Tuesday, April 28, 2009

PD Copot Sepatu


Sebagai dokter, gw sering dituduh "tidak pengertian" lantaran gw selalu minta pasien-pasien buka sepatu mereka.

Waktu dulu gw masih kerja di rumah sakit militer, susternya sering sebal sama gw coz gw selalu minta pasiennya yang tentara itu buka sepatu. Menurutnya, prosedur gw itu cuman bikin waktu pemeriksaan jadi lama. Tau sendiri kan, tentara-tentara itu butuh waktu lama buat buka sepatu but mereka yang talinya banyak itu, meskipun pasti di latihan mereka udah diajari buat pasang sepatu secepat kilat. Lha maksud gw kan gw mau periksa pasien secara lengkap dan akurat, makanya gw mau periksa kakinya juga, bukan cuma nyocol-nyocolin stetoskop di dadanya doang.

Tahukah Anda bahwa penyakit seseorang bisa diramalkan cuma dengan ngeliat kakinya doang? Kalo jari kakinya nampak menghitam, itu alamat diabetes atau penyakit Buerger. Kalo kakinya nampak bengkak, itu pertanda jantungan. Bahkan coba tiduran telentang, lalu kaki kanan ditekuk sedangkan kaki kiri lurus, lalu raba perut kanan pasien. Kalo ada benda yang teraba empuk di bawah iga, awas, itu livernya bengkak. See, ternyata periksa kaki itu berguna, kan?

Malah kegunaan lainnya, kalo ternyata kaos kakinya bolong-bolong, itu tandanya pasiennya "kanker" alias kantong kering, jadi jangan dikasih obat yang mahal-mahal.

Dengan manfaat itu, pantesan orang jadi malu ke dokter coz takut sang dokter minta periksa kakinya. Bukan apa-apa, selain males pamerin kaos kakinya yang bolong, dia takut ketahuan kalo kakinya bau! Apalagi pasien-pasien gw yang pake sepatu but kulit itu, hampir rata-rata punya masalah sama, kakinya bau. Cukup bau untuk bikin susternya semaput, makanya susternya suka sebel kalo ada tentara buka sepatu.

Bicara soal kaki bau, untuk pertama kalinya gw mau bilang terima kasih karena KPU merancang surat suara buat Pemilu kemaren cukup lebar, yang gedenya nyaingin koran. Lho, kenapa? Soalnya bandingin aja sama pilkada di Perpignon, Perancis, minggu lalu, yang akhirnya terpaksa dianulir gara-gara "KPPS"-nya kedapatan curang. Ketua "KPPS"-nya ternyata nyelundupin kertas-kertas suara yang menangin seorang cawalkot. Bayangin di manakah dia umpetin kertas-kertas itu? Ternyata diumpetin di dalam kaos kakinya!

Untung surat suara Pemilu lalu cukup gede, jadi nggak muat buat disimpen di kaos kaki. Waduh, coba kalo yang ngumpetin surat suara itu KPPS-nya Indonesia di dalam kaos kakinya, bisa bubar negeri ini tanpa tedeng aling-aling. Bubarnya bukan karena tim KPPS-nya curang, tapi karena tim penghitungan suaranya semaput gara-gara nyium bau kertas suara yang nggak keruan setelah lama diumpetin di balik kaos kaki..!

Dan gw juga bertanya-tanya, gimana nasib tim "KPPS" Perpignon yang ngitungin suara-suara dari kertas suara selundupan itu. Apa mereka nggak semaput kebauan juga? Mungkin belum tentu, coz menurut pengetahuan antropologi dan geofisika gw yang minim dan diskriminatif, sebau-baunya keringat orang Perancis, masih nggak sebau keringat orang Indonesia. Soalnya Perancis itu negeri lembab, sedangkan Indonesia negeri tropis. Apa nggak sebaiknya kita bikin penelitian tentang "Analisa Komparatif Bau Kaki Orang Perancis dan Orang Indonesia"?

*Ediann, Viic! Siapa mau jadi bahan penelitian?!*

Mungkin Anda juga malu copot sepatu coz kaki Anda bau? Coba sekarang angkat kaki Anda ke idung, lalu enduslah. Hati-hati, jangan sampai kepergok tetangga di cubicle sebelah!

Tapi gw rasa, kita sebagai blogger kan kudu pinter..jangan cuman mencela masalah doang, tapi nggak ngasih solusi. Jadi gw akan kasih beberapa tau caranya supaya Anda pe-de ngumpetin surat suara di kaos kaki Anda. Eh..maksudnya, supaya Anda pe-de sama aroma kaki Anda!

- Selalu langsung cuci kaki setelah Anda nginjak pekarangan rumah Anda.
Bahkan meskipun paving block halaman Anda selalu dipel dengan karbol.

- Selalu pake kaos kaki kalo mau pake sepatu.
Kecuali kalo Anda biasa buka-pasang sepatu.

- Ganti kaos kaki satu kali sehari.
Bukan satu kali seminggu.

- Pilih sepatu yang banyak ventilasinya.
Cuman susah cari model sepatu cowok yang kayak gini. Eh, bukan berarti pake sepatu yang depannya bolong, lho!

- Ganti sepatu Anda selang-seling tiap hari.
Tujuannya supaya kuman yang kemaren Anda ternakkan di sepatu nggak makin beranak-pinak dan punya kesempatan buat keluar dari sepatu.

- Jangan langsung pake kaos kaki kalo kaki Anda masih basah setelah dari toilet.
Angin-anginkan kaki Anda sampai kering betul, baru Anda boleh pake kaos kaki.

- Kalo kaki Anda bau banget, sebelum pake kaos kaki, balur dulu sela-sela jari kaki dengan bedak tabur.
Lebih bagus lagi kalo bedaknya aroma mint. Jangan pake bedak kucing ya.

- Jangan sekali-kali nyemprotin parfum ke kaki Anda.
It never works! Please dong, ah!

Nah, sekarang kaki Anda nggak bau lagi deh. Mau coba selipin kertas suaranya di kaos kaki Anda? Kalo muat lho yaa..