Thursday, April 23, 2009

Tes Parno


Demam kamera CCTV nggak cuma menimpa Google Earth yang sekarang masang kamera CCTV di jalan-jalan kota London buat nyutingin gerak-gerik penduduknya. Sebuah SMK di Banjarmasin bahkan juga ikut-ikutan latah masang kamera CCTV di ruang Ujian Nasional. Padahal gw hafal banget kalo Banjar itu sering mati lampu, thanx to PLN.

Untung gw udah bukan anak sekolah lagi, jadi gw nggak perlu kuatir harus ujian sambil dipelototin kamera CCTV. Bukan apa-apa, gw paling sebel aja kalo ada orang nontonin gerak-gerik gw via kamera itu. Emangnya gw Truman Show, apa?

Ulah sekolah masang kamera CCTV nunjukin bahwa keparnoan sekolah terhadap aksi nyontek murid udah masuk pada taraf menggelikan. Seolah nggak cukup aja ada peraturan bahwa "Selama ujian siswa tidak boleh menggunakan HP. Semua HP harus dititipkan kepada Pengawas Ujian." Poin ini bikin gw ngakak. Hari gini murid pasti bawa HP. Minimal buat nelfon bonyoknya kalo dia bakal pulang telat ke rumah. Sekarang kalo semua murid nitipin HP-nya ke Pengawas, di mana Pengawas akan nyimpan HP-HP itu selama ujian? Gw curiga pengawasnya udah nyediain kantong besar khusus untuk nyimpan HP. Tapi kayaknya nggak mungkin deh, coz Dinas Pendidikan nggak mungkin bikin anggaran khusus buat beli trash bag untuk dibekalin ke Pengawas. Jangan-jangan HP-HP itu digelar satu per satu di atas meja Pengawas di depan kelas. Jadi tampangnya bingung, ini pengawas ujian atau tukang jual HP? Kok nggak sekalian Pengawasnya teriak-teriak, "Dipilih..dipilih..dipilih.."

Lalu yang mengganggu, ada tipe Pengawas yang saking takutnya sama murid nyontek, lantas kerjaannya hilir mudik di antara meja-meja murid. Sekarang sih peraturannya, Pengawas harus mengawasi di depan kelas, tidak boleh mondar-mandir karena dapat mengganggu konsentrasi peserta ujian. Tapi kan ada aja Pengawas yang (pura-pura) nggak tau peraturan itu, contohnya di sebuah sekolah di Jogja. Mumpung nggak ada yang ngebacain peraturan Pengawas sebelum ujian. Apakah Pengawas mondar-mandir bak penderita kremian termasuk melanggar aturan ujian? Apakah pengawas yang begini bisa dikeluarin dari ruang ujian?

Apalagi kalo hilir mudiknya pake stiletto yang bunyi klathok-klathok, rasanya pengen banget gw tempelin sol sepatunya pake permen karet. Berisik, tau!

Tapi yang paling nyebelin adalah Pengawas yang saking parnonya sampai nongkrongin meja murid dan nontonin murid ngitemin lembar jawaban. Menurut pengawasnya, takut sang murid nyontek. Tapi muridnya yang jadi sebel coz grogi diliatin. Lebih parah lagi kalo muridnya tipe narsis yang gampang ke-ge-er-an. Kalo sekiranya muridnya nggak takut di-DO, mungkin dia bakalan nggugat, "Ada apa liat-liat? Bapak naksir saya ya?"

Temen gw, Suli, 14, pernah hampir semaput waktu guru nongkrongin meja dia pas ujian SMP kami. Suli megap-megap, pucat, dan tampak mau muntah. Pengawas ngira Suli grogi coz mau ketangkap basah bawa kebetan. Tapi begitu Pengawasnya minggat dari mejanya, Suli langsung bernapas lega.

"Kamu tadi kenapa?" tanya Little Laurent pas pulangnya.
"Bapak itu tadi.." Suli masang air muka nggak enak. "...parfumnya nyengat banget!"

Little Laurent belajar dari pengalaman itu.
*Gw punya tips supaya Pengawas nggak mau deket-deket meja gw.*
(Apaan? Mejanya lu pasangin bawang ya?)
*Bukan! Kalo ada Pengawas deket-deket gw, gw buru-buru tutup idung sambil ngernyit-ngernyit belagak kebauan gitu. Jadinya Pengawasnya jiper dan nggak PD, coz disangkanya badannya bau..*

Intinya, mestinya Dinas nggak perlu parno berlebihan kalo murid bakal nyontek. Kesannya murid tuh kayak maling aja deh. Banyak yang lupa, bahwa nyontek bukanlah urusan mencuri jawaban ujian. Nyontek adalah "kreativitas mencari KESEMPATAN mendapatkan opini kedua dalam kondisi KESEMPITAN". Kalo hasil contekannya bener, artinya muridnya kreatif. Tapi kalo udah nyontek ternyata jawabannya salah pula, berarti emang dasar muridnya bloon. Kenapa dia nggak bisa mikir dengan benar? Dan yang lebih penting, kenapa dia sampai nggak punya mental percaya diri? Itu yang jadi pe-er besar buat Dinas Pendidikan.

Singkirkan kamera CCTV itu. Pengawas duduk manis aja di depan kelas. Dan berhentilah bertingkah bak tukang kulakan HP.

Kalo emang takut muridnya nyontek, bikin aja soal ujiannya esai semua. Dijamin muridnya nggak ada yang nyontek!

*Ya ampun, Vic, itu sih bukan cuman muridnya yang jadi susah. Yang meriksa ujiannya juga ikutan disiksa!*