Wednesday, March 10, 2010

Masalah Milih Sekolah


Anak SD darmawisata ke toko batik. Gambar itu muncul di Kompas tadi pagi dan sontak bikin gw mengejang iri. Halah, SD mana sih nih?

Kalau baca kegiatan anak sekolah jaman sekarang, gw sebel coz merasa lahir di jaman yang salah. Jaman dulu mana ada guru SD gw ngajak karyawisata ke toko batik? Paling banter ya ke Dufan.

Tapi memang gw akuin proyek darmawisata sekolah sekarang macem-macem. Pas gw jalan-jalan di Palangka tahun lalu, gw lewat kantor pemadam kebakaran dan gw lihat anak-anak TK ngumpul di sana.

Iseng gw ngajak ngobrol salah satu gurunya yang kebetulan ganteng dan nampak sayang anak. Iya, katanya, ini program mingguan sekolah kami.

"Mingguan?" gw terpana. "Ke pemadam kebakaran?"
"Iya," jawabnya bangga. "Dan minggu depan gilirannya murid-murid berkunjung ke kantor polisi."
Gw menatap Pak Guru Tampan. "Bapak ini ngajar apa?"
"Saya mengajar bahasa Inggris," jawabnya dengan senyuman ramah. Umurnya pasti belum 35.

Oh, alangkah malangnya nasib gw. Boro-boro dulu di TK gw ada pelajaran bahasa Inggris. Gw aja baru dapet pelajaran cas-cis-cus pas SMP. Dan guru TK gw nggak ada yang ganteng. Adanya juga ibu-ibu galak yang suka marahin gw kalau gw nggak bisa origami.

Sekarang SD-SD tuh bersaing buat jadi SD favorit. Salah satu ciri menonjolnya dilihat dari karyawisatanya. Ada yang ngajarin muridnya ke toko batik, ke pacuan kuda, bahkan nanem padi di sawah. Bahkan untuk masuk SD favorit itu, TK-TK menggembleng muridnya dengan macam-macam cara. Mulai dari belajar matematik sampai ngajarin bahasa Inggris. Ponakan gw bahkan diajarin bahasa Mandarin segala, padahal ayah-ibunya Jawa tulen yang nggak ada Cina-Cina-nya banget.

Gw jadi inget dulu, guru gw di kelas empat bikin polling, kita mau darmawisata ke mana. Ada tiga pilihan: ke museum, ke taman kota, atau ke kebon binatang. Gw dengan semangatnya ngacung mau ke museum. Tapi gw kalah telak, coz teman-teman gw maunya ke kebon binatang!

Waktu itu gw mbatin, kenapa sih teman-teman milihnya ke kebon binatang? Kan lebih bagus ke museum, kita bisa lihat fosil-fosil dinosaurus. Terus kita bisa lihat macem-macem batu purba yang suka diajarin Pak Guru IPA. Gedungnya juga bagus, gede, bikinan Belanda pula.
Coba bandingkan dengan kalau ke kebon binatang. Udah panas, banyak lalat, dan yang dilihat paling-paling cuman gajah dan buaya.

Tapi ya itulah, sekolah nggak memberlakukan opsi lain. Mungkin karena manajemen mereka tentang karyawisata juga terbatas.

Suatu hari pas udah gede, gw dan adek gw lewat di depan SD yang pernah ngegedein kami itu. Gw nanya, "Dek, kalau nanti kamu punya anak, kamu mau nggak sekolahin anakmu di situ?"

Adek gw terdiam dan ragu. Gw tahu alasannya.

Di SD negeri itu, satu kelas isinya 65 anak. Guru kami nggak pernah memperhatikan tiap anak sampai teliti.
Pelajaran ekskulnya nggak ada yang keren.
Suka banyak pungli.
Dan lain-lain yang nggak enak.

Terus, minggu lalu, sepupu gw dateng dan cerita-cerita. Anaknya yang sekarang kelas enam dan bentar lagi mau masuk SMP, kayaknya nanti mau dimasukin ke Madrasah Tsanawiyah, jadi bukan ke SMP.

Keluarga besar kami nggak punya pengalaman masukin anak ke MTs, jadi sepupu gw ini yang akan jadi orang tua pertama yang melakukannya. Jadi, ponakan gw ini kepingin dimasukin ke SMP negeri favorit di kota. Tapi kayaknya nilai eksaktanya jeblok jadi mungkin nggak akan diterima. Maka ponakan gw akan lebih kuat dimasukin ke MTs, toh dari awalnya juga dia disekolahinnya bukan di SD, tapi di Madrasah Ibtidaiyah. Ponakan gw sebenarnya nggak bloon lho, pandangan medis gw bilang dia pinter, cuman nampaknya dia tidak mempelajari matematik dan IPA dengan tekun, tapi dia pinter bahasa Inggris. Sistem pendidikan sekarang emang jahat, cuman anak-anak yang pinter IPA aja yang diangkat masuk sekolah favorit.

Apa mungkin orang tua dan gurunya kurang memotivasi anak? Gw pernah tanya ke sepupu gw kenapa anaknya disekolahin di madrasah, bukan di SD umum aja. Kata sepupu gw, "Biar pengetahuan agamanya banyak."

Sepupu gw ini sama juga kayak gw, idealismenya tinggi. Cuman kalau gw konsen ke urusan feminisme, dia lebih nancep ke urusan religius.

Gw pernah nanya ke nyokap, kok gw disekolahin di SD negeri yang berisik banget itu. Terus jawab nyokap gw, "Dulu koen mau kita sekolahin di SD keren punya Katolik itu. Tapi nggak keterima, soale tempatnya sudah penuh sama anak-anak yang TK-nya dari situ."

Lalu gw pikir, SD gw mungkin berisik, tapi 50% alumninya masuk ke satu SMP favorit yang sama.
Di situ, gw temenan sama anak-anak kaya dan miskin, jadi kepekaan sosial gw cukup tajam.
Di sana, gw lihat guru-guru yang korup kecil-kecilan, bikin gw jadi kritis kayak sekarang.
Itu, nggak akan terjadi kalau gw sekolah di tempat-tempat yang gw sebut di atas.
Jadi, biarpun banyak kekurangan, SD gw berjasa penuh bikin gw jadi manusia seperti saat ini.

Anda gimana? SD negeri atau swasta? Kalau punya anak, mau nggak Anda sekolahin di sekolah Anda yang dulu?