yang main jazz, tapi tempat gw nggak strategis buat berdiri. Akhirnya gw cuman duduk di kafe depan pentasnya aja dan kudu puas dengan dengerin permainannya yang keren itu dari pengeras suara doang. Pulang dari mal, badan gw mau remuk saking pegelnya. Giling..rebutan tempat buat berdiri sambil motret panggung dan jinjit-jinjit!

Festival yang diadain tiap tahun ini sebenarnya diadain sejak Sabtu lalu. Dari festival ini semua orang bisa belajar bahwa musik etnik Indonesia itu beragam banget, dan musik etnik itu nggak akan nampak kuno seandainya aja pelakunya mau menyesuaikan diri dengan perkembangan musik modern jaman sekarang. Syukur deh acara kemaren berjalan tertib banget, penontonnya juga pada bonafid semua, nggak ada penonton yang ugal-ugalan dan ngacau. Owh..kapan ya ada show seni etno kontemporer kayak gini lagi..?