Saturday, July 14, 2012

Saya Nggak Pernah Ganti Profile Picture

Sesungguhnya kamar bersalin itu, telah dirombak menjadi studio foto.

***

Minggu lalu, pas lagi nggak ada pasien di kamar bersalin, mendadak saya dan kolega-kolega saya sesama banci narsis mendadak punya ide gila foto-fotoan di situ. Maka jadilah tempat tidur pasien yang lagi nganggur kami panjat, lalu kami suruh kolega junior kami yang malang untuk memotret kami dengan segala gaya. Berhubung kami nggak mau susah, fotonya cukup pakai kamera HP aja. Selesai foto-fotoan, tiap foto langsung kami kirim ke masing-masing orang di dalam foto, sehingga tiap orang langsung bisa dapet hasilnya dengan cepat. Sambil berdoa semoga direktur rumah sakit nggak puyeng lihat tempat tidur pasien dirombak oleh dokter-dokternya buat jadi tempat foto-fotoan :p

Nah, kolega saya yang ikutan foto itu, dengan eforianya menyambar salah satu foto dan langsung ganti profile picture BBM-nya.
Tiba-tiba, dos-q menoleh kepada saya, dan berkata, "Ayo, ganti profile picture-mu. Kamu tuh ya nggak pernah ganti profile picture!"
Saya mendadak mengerutkan kening. Dan spontan bertanya, "Harus ya?"

***

Lalu, sorenya, temen lama yang sudah lama nggak kontak sama saya, kirim pesan ke saya, sekedar bertanya, apa saya masih idup. *Ya ampun. Memangnya berita kematian saya sudah masuk koran ya? Koran mana?*
"Kenapa gituh?" tanya saya.
"Nggak. Soalnya kamu nggak pernah status."
Dan saya pun ketawa. :D

***

Mereka-mereka yang Facebook-an sama saya pasti hapal kalau saya nggak pernah ganti status di Facebook. Dan saya nggak pernah ganti profile picture saya selama empat tahun terakhir. Saya nggak pernah update CV online saya itu. Hal-hal terbaru tentang saya rata-rata adalah foto yang di-tag atas nama saya, dan foto-foto itu kebanyakan di-upload-in sama my hunk, hahaha..

Sekitaran beberapa bulan lalu keponakan saya tanya kenapa saya nggak pernah ganti profile picture. Profile picture saya di semua jejaring sosial sama aja, di Facebook, di Twitter, di Yahoo Messenger, dan entah di mana lagi, saya nggak ingat. Keponakan saya terheran-heran karena dos-q tahu bahwa saya ini narsis berat. Katanya, "Anak jaman sekarang itu nggak gaul kalau picture-nya nggak ganti, Tante.."
Saya ketawa ngakak. Lalu saya berkata kepada keponakan saya yang baru berumur 13 tahun itu, "Njeng, masalahnya kan..Tante bukan anak-anak lagi.." Wkwkwkwkwk..

***

Masalahnya kan, KENAPA?

Yah, mungkin jawabannya simpel: Saya nggak nganggap itu penting.
Orang lain boleh-boleh aja ganti foto profile picture-nya setiap hari. Tapi saya nggak. Bukan saya nggak mau. Tapi saya punya hal-hal lain yang saya prioritaskan lebih penting untuk dikerjakan. :D

Lagian salah juga kalau orang nganggap saya nggak up-to-date lantaran saya nggak pernah update di Facebook. Biasanya saya malah balik bertanya, "Hari gini masih update di Facebook??! Twitter dong, TWITTER!"

Buat saya, update blog saya jelas lebih penting ketimbang update profile picture. Jadi biarlah foto saya si senyum anggun bergaun cokelat itu dihafal orang di mana-mana, siapa tahu itu jadi icon saya, hihihi..

***

Tapi my hunk akhirnya mengeluh ke saya kemaren. "Fotomu yang pake baju cokelat itu ganti opo'o.. Banyak lho foto-fotomu yang juga nggak kalah cantik.."
Dan mendadak saya jadi tertegun. Hngg..mungkin my hunk benar.
Nanti lah ya, saya ganti foto. Kalau saya sudah punya waktu. Moga-moga, setelah saya ganti foto, banyak orang merayakannya dengan mentraktir saya makan-makan. Belum tentu kan, saya ganti profile picture setahun sekali.. :D