Wednesday, May 5, 2010

Hipermarket Apanya?


Setiap orang pasti pernah merasa sama jengkelnya dengan gw karena nggak sabar ngantre bayar belanjaan di kasir supermarket. Gw iseng menginventarisasi alasan-alasan nggak sabar itu, antara lain:
1. Emak-emak yang dilayanin di depan gw belanjanya banyak banget, sampek trolinya penuh sesak. Sementara gw cuman beli sampo dan lulur.
2. Kasirnya masih pangkat trainee, dan dia masih kebanyakan mbenahin poninya yang nusuk matanya.
3. Si kasir menagih ratusan ribu buat pasangan yang dilayaninya di depan gw, tapi pasangan itu ternyata nggak bawa uang tunai cukup. Dan kartu kredit mereka ternyata kadaluwarsa.

Tapi bukan ketiga alasan di atas yang bikin gw sebel pas ngantre belanjaan di sebuah hipermarket di Sukajadi kemaren. Yang bikin gw sebel, pengunjung yang belanjaan kemaren begitu banyak, tapi kasir yang meladenin cuman tiga. Padahal meja kasir banyak banget, mungkin sampek 20 kayaknya ada. Gw mbatin, ngapain kalo gitu sedia mesin kasir banyak-banyak berjejer, kalau meja yang buka dan bilang Open itu cuman tiga biji? Katanya ini hipermarket, tapi apa bedanya dong sama mini-mini market yang berserakan di pinggir-pinggir jalan?

Jangan dikira kasir-kasirnya cuman seiprit lantaran gw belanja pada hari Selasa sore. Bahkan pada hari Minggu yang mestinya paling rame pun, di hipermarket masih buka kasir cuman seadanya. Akibatnya sering terjadi antrean para pembeli sampek sepanjang uler ngantre beras. Mending gitu lho kalau memang jumlah pelayan tokonya cuman dikit. Lha yang gw kesiyan tuh sering terjadi pemborosan alokasi pelayan, di mana banyak pelayan malah disuruh berdiri di depan toko buat nawar-nawarin kartu anggota klubnya si toko. Padahal ketimbang jadi SPG dadakan, kan lebih efisien kalau pelayannya diberdayakan buat jadi kasir, supaya nggak terjadi penumpuk-numpukan pembeli di meja kasir yang cuman buka tiga biji?

*dari keluhan seorang pembeli yang capek kelamaan nunggu ngantre sambil pakai high-heels padahal cuman mau bayar sampo dan lulur*