Sunday, November 15, 2009

Mungkin Tikusnya Kita


Semalam di tivi ada siaran pagelaran musik dari Gedung KPK. Yang main ada Franky Sahilatua dan beberapa mahasiswa yang main band. Isi konser mini adalah protes juga kepada korupsi yang makin nggak jelas juntrungannya di negeri kita.

Gw dan adek gw nonton siarannya di tivi, kita ngeliatin mahasiswa-mahasiswa yang nyanyi-nyanyi sambil genjreng-genjreng gitar. Lalu adek gw berkata, "Halah, mahasiswa. Teriak-teriak anti korupsi. Sendirinya kalo makan di kantin masih suka ngutang. Kalo naik angkot bayarnya kurang.."

Gw ngakak keras dengernya. Gw sebel ngakuinnya sih, tapi adek gw benar.

Dulu, kakak gw yang kuliah di ITB suka cerita, bagaimana teman-temannya (dan mungkin dia sendiri) suka curang kalo makan di kantin. Anda yang pernah kuliah mungkin ingat, dulu kalo menunya prasmanan, kita ngambil nasi, lauk, sayur semau kita di piring, truz bawa ke kasir, lalu petugas kasirnya ngitung harga yang mesti kita bayar. Nah, mahasiswa yang kantongnya pas-pasan, mengakali dengan cara gini, ambil piring, isi dengan nasi yang buanyaak. Ambil daging, truz umpetin dagingnya di dalam nasi itu. Bawa ke kasir. Nanti petugas kasir kan ngeliatnya, oh mahasiswa ini cuman makan nasi dan sayur doang. Jadi bayarnya ngirit, hehehe..

Gw, yang waktu itu masih pake seragam putih abu-abu, menentang keras tindakan korup kecil-kecilan itu. Gw bilang sama kakak gw, "Mas jangan ikut-ikutan, nanti Mas sakit perut!"

Ada lagi aksi jahiliyah yang suka dilakukan mahasiswa-mahasiswa, kali ini dari kolega-kolega gw sendiri. Tau sendiri kan mahasiswi-mahasiswi kedokteran itu tampangnya kan necis-necis. Kadang-kadang teman-teman gw kerap menyalahgunakannya untuk kegiatan yang gw sebut "serangan kondangan".

Anda pasti tau modusnya. Jadi kalo hari Sabtu tuh, kan biasanya banyak orang bikin hajatan. Nah, tiap Sabtu, pagi-pagi berangkat kuliah, teman-teman gw lirak-lirik sepanjang jalan ngincar gedung yang pasang janur kuning. Nah, siangnya pas pulang kuliah, teman-teman gw rame-rame nyetir masuk gedung itu, pura-pura jadi tamu, lalu makan gratis..

Gw nggak ikutan. Gw orangnya setia kawan, tapi gw nggak mau nyambet rejeki yang bukan hak milik gw. Dan menurut gw, kalo orang yang punya hajat itu nggak ngundang gw, maka makan gratis itu bukan buat gw. Jadi kalo teman-teman gw mau masuk ke gedung hajatan, gw turun sendirian di jalan dan pulang ke rumah.

Kata teman-teman gw, mereka nggak makan gratis dengan semena-mena kok. Mereka urunan, masukin duit ke amplop, jadinya nyawer juga ke empunya hajat. Hanya Tuhan yang tau mereka urunan berapa, hehehe..

Masalahnya bukan itu. Gw tetap berpendapat itu bukan rejeki yang diperuntukkan oleh empunya hajat juga. Gimana kalo jumlah makanannya ternyata nggak cukup buat tamu-tamu yang "sah", gara-gara diserbu tamu-tamu tak diundang macam teman-teman gw? Itu kan namanya nyerobot rejeki orang juga?

Gw yakin masih banyak kecurangan lainnya yang mungkin kita lakukan sendiri, dan sebagai akibatnya kita melanggar hak orang lain. Adek yang mandi lama-lama sehingga alokasi waktu kakak untuk boker pun berkurang. Ayah makan paha ayam melulu dan yang disisain buat Ibu cuman ceker, padahal Ibu juga kepingin makan paha. Orang parkir mobil melintang padahal yang lainnya parkir membujur sehingga orang lain nggak dapet tempat parkir. Kasir di toko nggak ngasih duit kembalian, tapi malah ngasih permen. Naik angkot mbayarnya cuma Rp 1000 lantaran merasa deket, padahal di pintu udah jelas-jelas ditulis, "Jauh dekat ongkos Rp 3000."

Kita rame-rame meneriaki pejabat-pejabat yang korup, menuduh orang korup, padahal mungkin kita juga korup. Katanya ada analogi, koruptor itu tikus. Jadi, kalo sehari-hari kita curang mengambil yang bukan hak kita, mungkin kita juga tikus dong?