Sunday, July 29, 2012

Ketika Shalat Jadi Berat

Gambar diambil dari sini
Dulu banget saya pernah baca tulisan seseorang yang ngaku pernah ketemu setan, dia nanya ke setan tentang bagaimana cara setan ganggu ketakwaan manusia. Lalu setan menjawab, waktu dia lihat manusia sholat, si setan itu mengajak teman-temannya yang sesama setan untuk naik ke atas punggung si manusia. Akibatnya manusia jadi merasa pegel sehingga sholatnya jadi dicepet-cepetin supaya segera selesai dan pegelnya ilang.

Sebenarnya saya nggak percaya tulisan itu karena saya rasa bisa ngerumpi sama setan itu lebih mustahilnya dengan ngerumpi sama Michael Jackson. Tapi nyokap saya pernah bilang sama saya kalau ngebangunin saya buat sholat subuh waktu jaman saya masih a-be-geh itu, kalau saya males bangun, itu pasti tandanya lagi ada setan lagi nyamar jadi bantal yang saya tidurin. Pikiran itu membuat saya jijik, jadi saya buru-buru mbanting selimut saya dan lari ke kamar mandi karena merasa meniduri setan.

Semalem, dalam khotbah pas taraweh di acara taraweh barengnya sekolah saya, pas tukang kotbahnya bicara, dos-q bilang bahwa pada jaman dulu, sholat paling berat itu sholat subuh. Atau sholat isya. Soalnya, situasinya dunia masih gelap, nggak ada orang di sekitar, lalu disuruh sembahyang. Membuat saya tercengang-cengang, memangnya sholat itu harus dilihat orang lain ya sampek-sampek sholat di situasi sepi aja begitu sulit untuk dilakukan.

Tapi sebenarnya saya nggak setuju sama Pak Tukang Kotbah. Buat saya, sholat paling berat itu adalah saat saya udah wudhu, tiba-tiba di pintu kamar bersalin nongol perempuan hamil mengerang-ngerang dengan jabang bayi yang kepalanya siap-siap mau nongol di ujung bokongnya. Dan saya satu-satunya dokter di situ yang kompeten buat nolong.

Kalau Anda gimana, sholat paling berat itu pas kapan?
http://laurentina.wordpress.com 
www.georgetterox.blogspot.com