Monday, November 30, 2009

Ketika Alis Tinggi Sebelah


"Kok makannya sedikit? Lagi diet ya? Kan udah langsing?"
Pertanyaan gini yang hampir selalu bikin gw risih menjadi orang Indonesia.

Pertanyaan itu dilontarin kalo gw dateng ke pesta keluarga dan kebetulan di pesta itu disuguhi makan prasmanan. Yang nanya biasanya ibu-ibu warga senior (sebutan gw untuk emak-emak yang umurnya sudah musim menopause). Dan biasanya pemicu kenapa mereka nanya gitu, adalah karena melihat gw ngambil makanan, khususnya nasi, di mejanya itu dikit.

Gw menatap emak-emak bawel yang sok perhatian banget sama porsi nasi gw itu, dan tiba-tiba gw tersenyum melihat wajahnya. Lukisan alisnya si tante itu, nggak simetris, coz arahnya tinggi sebelah. Si tante mungkin telah berdandan di ruangan yang kurang terang, atau matanya sudah mulai nggak awas. Dan dengan mengaitkan pertanyaan si tante barusan, gw bisa ngerti kenapa gw ditanya macam begitu.

Banyak sebabnya kenapa perempuan susah dandan sendiri kalo udah tua. Alasannya gampang aja, matanya udah nggak melihat dengan baik. Kadang-kadang karena matanya memang udah tua. Tapi bisa juga karena diabetes.

Ketika seseorang mengidap diabetes yang sudah stadium menengah, bagian badan yang pertama kali diganggu adalah mata. Gula numpuk di dalam pembuluh darah dan merangsang sel-sel radang, dan sel-sel yang berlebihan itu bikin dinding pembuluh darah jadi rusak. Kalo kebetulan pembuluh darah yang rusak itu adalah pembuluh di mata, bisa ditebak ujungnya mata tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Dan gangguan fungsi mata yang pertama dikeluhkan itu berupa mata yang bolor. Nggak bisa melihat jelas. Biarpun untuk hal-hal sepele, misalnya seperti menggaris alis.

Jadi kalo nggak mau bolor pas tua ya kudu jaga mata baik-baik, termasuk dari diabetes. Yang susah buat orang Indonesia untuk menghindari diabetes, adalah makan dalam porsi yang cukup. Sebagian besar orang makan terlalu banyak nasi, akibatnya gula yang terkandung dalam nasi pun jadi numpuk di darah.

Padahal kita tau persis, orang Indonesia belum merasa kenyang kalo belum makan nasi yang banyak. Malah ada orang yang di piringnya cuman makan kepala ayam doang, sayur lalapan, kerupuk, tapi nasinya sampai dua pincuk. Pantesan diabetes menggila.

Gw selalu bilang bahwa masalah umum pasien diabetes Indonesia bukan obat yang nggak cocok. Ternyata sebagian besar masalah berasal dari urusan budaya. Merasa harus makan nasi, dan merasa nasinya mesti porsi yang banyak.

Jadi, diabetes bisa dikurangin resikonya dengan pendekatan budaya. Misalnya mengurangi ketergantungan kepada porsi nasi. Kalo di piring udah ada mie, ya jangan ambil nasi lagi. Soalnya baik mie maupun nasi itu sama-sama gula, jadi harus pilih salah satu. Atau boleh juga makan dua-duanya bersamaan, tapi porsinya ya mesti dikit. Yang suka terjadi kalo emak-emak arisan tuh, udah nasinya dua pincuk, mienya banyak sampai menuhin piring, krupuknya kecil-kecil dan bejibun pula, plus minumnya teh manis pake gula yang buanyak..

Susah nggak orang tua ngurangin porsi nasi? Ya susah kalo nggak dibiasain semenjak muda. Makanya orang-orang yang umurnya masih ranum kayak kita ini baiknya belajar ngatur nasi dari awal. Tipsnya gini:

1. Makan hanya untuk keperluan hidup. Artinya makan cukup tiga kali sehari (pagi, siang, dan malem), dan nggak boleh cuman dua kali doang. Kalo memang mesti ngemil, pilih cemilan yang nggak ada gulanya, misalnya salad buah.

(Masalahnya adalah kalo kita males makan buah..)

2. Bukan berhenti makan sebelum kenyang. Tapi yang benar adalah berhenti makan kalo udah nggak lapar. Artinya kalo udah merasa perut terisi dengan makan nasi satu pincuk, ya jangan nambah satu pincuk lagi.

(Masalahnya adalah, kita suka nggak bisa membedakan, mana perut yang kenyang, dan mana perut yang udah nggak laper lagi.)

3. Godaan di pesta biasanya adalah kepingin makan banyak, mumpung gratis, hehehe.. Sah aja sih, tapi nggak perlu ambil nasi segentong kan? Mending ambil nasi sesendok, lalu sate penyu dua batang, ayam suwir sesendok, selada sehelai, kacang polong sesendok. Lihatlah, kita bisa menikmati banyak suguhan tanpa harus takut kelebihan porsi. Perkara habis makan nanti ternyata masih laper? Ya nanti nambah lagi dong..

(Masalahnya suka malu kalo nanti nambah lagi, takut dikira rakus. Mendingan ngambil sekali tapi langsung banyak, hehehe..)

Alangkah asyiknya kalo udah tua nanti masih bisa menggaris alis sendiri dengan simetris karena matanya tetap sehat dan bebas diabetes. Makanya, dari sekarang, makan nasinya jangan banyak-banyak dong..