Tuesday, June 9, 2009

Ganyang!


Keluarga ibu kost gw nggak piara ayam. Jadi gw tercengang ketika suatu pagi gw mendapati ayam ini bertengger di sofa teras rumah ibu kost gw. Pikir gw, ayam ini nggak tau sopan-santun. Orang tuh kalo duduk di sofa, mestinya kakinya nggak boleh naik ke sofa. Lha ayam ini malah naik berikut kakinya ke atas sofa, berdiri pula! Dasar ayam bloon nggak tau tata krama. Mbok ayamnya duduk napa, sih?!

Little Laurent ngernyit. *Vic, emang ayam bisa duduk?*
Vicky membantah sengit. (Ayam mengeram sambil duduk!)

Ibu kost gw udah bosan bolak-balik ngusir ayam piaraan tetangga sebelah yang suka mampir ke rumah kita itu. Tuh ayam suka nyampah di teras, bikin kotor aja. Sampai ibu kost gw bilang ke tetangga, tuh ayam punya situ dikurung aja di kandang, biar nggak suka beranjangsana ke rumah kita. Tapi si tetangga cuek aja, persis kelakuan ayamnya.

Semula gw sempat kepikiran buat bilang aja ke ibu kost gw, kalo tuh ayam nekat lagi masuk teras rumah kita lagi, nggak usah diusir, tapi disate aja sekalian! Tapi kan gw dokter ya, bukan provokator pertengkaran antar tetangga, hahaha. Jadilah kita kudu puas dengan hanya magarin teras doang, supaya ayamnya segan masuk teras.
*Emangnya ayam punya rasa sungkan?*
Akibatnya ayamnya cuman berani main di halaman rumah kita doang.

Sebenarnya ibu kost pengen bikin pager buat membatasi halaman rumahnya dengan halaman tetangga. Dengan begitu ayam tetangga nggak perlu nyasar segala ke halaman rumah ibu kost. Tapi ya itulah, kalo di dusun, bikin pager bisa dianggap sombong kepada tetangga, nggak mau gaul, sok eksklusif, ya gitu deh. Padahal kan alasan bikin pager kan perlu juga buat keamanan, antara lain ya buat menjaga dari satronan ayam tadi.

Kadang-kadang kita perlu merasa resah kalo wilayah teritori kita dimasukin orang lain tanpa seizin kita. Ini baru urusan ayam tetangga nyatronin teritorinya ibu kost gw. Gimana kalo skala lebih gede, misalnya orang Malaysia masuk ke Ambalat, ngambil kekayaan bumi laut Indonesia, padahal mereka nggak minta izin dulu? Ini kan sama aja kayak ayam tetangga nginjak-injak teras rumah ibu kost gw. Mungkin pantas aja kalo penyatron-penyatron Malaysia itu diganyang aja dan kita jadikan "sate"?

*Ssst..Vicky, nggak boleh kanibal! Mau disamain sama Sumanto ya?*

Tidak, menurut gw, tembak aja orang-orang yang berani masuk ke Indonesia tanpa izin itu, lempar mercon ke udara, pukul kentongan yang kenceng, sambil teriak, "Maling! Maling!"

*khas dusun banget*

Persoalan antar tetangga ini udah kronis, bawa aja ke ketua RT-nya alias Mahkamah Internasional. Orang mana yang nggak berhak mempertahankan diri waktu dirinya disatronin orang lain tanpa izin? Negara-negara lain melakukannya, dan itu sah. Memangnya apa sih gunanya kita punya Angkatan Bersenjata?

Untung blog gw sebagai rumah maya gw belum pernah disatronin maling. Ya maling password, atau komentator jorok. Mungkin karena jemaah penonton gw sopan-sopan, jadi nggak ada yang menarik minat gw buat gw jadiin sate. Kalo enggak, udah dari dulu gw lapor ke Mbah Gugel atas dasar pengaduan terhadap "dismannered visitor".

Anda juga melindungi rumah Anda sendiri kan? Jangan malu-malu kalo ada ayam atau maling masuk ke rumah Anda tanpa permisi. Ganyang saja!