Thursday, June 11, 2009

Quality Time


Seleb macam kita kadang-kadang nggak bisa terus-menerus meladeni dunia. Ada saat-saat tertentu ketika kita kepingin sendirian, atau maksimal hanya ingin bersama orang dekat aja. Itulah yang kita sebut "quality time", ketika kita nggak mau buka pintu buat orang lain.

Seperti gw misalnya, kalo udah masuk rumah, yang gw mau cuma pake daster gw yang paling adem, melumuri muka dengan masker, bikin adonan kue brownies, sambil nonton maraton Sex and the City. Dan kalo sampai ada orang gedor-gedor rumah, gw bisa ngamuk setengah mati. Coz gw nggak bisa menyetop quality time gw; gw ogah ganti baju yang lebih sopan, adonan kuenya nggak boleh ditinggal, maskernya belum kering, dan Carrie dan Big lagi tindih-tindihan. Itulah sebabnya gw butuh asisten pribadi yang bisa gantiin gw. Supaya dia bisa bilang ke tamu tak diundang, bahwa:
1. Mbak Vicky lagi nggak ada, atau:
2. Mbak Vicky nggak mau keluar, sampai Big berhenti nindihin Carrie.

Yang mana itu belum bisa gw lakukan sekarang, coz gw tinggal sendirian di Pulang Pisau tanpa asisten pribadi. Orang yang paling sering ngegedor pintu gw adalah bapak kost gw. Pura-pura minta diperiksa, padahal dia cuma mau liat muka gw. Dan dia lebih sering ngegedor pintu apartemen gw ketimbang ngegedor kamar bininya. Pusing gw mau nolak buka pintu buat dia, lha gw lagi pake masker..?

Dan kalo Anda ngira itu hanya masalah biasa di dunia nyata, Anda salah. Pernahkah Anda mikir bahwa kadang-kadang Anda nggak mau diganggu kalo lagi di dunia maya? Misalnya Anda lagi ngobrol di chatroom sama Angelina Jolie. Lalu tiba-tiba ada orang lain nge-buzz ngajak chatting. Padahal Anda udah pasang status invisible supaya nggak ada orang lain yang ganggu. Apa yang akan Anda lakukan?

1. Bilang pada si teman, Anda lagi ngobrol sama Angelina, jangan ganggu. Besar kemungkinan si teman malah pengen minta ID-nya Angelina.
2. Ngajak si teman ikutan konferensi. Padahal Angelina cuma kepingin ngobrol sama Anda aja.
3. Ngalah. Anda sign out dari chatroom supaya teman nggak merasa dicuekin. Tapi konsekuensinya, Anda jadi kehilangan ngobrol sama Angelina.
Tak ada alternatif yang enak.

Ternyata status invisible di chatroom nggak nolong kita mendapatkan quality time kita. Gw sebal sekarang udah banyak situs yang bisa mendeteksi apakah kita offline beneran atau cuman pura-pura. Akibatnya kita nggak bisa enak-enak lari buat sembunyi. Padahal situs mata-mata gitu buat apa sih?

Quality time adalah masalah etiket. Kalo seseorang milih sembunyi di kamar dan nggak mau ketemu siapapun, gw rasa memang dia lagi nggak siap buat ketemu siapa-siapa. Jadi wajar kalo dia minta penghormatan kita untuk meninggalkannya sendirian. Makanya kalo mau ketemu, telfon dulu.

Dan kalo seseorang itu milih invisible di chatroom, artinya dia memang nggak mau diliat, atau pun diajak ngobrol. Maka wajar aja kalo orang invisible nggak balas buzz-an kita. Jadi ngapain juga pake situs detektor buat liat dia beneran offline atau invisible doang?

Duh, itu ada yang ngetok lagi. Males banget ngeladeninnya. Gimana cara nyuruh dia berhenti ya?