Monday, April 13, 2009

Manuver Pra-Kencing


Berbahagialah jemaah yang baca blog gw kali ini. Ini mungkin pertama kalinya gw bisa bikin tulisan yang diilhami waktu gw mau buang hajat. Padahal biasanya otak gw paling seneng mogok nggak mau disuruh mikir kalo lagi kebelet pipis. Bikin gw bingung, gw ini sebenarnya mikir pake otak atau kandung kemih?

Jadi kemaren tuh, pas gw lagi nungguin pesawat gw di Bandara Juanda Surabaya, gw kebelet pipis. Sontak gw jalan cepat ke toilet, dan nyerbu pintu pertama yang terbuka, tak sabar buat melaksanakan tugas mulia gw itu. Tapi saat gw membuka toilet duduk itu, niat gw langsung urung. Hasrat kepingin pipis yang telah lama terpendam di hati, langsung goyah. Singkatnya, il-feel.

Gw ambil kamera di tas, lalu gw potret tuh toilet. Jadinya ya kayak foto di atas ini.

Dan gw ngedumel di hati. Kenapa hari gini masih ada orang yang naruh kaki di atas toilet duduk?!

Jejak sol sepatu masih tercetak jelas di dudukan toilet itu. Sialan. Kalo kayak gini caranya toilet nggak bisa didudukin. Siapa sih yang belum tau bedanya toilet duduk sama toilet jongkok?

Gw jadi inget survei kecil-kecilan yang gw sebar ke temen-temen gw bertahun-tahun lalu. Erlin, kolega gw, lagi kebelet pipis di jalan. Bingung cari toilet bersih, dia bela-belain masuk lobi sebuah hotel bintang lima. Setiba di toilet, niatnya pipis di situ terpaksa batal. Apa pasal? Katanya, "Nggak ada gayung. Susah buat cebok.."
Ya iyalah, itu kan toilet kering..

Yusni, kolega gw lainnya, bilang kalo dia benci sama toilet yang nggak ada tisunya. Sampai-sampai dia terpaksa bawa tisu sendiri di tas. Gw bilang, buat apa ngebasuh vagina dari sisa pipis pake tisu, kan sudah ada semprotan kecil di toilet? Yusni bilang, "Tekanan air dari semprotannya itu keras banget. Kuatir aku jadi bolong nanti. Padahal kan aku belum kawin.."

Akhirul kata, temen gw, Marna, ngaku kalo dia parno sama klamidia. Konon, makhluk klamidia itu suka nongkrong di toilet. Karena itu Marna nggak pernah mau kulit bokong dan pahanya nyentuh dudukan toilet. Alhasil, Marna punya kebiasaan saban kali mau pipis, seluruh dudukan toiletnya ditutupin dulu pake tisu. Baru setelah itu dia bisa pipis dengan tenteram.
Kilahnya, "Kita kan nggak tau orang yang make toilet sebelum kita itu, bokongnya panuan apa nggak?"

Toilet duduk masih belum jadi budaya yang disukai oleh perempuan negeri kita. Rasa jijik bisa mengalahkan rasa kebelet pipis yang udah ada di ujung saluran kemih. Nggak heran banyak perempuan dengan sukarela melakukan ritual pribadi masing-masing sebelum pipis di toilet umum.

Dan akhirnya, gw cuman bisa melakukan tindak pencegahan dengan cara nggak minum teh atau kopi sebelum perjalanan panjang. Ketimbang gw terpaksa pergi ke toilet umum. Coz buat gw, gw cuman bisa buang hajat dengan tenteram di dua macam tempat aja. Di rumah gw sendiri, dan di kamar hotel bintang lima..