Thursday, November 11, 2010

Mau Laku Nggak Sih?

Jam 11 siang tadi saya bela-belain dateng ke sebuah mal di pusat kota Bandung lantaran mau beli sabun di Tokobadan. Itu salah satu merk favorit saya, dan saya udah jadi member loyal untuk kurun waktu yang cukup lama. Pas saya jalan ke arah gerai itu, hati saya ciut lihat pintu masuknya ditutup. Hah? Tutup? Tapi kok jendelanya transparan dan lampunya nyala?

Saya ngintip ke dalam dan saya lihat kondisi toko cukup berantakan. Pegawainya lagi sibuk ngatur-ngatur barang. Saya dan nyokap panggil-panggil, dan petugasnya bilang mereka masih tutup dan baru buka lagi jam 1 siang. Kita ngeyel kepingin masuk, cuma mau beli barang satu aja, tapi petugasnya tetep ngelarang.

Saya dan nyokap kecewa banget, dan kita berdua hengkang ninggalin mal. Siyalan, padahal kita bela-belain ke mal itu cuman buat ke gerai kosmetik itu lho.

Saking kecewanya, saya langsung update status di Twitter meluapkan kekesalan saya. Saya mbatin, gimana caranya gerai kosmetik sekelas Tokobadan masih tutup pada jam 11 siang? Nggak mau tokonya laku ya? Padahal mal itu sudah buka semenjak jam 10 pagi.

Beberapa saat kemudian, dateng tweet balesan dari si gerai. Katanya, mereka lagi stock opname, entah apa itu, jadi SEMUA cabang Tokobadan toko mereka memang tutup khusus pagi itu. Saya makin gusar, coz saya nggak tahu lagi mesti sewot gimana.

Saya bukan pebisnis, jadi saya nggak ngerti cara kerja para pedagang. Kalo mereka mau beres-beres barang dagangan mereka, kenapa mereka nggak lemburin aja pegawainya sebelum mal dibuka? Memangnya beres-beres barang antara jam 7 sampek jam 10 pagi nggak bisa gitu? Atau antara jam 10 malem sampek jam 5 pagi, pas waktunya nggak ada konsumen masuk mal? Kalau si gerai nekat nutup tokonya sampek jam 1 siang, padahal malnya udah buka jam 10 pagi, apa itu namanya bukan menghalangi omzet antara jam 10 pagi sampek jam 1 siang?

Tapi nyokap saya bilang, Tidak, itu sudah mereka perhitungkan. Daripada bayarin pegawai mereka lembur di luar jam buka mal, mendingan tutup sebentar selama jam pagi. Paling-paling mereka kehilangan calon pembeli selama jam pagi, dan ruginya tidak seberapa, coz biasanya pagi-pagi tuh pembelinya cuman satu-dua orang.

Beuh, saya nggak suka ide itu. Memangnya masukan yang sangat berharga buat toko tuh cuman jam-jam rame belanja doang? Gimana dengan konsumen yang cuman masuk toko dengan lihat-lihat doang tanpa belanja, apakah mereka nggak bisa disebut input yang berharga? Justru saya kalau lihat suatu toko nggak ada pengunjungnya sama sekali, saya malah mikir toko itu nggak menarik dan pasti sebentar lagi bangkrut.

Di lain pihak, kalau saya lihat suatu gerai di mal itu nggak menarik, saya jadi males lewat gerai itu. Efeknya, saya jadi males jalan di koridor mal itu. Ujung-ujungnya, saya jadi ogah nongkrong di mal itu. Apakah bukan tidak mungkin kelakuan pengunjung macem saya ini bisa bikin mal bangkrut?

Jadi inget, ketika dua bulan lalu saya mau naik pesawat pagi dari Cengkareng. Jam 6 kurang 15 menit, saya berkeliaran di terminal kepingin sarapan. Saya lewat gerai Roti Anak Cowok dan kepingin beli. Dua petugasnya nongkrong di counter lagi ngerumpi. Saya bilang mau beli roti susu mentega. Petugasnya bilang nggak bisa, coz mereka baru buka jam 6. Padahal jelas-jelas mereka udah buka pintu lebar-lebar dan roti sudah siap ditata, tapi mereka nggak mau melayani saya. Hanya karena saat itu baru jam 6 kurang 15 menit!

Saya terpaksa gelontorin troli saya di bandara cari gerai lain. Ya know what, lucu melihat toko-toko sudah terang-benderang tapi petugasnya duduk-duduk aja padahal orang-orang udah kemecer kepingin beli. Semuanya tergantung prosedur. Penjualan sudah diitung per komputer. Maka setiap penjualan di luar jam prosedur pun dianggap tidak valid.

Tidak heran pegawai Roti Anak Cowok nggak mau melayani saya sebelum jam 6 pagi. Tidak heran juga pegawai Tokobadan nggak mau ijinkan saya beli sabun sebelum jam 1 siang.

Di mata saya, dunia bisnis kadang-kadang bisa menjadi tidak logis.
http://laurentina.wordpress.com
www.georgetterox.blogspot.com