Friday, November 13, 2009

Maaf, Ibunya Nggak Ada..!


Sering familiar denger kalimat ini? Atau jangan-jangan Anda sendiri yang sering ngucapinnya? Hehehe..kalimat ini ampuh buat ngusir tamu tak diundang yang suka dateng ke rumah. Misalnya, tukang minta sumbangan, sales door-to-door, sodara jauh yang rese.. :-P

Sekarang, bayangin semenit aja. Bayangin ada orang yang ngucapin itu kepada Anda. Gimana rasanya? Hahaha..

Seperti yang gw ceritain minggu lalu, adek gw, mahasiswa kedokteran tingkat akhir, sekarang lagi magang di sebuah Puskesmas di Bandung Barat. Kali ini dia dan kolega-koleganya dapet tugas buat bikin penelitian tentang demam berdarah. Jadi, tujuan penelitian ini adalah mencari tau udah sampai mana pengetahuan responden tentang penyakit demam berdarah. Nah, biar seru, respondennya sengaja dipilih dari sebuah RW di wilayah kerja Puskesmas itu, yaitu RW 22. Alasannya, soalnya di RW itu yang paling sering terjadi demam berdarah.

Nah, tau kan kalo cara penelitiannya itu pake acara nyebarin kuesioner kepada responden? Gampangnya sih, kita nyegat orang di jalan, lalu kita suruh dia ngisi sejumlah angket. Gitu kan ya?

Ternyata pelaksanaannya nggak segampang itu. Ketika adek gw turun ke lapangan dan mendatangi RW 22, ternyata eh ternyata, RW 22 itu kompleks pemukiman orang yang tajir-tajir. Bisa ditebak akhir cerita ini, pas adek gw dan teman-temannya menggedor tiap rumah buat nyebarin kuesioner, rata-rata kuesioner mereka ditolak oleh para bedinde yang bilang, "Maaf, ibunya nggak ada..!"

Adek gw pulang beberapa malam yang lalu, nyeritain itu dengan muka kuyu, sementara gw ketawa terbahak-bahak. Kayaknya mahasiswa-mahasiswa kedokteran itu dikira sales atau minta sumbangan, makanya ditolak.
"Kenapa kalian nggak pake jas?" tanya nyokap gw, yang malah bikin tawa gw makin ngakak.
Jas yang mana? Jas putih? Nggak mungkin lah, dokter kan nggak boleh keliaran di jalan pake jas putih.
Jas almamater kampus? Lha kalo ditolak, kok kayaknya kesiyan gitu. Ini kampus mana sih kok mahasiswanya nyebarin kuesioner aja nggak becus?

Jadi ngerti sekarang ya, perasaan sales atau tukang minta sumbangan yang keliling door-to-door itu. Pasti sering banget mereka ditolak. Masih mending kalo yang nolaknya asisten yang bilang, "Maaf, ibunya nggak ada.." Lha kalo yang nolaknya anjing herder?

Gw pernah sih nyebarin kuesioner manual kayak gitu, pas gw neliti TBC. Cuman mungkin gw lebih beruntung ya, coz responden gw adalah penduduk kampung kumuh yang super padat gitu, bukan real estate. Jadinya responden gw lebih kooperatif, hahaha.. Bener kata orang, lebih gampang bikin penelitian di tempat orang miskin ketimbang di tempat orang kaya.

Padahal penelitian adek gw dan teman-temannya punya tujuan ganda. Sambil nyebarin kuesioner, kan mereka juga mau bikin konseling untuk menasehati responden yang tajir-tajir itu tentang cara mencegah demam berdarah. Kan demam berdarah di kelurahan itu jauh lebih sering menimpa RW yang tajir ketimbang RW yang miskin.

Jadi inget, di sebuah kota yang gw lupa namanya, Dinas Kesehatannya rajin banget ngadain fogging alias nyemprotin asap ke rumah-rumah penduduk sekota buat matiin nyamuk. Lalu ada seorang penduduk yang protes gitu ke Dinas, coz merasa kelurahannya nggak pernah di-fogging sehingga di kelurahannya sering banget demam berdarah, padahal penduduknya tajir-tajir lho. Ternyata eh ternyata, setelah diusut, kelurahan yang kebetulan lebih banyak rumah mewahnya itu memang nggak pernah di-fogging. Soalnya kalo ada petugas fogging yang dateng ke rumah buat minta ijin nge-fogging, pasti orang rumahnya ngejawab, "Maaf, ibunya lagi nggak ada..!"