Friday, April 3, 2009

Serasa Jelangkung


Kalo kayak gini caranya, gw mau minta dikontrakin jadi bintang film sekalian. Jelangkung aja bisa bikin film sampai jadi trilogi, emangnya gw nggak bisa?

Ceritanya gini lho. Staf kantor gw baru punya bayi. Bininya ngelahirin dua minggu lalu, dan tadi malem keluarga itu bikin selametan gitu lah. Gw diundang juga, dan seharusnya gw datang.

Acaranya diadain selepas solat Isya. Ini yang bikin gw ketar-ketir. Pasalnya gw susah berkeliaran kalo udah malem hari, takut nyasar, hehehe..

*Emangnya kenapa, Vic? Kalo udah malem, lu jadi rabun ya?*

(Hush! Emangnya gw ayam?!)

Gw udah pernah cerita kan, Pulang Pisau tuh pelit banget kalo disuruh bikin lampu jalan. Akibatnya kalo udah gelap, kota jadi gulita. Makanya gw nggak pernah keluar dari apartemen gw selepas Maghrib. Seumur-umur cuman sekali gw keluar sendirian malem-malem, yaitu pas ada pasar malem persis di depan apartemen gw.

Gw takut gelap bukan lantaran takut ditodong atau takut dedemit. Di Pulang Pisau nggak ada perampok, coz penduduk lokal takut kebawa sial kalo malingin barang orang. Dedemit mungkin ada, tapi kayaknya dedemitnya takut sama gw. Gw kan galak.. hahahah!

Gw takut jalan di tempat gelap coz takut nginjak ular. Gimana gw mau menghindar kalo ularnya nggak keliatan?!

Makanya gw selalu resah kalo dapet undangan malam-malam. Kalo gw dateng, jalannya susah. Tapi kalo gw nggak dateng, gw jadi nggak enak sama yang ngundang. Dulu di Bandung kalo ke undangan, gw datengnya rame-rame. Lha di Pulang Pisau kan gw single fighter gitu lho..

Akhirnya sepanjang sore kemaren gw ngitung-ngitung kancing. Dateng, enggak. Dateng, enggak. Tadinya mau ngitung pake tokek, tapi di apartemen gw nggak ada tokek.

Lalu setelah adzan Magrib, PLN menyelesaikan kebimbangan gw. Jiaah..mati lampu lagi! Hahahah!

Kesiyan staf kantor gw yang bikin hajatan. Gw belum nelfon buat bilang gw batal dateng coz mati lampu telah sukses menghajar seluruh Pulang Pisau. Semoga bayinya jadi anak saleh yang diberkahi Tuhan.

Anda yang pernah bikin hajatan, mungkin punya masalah sama. Anda sudah ngundang, tapi yang diundangnya nggak dateng. Jangan kecil hati, sebenarnya nggak ada lho yang mau nolak ajakan makan-makan gratis, apalagi kalo itu Anda sendiri yang masak. Ini alasan kenapa orang nggak dateng ke hajatan Anda:

MATI LAMPU
Gimana mau dateng ke pesta kalo pestanya mati lampu? Ntie mau ambil hidangan di meja, malah nyasar ambil tas orang. Mau salaman, malah ngegrepe bodi orang. Bisa berabe kan?

ACARANYA MALAM
Yang diundang itu nggak merasa aman jalan di tempat gelap di luar rumahnya. Kayak gw ginilah.

HUJAN
Udah ujan, nggak ada ojek, becek.. Wah malu nanti kalo tamu dateng ke hajatan Anda dalam keadaan basah kuyup dan kotor penuh lumpur.

TANGGALNYA TERLALU CANTIK
Anda mungkin bilang ini hari baik buat bikin hajatan. Sialnya, orang lain juga mikir ini hari ideal buat hajatan mereka. Akibatnya tamu Anda bingung mesti dateng ke hajatan yang mana coz kebanyakan undangan.

NGGAK PUNYA TEMAN KENCAN
Gw bingung kalo harus datang sendirian. Mau dateng sama suami, tapi nggak punya suami. Mau dateng sama pacar, tapi Brad Pitt lagi sibuk. Mau dateng sama Pak Bupati, takut disirikin Bu Bupati. Mau dateng sama teman cewek, takut dikira lesbian. Serba salah!

ANDA BIKIN HAJAT PAS TAMU MALAH ADA KEPERLUAN LAIN
Anda ngundang tamu ke hajatan malam-malam, padahal saat itu tamu Anda harus kerja. Soalnya dia kan dapet giliran ronda Siskamling!
Tapi yang lebih repot lagi, kalo Anda bikin hajatan yang waktunya tabrakan sama pertandingan Piala Dunia atau Piala Eropa. Waduh!

NGGAK BISA MASUK!
Tamu udah dateng ke hajatan Anda, tapi nggak bisa masuk ke venue. Pasalnya, tamu yang datang kepenuhan. Mau salaman sama Anda aja kudu ngantre dulu. Yang parah, parkir aja nggak bisa, coz tempat parkirnya udah kepenuhan, sampai tukang parkirnya sendiri merasa harus ngusir Anda.

NGGAK ADA TRANSPOR
Anda bikin hajatan di Pekanbaru, padahal rumah tamu Anda di Pulang Pisau? Gimana tamu mau dateng, padahal belum ada angkot jurusan Pekanbaru-Pulang Pisau? Apa Anda mau antar tamu Anda sendiri pulang ke rumahnya?

Itulah nasib tamu undangan. Seneng sih udah diundang, tapi datengnya penuh perjuangan. Istilahnya, mereka dateng tak dijemput, pulang tak diantar. Jadi bingung, ini tamu undangan, atau jelangkung..?