Thursday, June 25, 2009

Gadaikan Prinsipmu?

Ada dua hal yang gw pengen pelajarin, yaitu golf dan bowling. Gw pengen bisa main golf, coz golf itu penting buat ngelobi pengusaha-pengusaha besar. Kita liat kan kalo pengusaha taipan itu olahraga, mereka paling banyak main golf. Jarang banget mereka pake olahraga lain, sepak takraw atau gundu misalnya. Padahal kan dua-duanya sama-sama olahraga gitu lho? Bahkan sepakbola yang katanya olahraga paling populer tuh, nggak seeksklusif golf. Itulah sebabnya kalo Anda kepingin sok mahal dan nggak mau diganggu rekanan-rekanan nggak penting, bikin aja pesan di mesin penjawab Anda, "Maaf, saat ini saya sedang tidak dapat menjawab panggilan Anda, karena sedang bermain golf." Ini jauh kedengeran lebih bergengsi ketimbang jawaban gini, "I'm sorry, I cannot reply you at the moment coz I'm playing football." biarpun Anda ngomong pake logat Oxford sekalipun.

Oke, kenapa gw pengen belajar melobi orang? Anggap aja gw jadi pejabat sebuah rumah sakit yang mau ngadain alat USG 5-D. Maka untuk menyesuaikan anggaran rumah sakit yang mungkin kurang tajir, gw kudu melobi perusahaan farmasi yang bikin alat USG 5-D itu supaya mau jual alatnya itu dengan harga miring. Maka gimana caranya gw melobi itu? Tentu gw kudu make cara-cara elegan, mulai dari ngundang si boss perusahaan ke pesta cocktail di rumah sakit sampai ngajakin main golf.

Cara pertama mungkin bisa diterima, apalagi Little Laurent memang penggemar pesta di mana semua orang mengonsumsi minuman enak dan pake baju bagus.

Tapi belum apa-apa, cara kedua sudah diprotes Little Laurent.
*Nanti kulit kita jadi item! Item itu sexy, tapi hanya kalo kita lagi jalan di atas catwalk atau lagi nonton Java Jazz. Item itu nggak sexy kalo lagi beli cabe di Pasar Bringharjo, kalo lagi ngetem angkot di Tegallega, atau kalo lagi difoto buat bikin SIM. Tukang jual cabe lebih seneng ngeladeni pembeli yang kulitnya putih. Supir angkot lebih seneng ngangkut penumpang yang kulitnya putih. Dan polisi-polisi itu belum tentu bisa make Adobe Photoshop.*

Itu sebabnya kerjaan melobi nggak akan matching buat gw. Karena gw ogah melobi di lapangan golf. Bisakah kita cari tempat ngobrol yang lebih teduh?

Gw nulis ini setelah kemaren gw nyasar ke blog seorang pekerja kreatif. Sebutlah sang blogger ini mimpin suatu proyek video klip. Sang blogger ini merayu manajemen suatu artis supaya mau memercayai perusahaannya buat bikinin video klipnya, dengan bayaran yang besar. Saat lagi enak-enaknya ngelobi di sebuah kafe, si manajer artis tau-tau nyalain pemantiknya dan nyodorin bungkus lisong ke sang blogger.

Sang blogger bimbang. Dirinya nggak ngebul. Di sisi lain, si calon klien telah ngundang dia secara halus buat ikutan ngebul. Ini sedang dalam upaya melobi untuk proyek bernilai jutaan. Akhirnya sang blogger pun, dengan berat hati, ikutan ngebul.

Singkatnya, proyek video klip itu pun di tangan. Tibalah hari pelaksanaan proyek. Si artis yang mau dibikinin videonya itu, mulai minta sesajen macam-macam. Salah satu sesajennya, ternyata juga lisong. Mau nggak mau, sang blogger terpaksa keluar duit buat beliin rokok brengsek itu. Demi kesuksesan proyek.

Ternyata si artisnya masih tipikal artis ndeso. Dia ngebul di mana aja, di studio, di ruang ganti. Dan setelah ngebulnya itu, puntungnya dibuang sembarangan. Dan sang blogger ngomel dalam blognya, bahwa dia yang mesti mimpin upacara pembersihan sampah itu.

Lalu sang blogger pun merenung, apakah si artis ngebul coz emang katrok dari sononya, atau karena merasa area proyek itu ialah lingkungan yang mengijinkan ngebul? Coz kalo jawabannya nomer dua, mungkin itu tidak perlu terjadi kalo dari awal (sejak melobi), pimpinan proyeknya (sang blogger itu sendiri), menunjukkan bahwa dirinya tidak menoleransi rokok.

Ternyata, menjadi diri sendiri itu nggak selalu gampang. Kita sering dapet masalah mempertahankan prinsip kalo mau melobi orang buat melancarkan tujuan kita. Gw nggak mau melobi orang sembari main golf, coz prinsip gw nggak mau kulit gw makin item. Blogger yang gw ceritain ini, sebenarnya ogah melobi orang sembari ngebul, coz prinsipnya dia emang nggak mau merokok. Gampang aja bilang, tinggalkan proyek itu, cari mitra kerja sama yang lain, cari klien yang lain. Tapi gimana kalo urusan proyeknya menyangkut duit yang gede banget? Apakah kita mau menggadaikan prinsip kita untuk prospek yang (mungkin) jauh lebih baik?

Mungkin gw perlu belajar melobi taipan dengan cara lain. Mungkin gw bisa merangsang orang untuk mindahin lobi ke tempat lain.
Ke hall bowling, mungkin. Tapi gw harus cari orang buat ngajarin gw bowling dulu.
Satu-satunya tempat olahraga yang gw kuasai medannya adalah kolam renang. Tapi gw ogah melobi orang yang cuma pake G-String.
Mungkin gw harus tiru kolega gw di dusun sebelah yang melobi Pak Lurah dengan ngajakin main tenis meja. Murah-meriah.

Beuh! Kenapa sih taipan-taipan ini nggak main sepak takraw atau gundu aja?

http://georgetterox.blog.friendster.com
www.georgetterox.blogspot.com