Tuesday, June 30, 2009

Tahan Berry Item

Waktu pertama kali gw diumumin harus berangkat ke Pulang Pisau sembilan bulan lalu, yang pertama gw lakukan adalah mastiin gimana gw tetap bisa ngeblog meskipun gw terperangkap di dusun yang nggak ada warnetnya. Tau senjata gw satu-satunya adalah HP, maka gw pun mastiin kartu seluler yang gw punya sinyal di Pulang Pisau, dan HP gw harus bisa main internet. Nggak ada ceritanya blogger nggak bisa ngeblog biarpun berada di dusun terpencil sekalipun.

Dua poin di atas aman terkendali, sampai dua musibah menimpa gw dalam bulan ke-10 gw berada di sini. Pertama, HP gw kena virus. Nggak nyaman banget buat dipake ngeblog. Lalu gw telepon customer service-nya, dan orang-orang itu ngasih tau gw dengan intonasi nada seperti robot bahwa gw sebaiknya membawa HP gw ke service center resmi mereka di Banjar. Yang bikin gw sangat keberatan coz kalo ke Banjar berarti kudu korban biaya banyak, lebih banyak daripada harga perbaikan HP itu sendiri. Biaya akan bisa ditekan jauh lebih rendah kalo aja mereka punya service center di Palangka. Tapi ternyata merk HP yang gw pake ini nggak punya kantor perwakilan resmi di Palangka. Bikin gw mesem-mesem kecut, kalah nih, soalnya merk HP saingan mereka punya service center di Palangka.

Lalu musibah kedua udah gw beberin kemaren, perkara operator seluler gw yang GPRS-nya mogok dan mereka suruh gw bawa ke kantor pelayanan mereka di Balikpapan. Ini lucu, coz mereka sempat bilang tadinya, mereka nggak punya perwakilan di Kalimantan Tengah tempat gw berada. Giliran gw tanya, "Kalo di Palangka Raya ada, nggak?"
Mereka sempat terdiam sejenak, lalu jawab, "Oh, ada! Ada, Bu!"
Dasar gagap geografi. Ini satu lagi yang nggak lulus SD.

Dua kejadian berturut-turut inilah yang bikin gw narik pelajaran penting, sangat signifikan buat kita mastiin bahwa setiap gadget yang kita miliki, sebaiknya punya kantor service center yang kita tau alamatnya. Supaya kalo ada masalah apa-apa dengan barang yang udah kita beli itu, bisa diservis oleh produsen resminya.

Minggu ini diawali kehebohan bahwa negeri kita berhenti ngimpor Berry Item legal. Alasannya sederhana aja, coz Berry Item ternyata nggak punya service center resmi di Indonesia. Alamak, gw bahkan baru tau itu! Kalo seseorang di Indonesia punya Berry Item, lalu tiba-tiba Berry Item-nya rusak, maka satu-satunya kantor perwakilan resmi produsen Berry Item yang bisa nolongin dia adalah kantor mereka di...Singapur. Whaaat??!

Sebagai seorang blogger yang selalu gatel buat nulis, gw harus ngakuin bahwa HP yang gw miliki sekarang sudah nggak bisa lagi ngimbangin kecepatan gairah nulis gw yang meluap-luap. Nggak ada yang gw pengenin sekarang selain HP baru, dan satu-satunya HP yang gw idam sekarang hanyalah Berry Item. Gw bahkan sedang gadang-gadang akumulasi gaji gw selama setahun terakhir, apakah gw cukup bijak untuk mengurasnya sedikit supaya gw bisa beli Berry Item. Dan berita dari Depkominfo ini cukup mengejutkan gw.

Dengan adanya kedua musibah yang udah nimpa gw terakhir ini, gw nggak yakin sekarang apakah gw masih mau beli Berry Item. Gw yang cuman berada di Pulang Pisau aja udah mikir berkali-kali buat bawa HP gw ke Banjar yang jaraknya cuman dua jam perjalanan darat. Nggak kebayang kalo HP gw yang rusak itu Berry Item, masa' gw kudu pesen tiket pesawat ke Sinx cuman buat perbaikinnya?

Gaya itu oke. Fungsional itu wajib. Tapi salah satu syarat wajib kita kalo mau beli barang elektronik, cek dulu pelayanan purnajualnya. Ada garansinya, nggak? Kalo barangnya rusak, di mana bisa perbaikinnya? Makin dekat posisi kantor service center-nya dengan posisi rumah kita, makin bagus. Dan akan jauh lebih oke kalo mereka punya kantor service yang bertebaran di seluruh propinsi Indonesia. Singkatnya, kalo kepingin suatu barang tuh, ya beli hari ini, tapi puasnya kudu selamanya, bukan cuman satu-dua bulan doang.

Sebaiknya orang-orang Kanada di Research in Motion yang bikin Berry Item itu mulai berpikir buat buka kantor perwakilan resmi di Indonesia. Kalo bule-bule itu emang ogah tinggal di Indonesia, setidaknya mereka kudu ngajarin teknisi-teknisi negeri kita supaya bisa perbaikin Berry Item sesuai standar mereka. Kita bukan konsumen bloon, kan? Masa' mau jual barang doang ke kita tapi nggak mau beresin kalo barangnya rusak?

http://georgetterox.blog.friendster.com
www.georgetterox.blogspot.com