Monday, June 22, 2009

Dokter Gaptek Gelagapan

Cuma 20% dokter yang ada di Jawa Tengah yang ternyata bisa menggunakan komputer. Dari angka 20% itu, sebagian aja yang punya alamat e-mail. Ini hasil survey yang diperoleh dari asosiasi dokter di Jawa Tengah. Sungguh mengharukan bahwa ternyata sebagian besar dokter masih gaptek.

Dan tantangan terhadap para dokter yang gaptek pun sudah mulai keliatan. Dua minggu lalu, gw dikontak seorang blogger asal Malang. Bininya blogger ini lagi hamil muda, dan kerjaannya muntah-muntah melulu. Dibawalah bininya ke seorang dokter kandungan kawakan di rumah bersalin paling ngetop di Malang, lalu sang dokter ngasih resep. Bukannya ditebus resepnya, sang blogger malah googling obat di resep itu. Hasil googling-nya mengejutkan, obat tersebut diindikasikan buat orang yang muntah-muntah setelah kemoterapi. Merasa gelisah, sang blogger pun minta pendapat kedua ke gw.

Gw bisa merasakan keresahan sang pasien dan suaminya. Muntah hamil itu biasa, tapi mosok mau disamain dengan muntah kemoterapi? Tapi gw juga harus mikir a la sang dokter yang nulisin obat itu. Dan sungguh kebetulan aja gw kenal nama dokter yang bersangkutan, dan gw kudu respek terhadap jumlah gelar akademisnya yang lebih banyak dari gelar gw, sehingga gw singkirkan dugaan bahwa kolega gw sembrono. Gw nebak bininya sang blogger muntah-muntah begitu hebat, sampai-sampai kolega gw kudu ngasih obat antimuntah yang terlalu kuat. Dan langsung disangkal oleh sang blogger bahwa bininya itu cuma muntah pas pagi doang.

Ini menunjukkan bahwa tingkat kewaspadaan pasien sudah makin tinggi. Pasien ngga mau lagi terima tindakan dokter mentah-mentah dan mereka nggak segan-segan cari internet buat cari aman dari tindakan dokter yang disangkanya mencurigakan. Tapi berkaca dengan apa yang gw tulis di alinea pertama, dokter yang ngga waspada terhadap pasien pintar, akan kerepotan. Kalo aja dokter yang gaptek sampai didatengin pasien blogger aja, bisa dipastikan dia ngga akan dapet kepercayaan.

Ikatan Dokter Indonesia ternyata ngga main-main menertibkan dokter yang berani praktek di wilayah Indonesia. Dokter yang mau praktek harus punya surat ijin praktek. Syarat dapet suratnya, kudu punya surat tanda registrasi. Surat ini wajib diperpanjang ulang saban lima tahun. Supaya boleh diperpanjang, dokternya kudu ikut ujian kompetensi. Bisa Anda bayangin seorang dokter kudu ikut ujian lima tahun sekali kayak anak sekolah?

Di Amerika Serikat, semua dokter kudu ujian lima tahun sekali. Tapi cara ini ditolak di Eropa. Dokter Eropa bilang, ujian ngga bisa jadi patokan untuk menentukan apakah dokter masih mampu ngobatin pasien apa enggak. Mereka bilang, yang penting prosesnya dokter itu untuk terus belajar biarpun sudah ngga kuliah lagi. Karena yang namanya ilmu kedokteran itu selalu berkembang. Jadi kalo dokternya ngga mau belajar, otaknya pun kadaluwarsa.

Di Indonesia, ujian lima tahun sekali untuk dokter ditolak mentah-mentah. Kalo yang disuruh ujiannya masih ranum binti segar kayak gw ini, masih panteslah. Tapi kalo yang disuruh ujiannya udah bangkotan, gaek, apa pantes disuruh jawab soal tes macam anak SD? Kalo dokter yang udah profesor ternyata ngga bisa jawab 55% soal dengan benar aja, apakah lantas dianggap ngga lulus dan ngga mampu praktek? Atau jangan-jangan dokter yang ngga lulus ujian kudu ikutan semacam Kejar Paket C gitu?

*masih sentimen sama UN :-P*

Dan jangan lupa, di Indonesia, faktor senioritas masih favorit. Masih banyak pasien yang lebih rela dipegang dokter yang udah tua ketimbang oleh dokter yang lebih muda. Istilahnya, makin botak dokternya, makin banyak pasiennya. Makin banyak ubannya, makin subur rejekinya. Maka ngga heran, jarang banget dokter yang beli semir rambut. :-)

Siyalnya, faktor usia tinggi tidak berbanding lurus dengan faktor kemauan dokter untuk terus belajar. Dokter makin berumur, makin banyak pengalaman, makin rame prakteknya, makin sibuk, akibatnya ngga sempat lagi update ilmu. Contoh kecil, obat tifus yang manjur 10-20 lalu, sekarang udah ngga mempan lagi dan kudu diobatin pake golongan obat yang baru. Tapi dokter yang lulusnya 20-30 tahun lalu dan ngga pernah mau belajar lagi, masih setia dengan obat tifusnya yang jadul, sementara pasiennya udah klepek-klepek.

Tidak mungkin dokter kalo mau balik ke bangku kuliah lagi supaya bisa belajar. Jalan paling murah dan efektif, ya kudu belajar via internet. Persoalannya, gimana dokter mau baca internet, kalo mau nyalain komputer aja kudu panggil-panggil anaknya dulu?

Dan hasil akhirnya bisa ditebak. Dokternya gaptek, akhirnya ketinggalan jaman. Akibatnya pas waktu ujian, jadi ketar-ketir sendiri. Ngga lulus, ya ngga boleh daftar ulang. Dan ujung-ujungnya, ngga boleh praktek secara legal.

Kasus tuduhan malpraktek dan prasangka miskomunikasi yang omong kosong itu hanya efek samping dari kegagapan dokter menghadapi pasien yang terlalu cerdas. Dokter kudu antisipasi. Kalo ngga, akan makin banyak dokter senior yang nyogok hanya untuk memperpanjang surat ijin prakteknya.