Friday, October 29, 2010

Angin Segar Berkat Foursquare

Lupakan sejenak cerita saya kemaren lantaran sebel gara-gara pegawai di Toko Oen. Sekarang saya ceritain sekuel dari petualangan saya di Malang itu. Kan di toko Oen itu saya berhasil ketemu Siwi Rahayu, juragan warnet asal Singosari yang nyambi jadi mahasiswi di Mulyosari. Kelar nyeruput esgrim yang rasanya biasa-biasa aja di Toko Oen dan ternyata menurut kami malah lebih enak esgrim dari sebuah toko kuno di Surabaya, saya dan Siwi pun hengkang ninggalin toko Oen dan mutusin buat nyeruput cwi mie di kawasan Jalan Kawi.

Ada macem-macem cwi mie yang dijual, tapi mereka mempromosikan cwi mie-nya yang versi hot. Saya sendiri yang sudah kepanasan berhari-hari di Jawa Timur, sengaja pilih yang biasa-biasa aja, nggak usah yang hot. Cwi mienya ada yang rasa ayam, ada yang rasa jamur. Mau cwi mie yang dua-dua rasanya sekaligus nggak pa-pa, tapi harganya nambah.

Pas Siwi lagi milih menu makanan, saya nyalain HP dan seperti biasa saya mau check in di Foursquare. Dengan cepat saya nemu kedai cwi mie itu di Foursquare, yang ternyata jumlah people-nya sudah ratusan dan udah banyak banget yang ngasih tips. Horee..ternyata tempat ini popular, nggak sia-sia Siwi ngajakin saya dugem di sini, batin saya. Eh, eh, pas saya lihat di sudut kanan Foursquare, tau-tau ada tulisan, bahwa kalau ngumumin check in di Foursquare bahwa kita lagi ada di tempat itu, kita dapet diskon 10%!

Whoaa..kuping saya langsung nari-nari baca kata diskon (bayangin aja kuping nari tuh kayak gimana ya?). Saya cross-check ke mbak-mbak di kasirnya, ternyata memang bener. Ya sudah, saya dan Siwi langsung ma’em cwi mienya dengan lahap, sampek mangkoknya pun bersih tandas. Pas saya mbayar, beneran, tagihannya dipotong 10% karena saya check in atas tempat itu di Foursquare. Ihiiyy! *jingkrak-jingkrak*

Ya know, saya memang udah banyak denger di luar negeri sono, bahwa kalau kita check in di Foursquare atas tempat-tempat tertentu, kadang-kadang kita dapet compliment, entah itu berupa sekedar kopi gratis atau voucher ma’em gratis atau entahlah. Tapi sudah setengah tahun saya ikutan Foursquare di Indonesia, nggak pernah saya dapet compliment apapun di tempat manapun yang saya check-in-kan. Mungkin coz para pedagang Indonesia belum begitu nyadar pentingnya Foursquare buat membangun loyalitas pelanggan yah, hehehe. Saya sendiri nggak merasa rugi-rugi amat, coz saya seneng bagi-bagi tips atas tempat manapun di Foursquare, dan mesti saya akuin kalau sedikit banyak Foursquare ikut nyumbang traffic buat blog saya. Namun dengan adanya terobosan kedai cwi mie di Malang yang nawarin diskon 10% buat Foursquarer ini, jelas bikin konsumen dengan seneng hati mau balik ke sana lagi. Saya aja kepingin bawa temen 10 orang ke sana kok buat kecipratan diskon, hehehe..

Sesungguhnya orang-orang yang nggak punya Foursquare adalah orang-orang yang merugi. Mudah-mudahan semakin banyak tempat lagi bagi-bagi compliment buat anggota Foursquarer yang check in di tempat mereka. Yihaaa..!