Wednesday, April 23, 2014

Hari Bumi Sulit Dipraktekkan

Mereka bilang kemaren adalah hari bumi, dan sibuk menggembar-gemborkan kampanye anti kantong plastik. Kalau sudah gini yang jadi sasaran adalah ibu rumah tangga, karena salah satu pos yang menghasilkan kantong plastik banyak-banyak adalah rumah-rumah kita sendiri.



Saya mungkin pernah cerita bahwa kalau ke supermarket saya bawa tas sendiri untuk ngantongin belanjaan. Maksudnya supaya supermarketnya nggak buang kantong plastik hanya untuk bungkus belanjaan.

Tapi itu dulu. Sebelum saya menikah dan menjelma menjadi menteri keuangan.

Banyak item yang sebetulnya kalau dibeli di pasar tradisional jauh lebih murah ketimbang beli di supermarket. Misalnya, ikan, daging, sayuran. Dan sayangnya, item-item itu basah kalau ditaruh di dalem tas.

Bahkan pedagang-pedagang pasar yang membungkus dagangannya, nggak pernah terpikir bahwa habis nyawil-nyawil ikan dan masukin ikannya ke kantong plastik, mestinya cuci dan ngeringin tangan dulu, baru kasih kantong plastiknya ke pembeli, supaya pembeli nerima kantong ikannya dalam keadaan kering, bukan bau amis.

Kalo kata pedagang pasarnya kira-kira begini, "Emang gw pikirin?"

Sampek di rumah, item-item belanjaan itu dikeluarin satu per satu dari kantongnya, terus dicuci, dibersihin, sebagian dimasak dan sebagian lagi disimpan. Lha kantong-kantong plastik tadi ke mana? Ya dibuang. Atau sekurang-kurangnya, ditimbun untuk jadi alas keranjang sampah. Jelas tidak mungkin digunakan lagi untuk ngantongin barang bersih. Lha bau amis..


Bahkan saya kalau mau nyimpen item di dalem kulkas, sebisa mungkin pake kantong plastik baru. Coz kulkas yang bau amis bekas kantong plastik lama lebih berbahaya daripada ngirit kantong plastik. Tuh kan, boros kantong plastik lagi..

Sehingga, mengedukasi ibu rumah tangga untuk pergi ke pasar bawa tas sendiri, mungkin buat saya adalah pekerjaan omong kosong.
http://laurentina.wordpress.com
http://georgetterox.blogspot.com