Monday, November 24, 2008

Blogger Belum Merdeka!


Ngga semua blogger bisa hidup merdeka. Contohnya ya gw ini.

Sering di koran-koran ditulis gimana penulis suka cari tempat sepi buat dapet ilham. Kadang-kadang mereka menyendiri ke gunung atau ke pantai cuman buat bikin tulisan bagus. Termasuk gw, yang hari ini milih nongkrong di dermaga pinggir Sungai Kahayan buat nulis email untuk temen gw di Johannesburg.

Lagi konsen buat nulis alinea pertama di blog gw, gw liat seorang motorist dateng dan masuk toilet deket gazebo tempat gw lagi ngetik. Gw terharu, ternyata para supir speedboat ini cukup tau diri untuk milih tempat kencing yang bener, padahal sungai ini cukup luas buat dikencingi.

Gw lagi konsen ngeblog, tau-tau pintu toilet ngebuka. Si motorist yang sama keluar dari situ, dan.. OMG! Dia ngga pake celana!

Dengan cueknya dia cuman pake kaos doang, melenggang ambil air sungai pake ember, lalu masuk toilet lagi. Ternyata dia bukan lagi pipis, tapi lagi mandi dan baru kehabisan air!

Bahan blog yang udah mateng di kepala gw, langsung menguap entah ke mana. Gw syok, terpana, marah, tersinggung, liat kelakuan sembrono si motoris bugil. Berani-beraninya si supir speedboat telanjang di depan gw. Pacar gw aja ngga pernah telanjang di depan gw!

Sontak gw minggat dari gazebo itu. Gw sebal liat orang mandi bugil di toilet dermaga. Di Kahayan, kamu boleh mandi telanjang sesukamu, coz halaman rumahmu kan emang sungai. Tapi dermaga kan area publik, bukan rumah pribadi! Kamu ngga boleh telanjang di depan sembarang orang, apalagi di depan blogger yang lagi konsen nge-blog!

Gw merasa kemerdekaan gw sebagai blogger telah diinjak-injak. Isu terpenting blogger di Indonesia saat ini bukanlah blogger bebas menulis tentang apa aja; tapi yang krusial adalah blogger bebas menulis DI MANA AJA, termasuk merdeka menulis di tempat yang bebas dari orang telanjang..!