Monday, November 24, 2014

Kosmetik Apa yang Wajib Kita Punya?

Seorang teman mampir di department store dan bingung dos-q kudu punya kosmetik apa. Semua kosmetik yang ada di sana nampak menarik dan dos-q bingung apakah dos-q harus beli semuanya. Teman saya berumur sekitar 40-an, nggak begitu hobi dandan, punya anak yang sudah remaja, merasa clueless soal dandan tapi tahu bahwa sebagai cewek dos-q harus tahu sedikit-sedikit.

Apakah Anda juga kayak gini?

Kosmetik adalah perkara wajib nggak wajib, tergantung tujuannya. Tiap item punya kegunaan berbeda-beda, jadi perlunya kita beli kosmetik sangat tergantung kepada manfaat yang mau kita ambil. Jadi jangan beli kosmetik kalau kita nggak tahu gunanya apa. Oh ya, cowok juga kadang-kadang perlu beberapa dari kosmetik di bawah ini lho.



TABIR SURYA / sun screen
Fungsi pentingnya bukanlah supaya kulit kita nggak item kayak orang Afrika. Tapi menghalau supaya jaringan bawah kulit kita nggak sampai terpapar sinar matahari. Seperti yang pernah saya terangkan pada posting dulu, bahwa sinar matahari mengandung zat-zat jelek yang bisa bikin kulit kita kena kanker kulit. Dan kanker kulit itu bisa bikin meninggal.
Tips: Cari tabir surya yang ada tulisannya SPF 18. Beberapa dari kita mungkin perlu SPF yang angkanya lebih dari 18. Oleskan secara merata di muka sampai leher. Jangan taruh di kelopak mata ya.

PEMBERSIH MUKA / facial foam / facial wash
Fungsi pentingnya membersihkan debu di permukaan kulit muka kita. Debu ini yang kalau dibiarkan bikin muka kita jadi kusam. Sabun badan nggak bisa menggantikan facial foam ini, coz sabun badan mengandung zat-zat yang justru kalau dioleskan muka kita, malah bikin kulit menjadi kekeringan mengelupas.
Tips: Jika kulit kita jerawatan atau cenderung berminyak, pilih facial foam yang mengandung acid. Tapi kalau kulitnya kering, jangan pilih foam yang ada acid-nya. Campurkan sekitar 1 cm facial foam dengan air sampai berbusa. Oleskan di seluruh kulit muka sampai leher.

SUSU PEMBERSIH / cleansing milk
Susu ini tokcer untuk bersihkan bekas make-up di wajah.
Tips: Pakai susu ini sebelum pakai facial wash. Oleskan susu dengan ditotol-totolin ke muka, lalu ratakan dengan gerakan memijat. Hapus dengan kapas.
Jangan dioleskan ke kelopak mata. Daerah mata merupakan lapisan kulit yang lebih tipis ketimbang daerah-daerah lainnya di muka. Memaksakan susu pembersih ke mata tidak akan berhasil, coz make up akan tetap menempel. Jika bekas make up menetap di mata, bikin jaringan kulit sekitar mata cepat mengkerut dan ini yang bikin mata tampak tua.
Untuk menghapus sisa make up di mata, pakai EYE MAKE UP REMOVER.

FACIAL SCRUB
Jangan ketuker dengan facial wash. Jika facial wash cuman bekerja di permukaan kulit, maka facial scrub bekerja di dalam pori-pori yang tersumbat debu.
Tips: Pakai scrub ini cukup seminggu sekali aja. Lebih dari sekali dalam seminggu malah bikin jaringan bawah kulit jadi luka-luka atau kena iritasi.

KRIM MALAM / night cream
Ditujukan kalau kita rada rewel soal tanda-tanda penuaan di wajah. Fungsi krim ini sebenarnya merangsang tumbuhnya jaringan kulit baru, sehingga menyamarkan kerutan.
Tips: Penuaan kulit mulai terjadi semenjak umur 25 tahun. Jadi bolehlah krim ini dipakai semenjak umur itu.
Jika Anda kepingin kulit nampak lebih terang, pilih sekalian night cream yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA).
Pakai krim ini sesudah cuci muka dengan facial wash. Pemakaian sebelum jam 22.00 lebih bermanfaat, karena setelah jam ini, kulit akan mulai proses regenerasi dengan jaringan kulit baru yang lebih muda.
Jangan oleskan krim ini di mata. Pakai EYE CREAM untuk daerah mata.

PELEMBAB / moisturizer
Memakai make up akan menutupi kulit muka, sehingga sirkulasi udara dalam kulit tersumbat dan kulit jadi dehidrasi. Moisturizer ini berfungsi menjaga supaya kulit tetap lembab dan nggak gampang kering biarpun pakai make up.
Tips: Pakai ini sesudah kulit muka dibersihkan, sebelum menggunakan sun screen dan make up.

FOUNDATION
Pada dasarnya foundation ini adalah alas bedak, fungsinya adalah supaya bedak gampang menempel dan nggak luntur karena keringat. Persoalannya, memakai ini di siang hari bikin sinar matahari mengekspos kulit muka kita terlalu terang, sehingga memakai ini di siang hari malah bikin muka jadi kayak pakai topeng.
Tips: Pakai foundation sebelum pakai bedak. Gunakan hanya untuk malam hari, atau kesempatan-kesempatan tertentu yang memang mengekspos wajah kita, misalnya photo session studio.

BB CREAM
Ini juga alas bedak. Hanya formulasinya lebih lengkap coz suatu kemasan BB cream mengandung pelembab, tabir surya dan alas bedak sekaligus.
Tips: Pilih BB cream yang mengandung SPF minimal 18.

CONCEALER
Fungsinya adalah menutupi flek-flek di wajah supaya muka nampak nggak bernoda.
Tips: Concealer berbentuk krim lebih merata kalau diaplikasikan di muka, daripada yang bentuk bubuk.

BEDAK
Fungsinya bukan bikin kulit jadi lebih putih. Tapi bedak berfungsi menyerap keringat. Jika kita dipotret, tampang orang yang nggak pakai bedak umumnya nampak lebih mengkilat daripada yang berbedak.
Tips: Gunakan bedak sesudah pakai concealer.
Bedak tabur punya massa yang lebih ringan daripada bedak compact. Akibatnya, lebih gampang membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh bedak tabur daripada bedak compact.
Tapi kelebihan dari bedak compact adalah lebih praktis untuk dibawa-bawa dalam tas.

LIP BALM
Bibir sangat gampang dehidrasi coz lapisannya yang memang sensi. Apalagi dehidrasinya dipercepat oleh kebiasaan kurang minum, sinar matahari, dan stress. Fungsi lip balm adalah untuk melembabkan bibir ini.
Tips: Pilih lip balm yang ada SPF-nya supaya bibir terlindung dari sinar matahari.
Pakai lip balm ini sebelum pakai lipstik.
Lip balm yang merah banget kadang-kadang bisa bikin bibir nampak lebih segar sehingga nggak perlu lipstik lagi.

LIPSTIK
Item ini dipakai untuk bikin bibir supaya nggak nampak pucat.
Tips: Kalau bajunya warna merah darah, pilih lipstik warna pink atau nude sekalian.
Baju warna kelam seperti biru, hijau, hitam, pilih warna nude.
Baju warna oranye atau cokelat, pilih lipstik warna cokelat.
Lipstik warna merah cocok untuk baju nuansa kalem seperti warna putih atau warna-warna pastel.
Yang paling penting, kalau mata sudah pakai make up yang menonjol, jangan pakai lipstik warna gonjreng.

PENSIL ALIS
Karena 95% orang punya bentuk alis yang tidak simetris. Karena bentuk alis sangat mempengaruhi keseluruhan bentuk wajah, jadi di sini perlunya bikin alis supaya simetris.
Tips: Kalau alis sudah tebel dari sononya, pilih pensil alis warna cokelat muda.
Pensil hitam cuman cocok untuk orang yang alisnya tipis.

MASKARA
Soal ini sendiri saya masih bingung, apa alasan ilmiahnya kegunaan maskara, hihihi.
Tapi ternyata mata orang yang pakai maskara nampak lebih segar daripada mata orang yang nggak pakai. Bahkan sebetulnya pakai maskara saja sudah cukup bikin mata nampak segar tanpa harus dipoles eye shadow.
Tips: Hanya gunakan maskara selama tiga bulan semenjak kemasannya dibuka pertama kali. Maskara adalah produk yang paling gampang kering dan cepat menggumpal.
Kecuali Anda penari atau model, hanya gunakan maskara warna hitam.

EYE SHADOW
Fungsinya bikin mata nampak lebih menonjol. Alasan ilmiahnya, ternyata 90% kesan pertama dari wajah timbul dari mata, bukan bibir. Makanya alokasi waktu paling lama dari kegiatan ber-make-up adalah dari acara mendandani mata ini.
Tips: Warna yang paling sering dipakai untuk eye shadow adalah warna-warna tanah seperti cokelat, oranye, dan hitam. Warna-warna ini selalu ngepas dengan apapun warna baju pemakainya.
Sedapat mungkin cari eye shadow kemasan krim, supaya lebih merata kalau dioleskan.
Kalau pun kita cuman punya yang kemasan bubuk, sebetulnya mengoleskan langsung dengan jari lebih menimbulkan efek yang merata daripada dengan kuas spons.
Kuas spons umumnya bermanfaat untuk membaurkan eye shadow di area yang memang lebih butuh ketelitian, misalnya sudut mata.

EYE LINER
Beberapa orang punya mata yang sangat kecil (misalnya pada etnis Tionghoa atau Inuit). Padahal sebagian orang merasa matanya lebih "komunikatif" jika ukurannya lebih gede. Eye liner akan bermanfaat untuk ini.
Tips: Karena melukis dengan eye liner butuh latihan berulang sampai mahir, jadi kalau masih belajar, pakai eye liner bentuk pensil. Fungsi bentuk pensil ini untuk menggambar pola garis di mata.
Jika ingin lukisan garis yang nampak lebih menonjol, gunakan eye liner bentuk gel. Bentuk ini juga lebih nyaman dipakai untuk digambar di bawah mata.
Kalau mau bentuk garis yang lukisannya lebih dramatis, misalnya bentuk smokey eyes, atau bentuk winged eyes, dan bentuk-bentuk "nyeni" lainnya, pakai eye liner bentuk liquid karena penanya yang lebih runcing.

BLUSH ON
Dipakai untuk menimbulkan efek pipi yang lebih merona.
Tips: Pilih blush on warna pink untuk baju merah, blush on warna oranye untuk baju kecoklatan.
Baurkan sambil tersenyum supaya tulang pipi kelihatan, sehingga blush on akan merata di sepanjang tulang pipi.
Baurkan dari ujung tulang pipi dekat telinga sampai tonjolan tulang pipi dekat hidung, maksimal sebanyak dua kali baur.

Eh..kenapa saya kok nulis alat-alat ini nggak urutan, bukan dari mata dulu dan diakhiri nulis untuk bibir? Well, coz saya sengaja mengurutkan dari kosmetik yang paling urgent diperlukan sampai paling nggak urgent dipakai. Tidak semua orang butuh pakai blush on sih supaya nampak segar, tapi orang jelas butuh banget pakai bedak dan lipstik supaya nggak pucat. Dan lebih urgent lagi mukanya bersih dan sehat dari kanker, makanya sengaja saya tulis sun screen dan alat-alat pembersih duluan.
Yuk, jadilah sehat dan menarik ya!
http://georgetterox.blogspot.com
http://laurentina.wordpress.com

Oh ya, kalau mau beli kosmetik yang lengkap dengan potongan harga, beli di sini aja: