Friday, April 24, 2009

Merangsang Perhatian Orang


Selamat, blog Anda sudah banyak pengunjungnya! Sekali nulis, komentarnya melebihi panjang tulisan utamanya. Shoutbox pun berisik bak forum on-line di blog Anda. Tapi apa Anda yakin kualitas kunjungannya bagus? Kenapa mereka datang ke blog Anda, apakah nyasar dijebak keyword yang Anda tembak asal-asalan, atau karena nggak sengaja nemu link blog Anda di site lain?

Kalo pengunjung baru dateng semata-mata hanya karena nyasar, maka blog Anda belum bisa dibilang dapet fans. Pasalnya sang pengunjung cuman nyari APA YANG DIA MAU, jadi kalo dia nggak dapet, maka dia akan ngacir dan mungkin nggak akan dateng-dateng ke blog Anda lagi. Buat si pengunjung, blog Anda hanyalah "Just another ordinary blog".

Bandingkan kalo si pengunjung dateng ke blog Anda karena dia nyari ANDA. Tentu efeknya beda, kan? Sekali dateng, besok-besoknya pasti dia main lagi ke blog Anda. Inilah pengunjung yang bermutu buat Anda, yang menyukai Anda "apa adanya", dan layak disebut fans (blog) Anda.

Sekarang gimana caranya merangsang orang supaya mau dateng ke blog Anda semata-mata karena (karya) Anda? Ada banyak cara, tapi gw beberin aja beberapa.

Hal yang mesti Anda optimalisasikan adalah makhluk ajaib bernama link. Link yang biasanya efektif dan efisien itu bisa berupa blogroll, feed, atau comment. Kalo link Anda biasa-biasa aja, susah menarik perhatian blogwalker lain buat jalan ke blog Anda. Jadi kuncinya, link Anda kudu menarik!

BLOGROLL
Kalo Anda nggak tau apa itu blogroll, coba Anda tengok kolom "Coba Liat Ini Deh!" di sebelah kanan halaman ini. Blogroll adalah blog-blog yang direkomendasiin oleh sang tuan rumah buat dikunjungin pembacanya. Sekarang, dari sekian banyak nama blog yang berderet-deret di blogroll itu, mana yang paling menarik perhatian Anda buat diklik?

Mungkin Anda milih yang paling atas, coz itu yang paling up-to-date. Mungkin Anda milih yang judulnya paling menarik. Mungkin juga Anda milih yang feed-nya paling mencuri perhatian. Jelas sekarang Anda bisa mulai mikir, apakah Anda udah cukup bersinar di blogroll orang-orang?

FEED
Banyak yang nggak sadar bahwa feed, alias alinea pertama dalam tiap post, megang peranan penting untuk promosi blog. Coba Anda buka Feed Reader Anda, lalu bacalah masing-masing feed yang pendek-pendek itu dari setiap blog. Apakah Anda mau klik tiap feed satu per satu? Tentu tidak! Pasti Anda mau buka yang feed-nya paling menarik aja, kan?

Nah, Anda bisa mikir sekarang apakah Anda udah nulis alinea pertama yang menarik untuk tiap post Anda. Sekali pengunjung senang dengan alinea pertama pada feed, dia akan klik dan baca seluruh post sampai selesai.

KOMENTAR
Cara orang berkomentar mencerminkan karakter orang tersebut. Kalo komentarnya rumit, kesannya orangnya rumit. Kalo komentarnya asbun, berarti orangnya juga nggak menarik.

Coba buka salah satu post gw yang lama, baca komentar-komentar yang udah masuk di situ. Dari sana, pilih mana komentator yang ingin Anda klik. Tentu komentar yang paling menarik kan?
Sekarang, apakah komentar Anda di blog-blog orang sudah menarik orang buat dateng ke blog Anda?

Don't-s yang mesti Anda hindari dalam upaya bikin link Anda menarik:
1. Bikin judul post yang terlalu panjang. Misalnya: "Tiga Cara Kreatif Membuat Link Blog Lebih Menarik Pengunjung". Ini mau bikin post atau mau bikin skripsi?

2. Bikin judul blog yang susah diingat orang. Misalnya: "Could You Be the Most Beautiful Girl in A World?" Kalo ada pengunjung yang mau main ke blog Anda lagi tapi nggak apal URL Anda, dia akan kerepotan mengingat judul blog Anda di search engine.

*Ngomong-ngomong, adakah yang apal bahwa Georgetterox itu t-nya dua?*

3. Memulai alinea pertama dengan nada pesimis. Misalnya: "Aku nggak tau hari ini mau nulis apa. Hari-hari rasanya nggak ide buat.." Feed kayak gini jelas nggak menarik! Kesannya seluruh post-nya ngebosenin. Pengunjung jadi ogah buang-buang waktu buat klik feed Anda. Padahal Anda mau cerita pengalaman seru Anda kepeleset di jalan, kegilas truk minyak lalu digigit anjing herder, kan?

4. Komentar dan ujung-ujungnya nyuruh orang nge-klik Anda. Misalnya: "Halo! Nice post! Kunjungin aku ya di http://cepatkaya.com". Komentar gini dipastikan hampir selalu nggak lolos moderasi. Pasti isinya iklan melulu, kalo bukan jebakan virus dan sodara-sodaranya.