Saturday, June 20, 2009

Mendadak Batik

Ini satu lagi cerita dari jaman jahiliyah pas gw masih jadi mahasiswa magang dulu. Dulu tuh kalo ujian akhir kedokteran kan ujiannya lisan, yang selalu bikin ketar-ketir coz ujiannya sangat subyektif dan bergantung kepada kebaikan hati sang dosen penguji. Maka banyak beredar tahayul-tahayul konyol mengenai dosen penguji. Contoh kecilnya, ada seorang dokter yang katanya langsung kasih nilai jelek kalo mahasiswanya nggak bilang Assalamu'alaikum, padahal mahasiswanya belum tentu juga muslim. Dosen penguji gw sendiri konon suka kasih nilai bonus kalo disuguhin teh botol. Alhasil pas gw mau ujian sama dia, bukannya belajar, gw malah sibuk nyari tukang teh botol.

Dari tahayul-tahayul konyol itu, nggak ada yang lebih konyol selain yang menimpa kolega-kolega gw, sebut aja namanya Fitri dan Udin, 23. Dua orang ini baru tau bahwa besoknya mereka mau diuji seorang psikiater, sebut aja namanya dr Rya. Waduh yang namanya dr Rya nih, kalo ujian ngetes nya berbelit-belit banget. Dan yang konyol, tahayul yang terkait dengannya ialah dos-q seneng banget pake baju batik.

Wuaa..Fitri dan Udin langsung panik coz merasa mereka juga kudu ujian pake baju batik. Padahal mereka kan nggak punya baju batik, ke mana ya nyari baju batik, sementara ujiannya tinggal sehari lagi? Jadilah Fitri ngobrak-abrik lemari bajunya dan akhirnya nemu rok batik. Lha Udin mau dapet celana batik di mana? Pikir punya pikir, akhirnya pas ujian besoknya, Udin pake seragam batik SMA-nya!

Dan kayaknya penyakit dosen di mana-mana sama aja: sok sibuk. Belagak lagi kebanyakan pasien gendheng, dr Rya nyuruh Fitri dan Udin yang udah siap berbatik-ria itu nunda ujian sampai..besok. Jadilah kedua mahasiswa malang itu terpaksa pake kostum batik yang sama, dua hari berturut-turut!

Pelajaran kecil bagi kita: Selalu sedia baju batik di rumah.
Supaya jangan kayak kejadian temen gw berikut ini.

Ira, 27, pegawai biro hukum, baru nulis di Facebook-nya kemaren. Bossnya ngumumin bahwa mulai minggu depan, tiap Jumat, tiap pegawai kudu pake baju batik. Ira langsung kalang kabut berburu baju batik, lha di apartemennya dia nggak sedia baju batik?

Yang mana itu disambut teman-temannya sembari bersungut-sungut. Berarti tiap orang harus beli baju batik yang banyak, supaya tiap Jumat nggak pake baju batik yang itu-itu aja. Itu kan namanya memaksa pegawai keluar duit banyak? Lagian perasaan waktu teken kontrak dulu, nggak ada pernyataan wajib pake batik tiap Jumat deh. Ini kalo nggak make batik, gaji disunat, nggak?

Gw mikir, kenapa mesti Jumat, ya? Kenapa hari batiknya nggak tiap Kemis gitu, atau saban Rebo. Lagian kalo gw jadi boss, gw nggak akan mendeklarasikan Jumat sebagai hari batik, melainkan sebagai hari Aku Cinta Indonesia. Jadi pegawai gw bisa kreatif sendiri, nggak mesti pake batik. Mungkin ada yang pake baju bodo, pake blangkon, pake ulos, pake beskap. Lebih parah lagi ada yang cuman pake kemben dan sendal jepit doang. Lho, katanya cintailah budaya Indonesia?

*Itu menjelaskan kenapa sampai sekarang lu nggak pernah direstui jadi boss, Vic. Gimana kalo pegawai mengapresiasi program lu itu dengan pake koteka?*

Sejauh ini kelemahan batik, gw rasa, nggak bisa sering-sering dipake. Kalo sering dicuci, warnanya jadi bulak. Kalo mau warnanya tetap bagus, nyucinya ya pake deterjen khusus batik. Makanya jarang-jarang gw mau pake baju batik kesukaan gw ini. Cuman dipake buat hang out dengan orang-orang bonafid doang, hahaha..

http://georgetterox.blog.friendster.com
www.georgetterox.blogspot.com