Friday, October 16, 2009

Penduduk Kesasar


Gw mungkin b*tchy, tapi kelakuan gw selalu baik.

Gw nggak pernah gangguin apalagi sampai malingin ayam orang. Oke, gw mungkin pernah bikin sewot ayam orang, tapi kan bukan salah gw kalo gw lebih sexy ketimbang ayam itu sehingga ayam itu jadi nyinyir sama gw.

Gw mungkin pernah nyelundupin seekor burung dalam sebuah keranjang ke dalam kabin sebuah pesawat terbang. Tapi gw terpaksa melakukannya coz nyokap gw sangat suka burung itu dan kalo kami melapor dulu bahwa kami bawa burung, orang-orang karantina itu akan masukin burung itu ke kargo bagasi dan dia bisa kena pnemonia.

Gw mungkin pernah gangguin seorang nenek yang lagi tidur di sebuah toko souvenir di Jogja. Tapi gw nggak tau kalo dia lagi tidur, lha bajunya yang a la Belanda tempo doeloe bikin gw mengira dia adalah manekin!

Pokoke, betapapun banyak perbuatan gw yang mengganggu orang, gw nggak terima disebut kriminal.

Oleh karena itu, gw sangat nggak ngerti kenapa gw kudu bikin Surat Keterangan Kelakuan Baik alias SKKB.

Sebenarnya SKKB ini dibikinnya di kantor polisi. Sebelnya, polisinya nggak mau bikin kalo nggak ada surat pengantar dari Kelurahan dulu. Padahal gw nggak tau siapa Lurahnya rumah gw. Abis Lurah gw nggak pernah nge-add gw di Facebook sih..

Jadi kemaren pun gw ke kantor Kelurahan buat kenalan sama Lurah. Haiyah, hasrat gw buat kenalan sama Lurah pun pupus coz ternyata Lurahnya belum dateng. Pasalnya, gw dateng jam 8 pagi. Lha emangnya gw mesti dateng jam berapa kalo mau kenalan sama Lurah?

Lalu gw punya salah. Kalo mau ke Kelurahan, kudu bikin surat pengantar dari Ketua RW dulu. Untuk dapet surat dari Ketua RW, kudu bikin surat pengantar dari Ketua RT. Halah..lama bener! Tentu aja gw nodong ke Kelurahan nggak pake ke RT atau RW dulu. Lha gw aja nggak tau Ketua RT-nya yang mana?

Oke, yang ini emang salah gw. Gw harusnya ngajak kenalan sama Ketua RT. Tapi kan gw orangnya pemalu, suka nggak berani ngajak kenalan duluan. Lagian gw suka rada-rada jiper gitu kalo ngajak kenalan sama bapak-bapak, takut gw dicemburuin bininya, ntie gw dikira mau ngerebut suami orang pula..Idih, amit-amit!

Jadilah, karena gw nyerobot prosedur, maka gw kudu basa-basi sama orang Kelurahan supaya mau bikinin gw surat pengantar itu. Dan karena gw yang saklek ini sangat nggak lihai dalam urusan basa-basi, gw minta bokap gw aja yang ngomong sama petugasnya.

Sebenarnya petugas kelurahan itu nawarin sekalian buat bikinin gw SKKB itu di kantor polisi, tapi gw nolak. Alasannya, gw mau belajar kenalan juga sama polisi.
(Oh, Vic, kenapa buat kenalan aja kudu belajar segala sih?)

Lalu karena bokap gw juga jarang banget ke Kelurahan kalo nggak ada urusan genting, maka bokap gw pun ngobok-obok semua inventaris kependudukan keluarga kami di rumah. Ternyata, KTP bokap gw dan adek gw mau abis masa berlakunya tahun ini, jadi mumpung kita ada keperluan di Kelurahan, sekalian aja ngurus perpanjangan KTP.

Dan lagi-lagi, petugas Kelurahannya bilang bahwa buat ngurusin KTP, mestinya ada surat pengantar dari RT/RW dulu. Ngedengernya, gw rasanya mau nangis darah, huhuhu..

Lha habis gimana? Gw nggak tau Pak RT-nya yang mana. Rumahnya yang mana. Nanti ngurusin sama Pak RT-nya berapa hari. Lalu habis dari Pak RT, kudu ke Pak RW segala. Pak RW-nya yang mana, gw juga nggak tau. Nanti suratnya lama di Pak RW pula. Huuh..mau membuktikan diri bahwa gw adalah warga negara yang baik dan nggak pernah malingin ayam aja kok lama bener..

Akhirnya bokap gw mulai membujuk orang Kelurahannya, supaya surat-surat yang kami perlukan bisa beres segera. Petugasnya mau. Surat pengantar SKKB atas nama gw bisa jadi dalam dua jam. Kalo KTP bokap dan adek gw jadinya dua hari.

Kata dia, biaya pembuatan KTP Rp 25.000,-/orang. Terus, "Kalo Bapak baik.." katanya. "Lima belas ribu lagi, Pak.."

Oh, Indonesiaku.

Gimana dengan Anda, Jemaah? Gw mau tau pengalaman Anda dalam ngurus surat-surat kependudukan kayak gini. Pasaran "biaya"-nya berapa sih?