Thursday, October 8, 2009

Serakah bin Pikun


Hal terakhir yang ingin gw lakukan hari ini adalah beresin lemari buku gw. Sebenarnya gw empet banget sama lemari gw coz lemari gw itu udah kepenuhan. Keinginan gw buat punya lemari buku yang rapi a la Martha Stewart tidak tercapai coz bukunya terlalu banyak, sedangkan lemarinya kekecilan. Padahal kalo ditilik-tilik buku di lemari gw hanya tiga macam: buku teks kedokteran, buku belajar bahasa linggis, dan novel-novel yang udah gw koleksi semenjak umur gw sembilan tahun. Dan nggak mungkin gw loakin, coz gw masih baca semuanya.

Well, tidak semuanya sih. Seperti mantan-mantan mahasiswa lainnya yang udah jadi sarjana, gw jelas nggak pernah baca buku-buku teks kedokteran gw sampai tamat. Gw beli itu waktu kuliah dulu hanya untuk jadi obat penenang. Coz dulu gw suka panik kalo liat temen-temen gw beli buku teks sedangkan gw enggak. (Anda juga kan? Iya kan? Bilang iya dong..)

Sebenarnya kalo isinya cuma buku sih mending. Pasalnya selain buku, tuh lemari penuh sama stensil fotokopian bekas kuliah jaman dulu. Tau sendiri jaman kita masih jadi mahasiswa kan kerjaan kita cuman motokopi catetan teman atau motokopi buku teks. Karena gw sekolah enam tahun, bisa dibayangin kayak apa akumulasi fotokopian enam tahun di lemari gw. Itu nggak layak lagi disebut lemari buku, lebih pantes disebut gudang fotokopian!

Tapi gw terpaksa beresin gudang gw hari ini. Coz sekarang gw lagi belajar dan gw kepepet nyari soal-soal jaman kuliah dulu buat bahan evaluasi. Dooh..tuh soal-soal pasti ada di dalam gudang itu, tapi gw nggak tau ada di kantong plastik yang mana..

Nah, pas gw lagi beres-beres lemari gudang itu, gw nemu sebuah dompet koin. Hey..ini kan dompet gw jaman dulu? Pas gw buka isinya, ya ampun..ternyata ada duitnya! 50 ribu perak!

Waduh, gw udah lama nggak liat pecahan 50 ribu yang gambar WR Supratman ini. Masih bisa dipake belanja ke pasar nggak, ya? Kok bisa-bisanya sih gw lupa kalo gw nyimpen duit di tempat serahasia ini?

Emang gw pernah sih nyimpen duit di dompet itu, mungkin sekitar tiga tahun lalu. Yang gw inget tuh duit mau gw pake untuk belanja sesuatu, tapi gw lupa buat apa. Pasti untuk keperluan rahasia sekali sampai-sampai gw nyelipin di tempat cemen kayak gitu. Siyalnya kayaknya keperluannya dibatalkan, lalu gw nggak inget kalo gw udah nyiapin duit buat itu di tempat rahasia, hahahah..

Jadi inget nih, tante gw beberapa tahun lalu pernah berinisiatif beres-beres gudang di rumahnya. Gudang itu penuh buku-buku yang udah kuno banget, kertasnya menguning dimakan usia dan tumpukannya udah jadi sarang laba-laba. Nah, ketimbang di rumah beternak laba-laba yang sama sekali nggak investatif, kan mendingan buku-buku tua itu diloakin.

Jadi suatu ketika buku-buku itu udah diiket tali rafia dan dijejer rapi di teras rumah, siap diadopsi tukang loak. Pas tante gw lagi siap nunggu tukang loaknya dateng, tiba-tiba suaminya mengerutkan kening dan berkata, "Darling, I believe I've ever saved an amount of money inside one of those books."

Tante gw menatap suaminya tanpa berkedip. "When did you keep that?"

Om gw, seorang pria berumur hampir 70 tahun, mencoba mengingat-ingat. "Probably about..25? 30 years ago?"

Tante gw tidak tau apakah harus prihatin atau gusar. "How much?" gumam tante gw pelan.

Kata om gw, "Plenty."

Tante gw betul-betul jengkel. Tukang loak yang udah janjian dateng, terpaksa diusir. Berdua dengan om gw, mereka membongkar buku-buku penuh debu itu nyari duit yang pernah diselipin om gw hampir 30 tahun lalu..

Dasar rejeki. Ternyata duitnya ketemu. Masih tersimpan rapi di dalam amplop. Jumlahnya? Dua juta rupiah.

Gw menjuluki duit itu, duit cap bersin-bersin tante dan om gw.

"Kenapa Om nyimpen duit di dalam buku situ?" tanya gw.

"Mungkin dikiranya kalo disimpen di dalam buku nggak akan diincer maling," kira-kira itulah jawabannya. Mana mau sih maling ngincar buku-buku? Maling kan bloon, liat buku aja langsung empet. Apalagi kalo bukunya penuh sarang laba-laba.

Tukas gw, "Iya, nggak gampang diincer maling. Dan nggak gampang diingat juga kalo pernah disimpan di situ."

Jadi, kalo ada calon maling yang iseng baca blog gw ini, jadilah pinter sedikit ya, Dul. Coba nyari harta jarahan tuh di antara lemari buku yang banyak debunya, siapa tau yang punya harta iseng nyimpen gelang emas di dalam situ. Tapi gw peringatin siapa-siapa yang berani malingin lemari buku gw, jangan dikocar-kacir! Kembaliin buku-buku ke tempatnya sesuai genre bukunya! Dan berurutan sesuai abjad!

Duit 50 ribuan yang gw temuin hari ini gw potret coz gw mau nanya sama jemaah blog gw. Ngomong-ngomong, nih duit keluaran tahun '99. Masih berlaku nggak sih kalo gw belanjain bawang bombay?