Friday, December 11, 2009

Koin Ngedhen


Apakah Anda senang menabung? Pasti waktu kecil Anda pernah punya celengan. Mulai dari yang kelas sederhana seperti celengan dari kaleng susu, sampai yang kelas "nyeni" macam celengan ayam dari porselen. Gw kadang-kadang nggak ngerti kenapa pengrajin porselen bikin celengan bentuk ayam, bentuk kodok, sampai bentuk semar. Apa ada orang mau nyelengin duit di situ? Kan kalo mau ngambil duitnya harus mecahin celengan dulu, kan sayang patung semarnya kalo dipecahin?

Nah, waktu kecil gw punya celengan dari plastik. Gw tuh rajin banget nyimpen koin dari bonyok gw, mulai dari yang nominalnya kecil sampai besar. Dulu kan nggak ada tuh koin Rp 1000,-, adanya juga cepek, dan itu pun kalau gw dapet, gw langsung melonjak-lonjak. Kalau ada koin cuma Rp 5,- pun gw juga seneng-seneng aja tuh buat gw celengin. Aje gile, duit Rp 5,- buat apa yah? Eh, jangan salah lho, dulu harga Rp 5,- udah bisa beli kripik di kantin sekolah. Itu tahun '88.

Singkat cerita, pas pertengahan masa gw jadi anak SD, tuh celengan akhirnya penuh juga dan gw pengen bawa duitnya buat ditabung di bank. Tapi gw bingung gimana caranya nanti orang banknya buka celengan gw, coz mereka belum tentu punya obeng. Apakah gw harus bawa obeng dari rumah buat buka celengan di bank? (Dari sini sudah ketauan sifat gw yang nggak mau ngerepotin orang lain, hehehe..) Jadi akhirnya setelah mengadakan perundingan dengan bonyok gw, dipastikan gw akan buka celengan gw pakai obeng sendiri di rumah, lalu biar nggak berat, nanti duit koinnya dituker lagi pakai duit kertas dari nyokap. Jadi nanti orang banknya cukup ngitung hasil tabungan gw duit kertas aja, nggak usah duit logam. Saat itulah gw nanya ke nyokap, kenapa nggak dari dulu-dulu aja gw dikasih duit kertas buat celengan, tapi malah dikasih duit logam? Kan kalau nyelenginnya duit kertas, hasil tabungannya lebih banyak? *ini Little Laurent mulai matre*

Maka gw bukalah tuh celengan pakai obeng. Dan keluarlah itu koin-koin sampai bunyinya krincing-krincing muntah. Dasar namanya juga anak SD, mata gw berbinar-binar bahagia melihat koin-koin hasil tabungan gw bertahun-tahun, bak Ali Baba lihat duit emas di sarang penyamun.

Lalu mulailah gw numpukin satu per satu menurut pecahannya. Ada Rp 5,-, ada Rp 10,-, ada Rp 25,-, ada Rp 50,-, ada Rp 100,-. Lalu gw itungin satu per satu di tiap pecahan. Ngitungnya manual lho, pakai kertas buram dan pensil, coz waktu kecil itu kan gw belum bisa pakai kalkulator. Adek gw yang waktu itu masih balita, udah gw larang deket-deket. Soalnya gw takut adek gw ngambil duit koin gw, terus duitnya dia pakai buat main pasar-pasaran..

Dan saat itulah gw ngerasain, yang namanya ngitung koin itu sampai ngedhen lantaran pusing karena ngitung koinnya satu per satu. Belum lagi punggung pegel-pegel coz ngitungnya sambil mbungkuk di lantai. Alhasil, setelah selesai ngitung koin sesorean itu, gw merengek-rengek ke asisten pribadi nyokap gw buat minta dipijitin!

***

Oleh sebab itu, gw berdoa mudah-mudahan Rumah Sakit Omni yang nuntut Prita Mulyasari sampai Rp 204 juta itu udah nyediain tukang pijat. Prita nggak akan bayar sendiri, dia udah ditalangin pakai duit koin-koin yang dikumpulin dari seluruh Indonesia.

Gw bayangin, Prita betul-betul bayar denda Rp 204 juta itu dalam bentuk koin. Akan ada tumpukan koin yang sangat bejibun, digotong rame-rame ke gedungnya Omni. Dan Omni boleh ngitung koin itu sendiri kalau nggak percaya jumlahnya, sampai ngedhen, sampai lidahnya melet dan punggung mau putus. Eh, nggak ada yang bilang duitnya harus ditransfer, kan? Duitnya boleh dibawa setangan, kan?

Setiap satu sen itu berharga, nggak cuman sepele. Duit Rp 204 juta itu berharga besar buat rakyat kecil yang buta hukum dan miskomunikasi basa-basi macem Prita. Gw sendiri dokter, dan gw sangat bersimpati kepada dokter-dokter yang merasa nama baiknya dicemarkan dalam kasus ini, dan gw setuju mereka berhak minta nama baiknya direhabilitasi, tapi menuntut sampai ratusan juta gini terlalu berlebihan. Omni bisa aja dapet 204 juta sebagai ganti rugi pencemaran nama baik. Tapi kerugian yang harus ditanggung lantaran udah kadung dicap jelek masyarakat sebagai rumah sakit yang arogan, jumlahnya jauh berlipat dari sekedar angka Rp 204 juta. Dan duit itu nggak akan bisa diperoleh instan, tapi akan memakan kampanye promosi yang perlu waktu bertahun-tahun.

Coba sesekali, berhenti mikir a la duit kertas, apalagi mikir a la duit transferan. Sekali-kali kita mesti mikir a la duit koin, yang kalo mau diitung mesti sampai ngedhen. Dan kita akan menyadari, ada satu hal di dunia ini yang nggak akan bisa dibeli pakai uang, dan hal itu bernama "kepercayaan".

Turut berduka cita buat para pegawai Omni yang terancam dirumahkan, coz berkat pemberitaan media yang terlalu berat sebelah, kini gw meramalkan dengan sedih bahwa rumah sakit itu akan gulung tikar. Dan kali ini, gw sangat berharap bahwa ramalan gw sangat salah.