Tuesday, March 30, 2010

Sinting Berjamaah

Ngajarin masyarakat Indonesia tentang Earth Hour pada awal-awal kayak gini kurang lebih sama kayak tahun-tahun pertama ngajarin masyarakat Indonesia tentang Valentine. Ide tentang matiin lampu selama satu jam di malam hari masih dianggap ide gila oleh kebanyakan masyarakat. Termasuk oleh orang tua gw.

H-2 Earth Hour, pas lagi sarapan, gw ngajakin bonyok gw buat ikutan. Gw kasih tahu mereka, Earth Hour itu aksi matiin listrik bareng-bareng selama satu jam, dan ini dilaksanakan di seluruh dunia, fungsinya untuk membantu kita merenung bahwa kita harus hemat energi. Implementasinya, pada tanggal 27 Maret itu, antara jam 20.30 sampai jam 21.30, kita akan matiin lampu di rumah, dan segala macam aktivitas yang kita lakukan tanpa listrik sama sekali. Gw menjelaskan aksi itu kepada bonyok gw seperti gw menerangkan kepada professor gw tentang patofisiologi karsinoma cervix.

Dan, bokap dan nyokap gw memandang gw seolah-olah gw baru keracunan udang.

Mereka: “Kita matiin lampu seluruh rumah?”
Gw: “Yeah. Satu jam aja.”
Mereka: “Jadi rumahnya gelap dong?”
Gw: “Betul. Satu jam aja.”
Mereka: “Kalau Bu X nggak ikutan matiin lampu, gimana?” (Bu X itu tetangga depan rumah gw.) “Nanti tetangga-tetangga kita nggak ada yang matiin lampu dan rumah kita jadi gelap sendiri.”
Gw: “Nggak masalah. Yang penting kita matiin lampu dan ikut membantu menghemat energi yang diboroskan pembangkit listrik dan berkontribusi untuk pemanasan global.”
(Gw terdengar mantap seolah-olah mau ikutan wajib militer ke Kongo.)

Bokap: “Gimana kalau malam-malam ada pasien mau ke sini? Kan lihat rumahnya gelap, pasiennya jadi pergi?”
Hehehe, ini masalah pendapatan untuk keluarga yang buka praktek dokter di rumah.

Gw tersenyum. “Banyak bisnis yang akan kehilangan konsumen untuk sementara selama satu jam ini, Pops.”

Nyokap: “Nanti kita dikira sinting, kok rumahnya gelap-gelapan!”
Gw nyengir.
Nyokap: “Bisa-bisa Parmin terheran-heran dan ngetok rumah ini dan nanya, ‘Ada apa ini, Pak?’”
(Parmin itu penjaga siskamling yang ngeronda di perumahan tempat gw.)

Intinya, ide itu diketawain abis-abisan oleh bonyok gw.

Nyokap gw: “Apa bedanya koen nggak nyalain lampu, tapi tetep aja cetek-cetek HP? Kan itu juga nyalain listrik?”
Gw: “Nanti HP ta’ matiin. Nggak ada telfon, nggak ada SMS, nggak ada internetan. No listrik at all.”
Bokap gw ngakak. “Vicky matiin HP itu adalah keajaiban terbesar di dunia.”
(Iya sih. Gw kecanduan blogwalking setiap saat. Hehehe.)

Lalu kata bokap gw, gw Earth Hour-an sendiri aja di kamar. Sementara nyokap gw mau internetan di HP-nya, bokap gw mau fesbukan, adek gw nonton film Korea, sementara asisten pribadi nyokap gw nonton sinetron termehek-mehek.

Gw menghela napas kecewa. Ya udah, batin gw. Memang Earth Hour ini masih fenomena anyar, jadi keluarga gw seperti masyarakat lainnya, juga masih dalam tahap belajar mengenal.

Hari Sabtu, 27 Maret, gw melaksanakan janji gw. Gw beresin semua urusan gw, gw makan malam duluan sendirian, lalu gw setel HP buat alarm bangun jam dua pagi (gw ada acara ke Jakarta besoknya, berangkat jam tiga pagi). Jam 8.25, gw matiin lampu kamar gw, terus gw tutup pintu, lalu gw selimutan di kasur.

Nyokap gw terheran-heran, dan ngejar gw ke kamar. “Eh, Ky, koen sungguhan mau matiin lampu, gelap-gelap?” tanyanya sambil buka pintu. Cahaya lampu dari ruang tengah memberkas masuk ke kamar.

“Mom,” protes gw. “Ini jam setengah sembilan, acara Earth Hour-nya udah mulai. Nggak boleh ada listrik masuk KAMAR ini! Kita harus menyelamatkan bumi!”

Nyokap gw ketawa terbahak-bahak, terus nutup pintu kamar gw dan ninggalin gw sendirian. Gw merem, berusaha tidur. Lalu, tahu-tahu, gw dengar suara saklar dipencet di ruang tamu. Berikutnya saklar dipencet di kamar sebelah. Eh?

Gw melek lagi. Lho? Dari ambang pintu kamar gw, nggak ada lagi berkas sinar di luar.

Gw buka pintu kamar gw dan keluar. Ternyata, nyokap gw matiin lampu seluruh rumah.

Oke, nggak seluruh rumah. Ruang makan masih nyala, dan bonyok dan adek gw lagi makan malam. Laptop adek gw masih nyala berikut tivi yang muterin DVD di ruang tengah, tapi adek gw telah matiin lampu di ruang tengah. Dapur masih nyala, coz asisten pribadi nyokap gw masih cuci piring. Termasuk kamar tidur si asisten juga masih terang-benderang. Tapi lain-lainnya sudah gelap-gulita, termasuk teras depan dan teras belakang.

Gw: “Mom juga matiin lampu?”
Nyokap: (nyeruput soto) “Katanya koen nggak mau lihat listrik, kenapa ke sini?”
Gw: “Dek, kok laptopmu nyala tapi lampu ruangnya mati?”
Adek: (berseru galak) “Jangan matiin laptopku! Aku belum selesai!”

Rasanya mau jingkrak-jingkrak. Bonyok dan adek gw mau ikutan Earth Hour!

Gw masuk ke kamar gw, lalu merem. Gw dengar suara-suara di ruang makan menghilang, lalu gw dengar ketiga orang itu masuk kamar yang gelap gulita dan ikutan tidur juga. Satu-satunya yang nggak ikutan Earth Hour cuman asisten pribadi nyokap gw, coz dia nggak bisa ninggalin sinetron kesayangannya!

Ternyata, kita semua kebablasan tidur. Earth Hour di rumah gw nggak berhenti jam 21.30, tapi lampu mati terus sampai tengah malam! Hahaha..

Gw dibangunin alarm HP gw jam 2 pagi, dan senyum-senyum sendiri. Gw sudah berhasil nularin semangat Earth Hour gw ke keluarga gw. Yaiy!